KPU Situbondo Pastikan Pencetakan Surat Suara Pemilu 2024 Rampung 20 Desember

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, memastikan pencetakan surat suara Pemilu serentak 2024 akan datang rampung pada tanggaal 20 Desember akan datang. Hal itu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 08 Des 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 08 Des 2023, 19:00 WIB
Ketua KPU Situbondo Marwoto (Istimewa)
Ketua KPU Situbondo Marwoto (Istimewa)

Liputan6.com, Situbondo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, memastikan pencetakan surat suara Pemilu serentak 2024 akan datang rampung pada tanggaal 20 Desember akan datang. Hal itu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Menurut Ketua KPU Situbondo Marwoto, setelah selesai pencetakan, kemudian surat suara tersebut akan didistribusikan  ke KPU Kabupaten/Kota. Kata dia, surat suara tersebut diperkirakan baru diterima KPU Situbondo pada tanggal 21 Desember.

Kata dia, KPU RI sudah menjadwalkan mencetak surat suara pemilihan legeslatif dan pemilihan presiden di Temprina Gersik Jawa Timur, pada tanggal 12 Desember akan datang.

“Sehingga pada tanggal 20 Desember 2023 surat suara calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. khusus Situbondo sudah selesai dan keesokan harinya kami melakukan penjemputan surat suara dengan pengawalan pihak kepolisian,” ujar Marwoto, Kamis (7/12/2023).

Setelah surat suara tiba di KPU Situbondo, kata Marwoto, tahapan berikutnya yaitu penyortiran hingga pelipatan surat suara, dan selanjutnya tahapan packing.

Selain menyortir surat suara, petugas KPU juga melakukan penyoritran berbagai jenis logistik pemilu lainya, mulai dari Kotak suara, bilik suara, alat coblos, dan jenis logistik lainya yang sudah tersimpan di gudang.

Marwoto mengatakan, sejak bulan November lalu sudah melakukan pengadaan induk KPU RI, KPU Provinsi dan kabupaten, dan dari tiga pengadaan logistik tersebut yang sudah rampung secara keseluruhan adalah KPU Provinsi, dan sebagai pengadaan kabupaten juga sudah lengkap dan tersimpan di gudang.

“Saat ini pengadaan tahap pertama yang sudah lengkap adalah pengadaan KPU RI sudah ada di gudang, kemudian sebagian pengadaan KPU Kabupaten juga sudah lengkap. Hanya tinggal pengadaan kedua yang kami tunggu sampai akhir bulan Desember,” tambahnya.

Marwoto menambahkan KPU Situbondo menjadwalkan pendistribusian logistik pemilu pada H-7 pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, yakni pada bulan, Februari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


469 Caleg Ikuti Pemilu di Situbondo

Data KPU Situbondo menyebutkan ada 469 orang calon anggota legeslatif yang terdaftar dalam dokumen DCT berasal dari 16 partai politik yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024.

Ke-16 partai politik itu adalah Partai Gerindra, PKB, PDIP, Golkar, Nasdem, Partai Gelora, PKS, PKN, Hanura, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Partai Ummat.

Sedangkan pemilihan presiden dan wakil presiden, KPU RI telah menetapkan nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar, Nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Prnowo dan Moh. Mahfud MD.

INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya