4 ASN Bangkalan Disentil Bawaslu Gara-gara Dukung Salah Satu Capres

ASN harus bersikap netral dan tidak boleh menunjukkan dukungan kepada salah satu pasangan calon, baik calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Nov 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi netralitas ASN (Istimewa)
Ilustrasi netralitas ASN (Istimewa)

Liputan6.com, Bangkalan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur memberikan sanksi teguran kepada empat orang aparatur sipil negara di lingkungan pemkab setempat karena memberikan dukungan kepada salah satu pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 melalui media sosial.

"Sanksi yang kami berikan adalah sanksi teguran dengan mengingatkan mereka agar tidak mengulangi perbuatannya," kata Ketua Bawaslu Bangkalan Ahmad Mustain kepada awak media di Bangkalan, Rabu (29/11/2023), dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan sesuai dengan ketentuan, ASN harus bersikap netral dan tidak boleh menunjukkan dukungan kepada salah satu pasangan calon, baik calon presiden dan wakil presiden maupun calon anggota legislatif.

Sikap netral abdi negara ini harus dilakukan dalam semua hal, termasuk di media sosial, seperti facebook, X (twitter), dan instagram.

Ia menjelaskan bahwa tim pemantau media sosial Bawaslu Bangkalan menemukan ada empat orang ASN yang aktif memberikan dukungan dengan mengunggah salah satu pasangan capres-cawapres dan caleg.

"Atas temuan tersebut, kami langsung menegur yang bersangkutan," katanya.

Selanjutnya, Mustain mengimbau seluruh ASN di Bangkalan agar tidak terlibat aktif dalam pemilu dengan mendukung calon tertentu.

Mengenai temuan Bawaslu soal adanya ASN yang mendukung calon tertentu, Penjabat Bupati Bangkalan Arief M. Edie mengatakan agar hal serupa tidak akan terulang lagi dan dilakukan ASN lainnya.

"Jangankan mendukung, menyukai (like) saja di medsos pada calon tertentu dilarang. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga netralitas ASN ini agar pemilu bisa berlangsung sesuai harapan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya