46 Persen Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Daop 9 Jember Ludes Terjual

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember, Jawa Timur mencatat sebanyak 46 persen dari total 192.808 tiket kereta api yang disediakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayahnya sudah terjual.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 31 Mar 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2024, 12:00 WIB
Para penumpang bersiap naik ke dalam kereta api di Staisun Jember (Istimewa)
Para penumpang bersiap naik ke dalam kereta api di Staisun Jember (Istimewa)

Liputan6.com, Jember - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember, Jawa Timur mencatat sebanyak 46 persen dari total 192.808 tiket kereta api yang disediakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 di wilayahnya sudah terjual.

“Ada 89.272 tiket kereta telah dipesan atau terjual selama 22 hari masa angkutan Lebaran dari 31 Maret sampai 21 April 2024 untuk beberapa perjalanan KA di Daop 9 Jember,” ujar Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, Sabtu (30/3/2024).

Kata dia, jumlah pemasanan tiket kereta api di wilayah Daop 9 Jember terus meningkat menjelang di mulainya masa angkutan Lebaran 2024.

“Bagi masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik dengan kereta api pada libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah masih terdapat 103.366 tempat duduk ke berbagai kota tujuan yang dapat dipesan,” tambahnya.

Dari total tempat duduk yang masih bisa dipesan itu termasuk Kereta Api tambahan relasi Ketapang-Jember.

“Kereta api yang banyak diminati selama masa angkutan Lebaran 2024 di antaranya Kereta Api Probowangi tujuan Surabaya Gubeng, Kereta Api Sritanjung tujuan Lempuyangan dan Kereta Api Tawangalun tujuan Malang,” tuturnya.

Selain itu, untuk Kereta Api kelas komersial seperti Kereta Api Ranggajati, Kereta Api Wijayakusuma, Kereta Api Blambangan Ekspres, Kereta Api Pandalungan, Kereta Api Logwa termasuk Kereta Api Mutiara Timur, tiketnya masih cukup tersedia.

“Tanggal keberangkatan yang paling banyak dipesan masyarakat untuk mudik pada angkutan Lebaran adalah 5-11 April 2024, sedangkan untuk arus balik paling banyak dimintai pada 12-15 April 2024,” tuturnya.

Pada angkutan Lebaran 2024, tambah dia , KAI Daop 9 Jember mengoperasikan 24 perjalanan kereta api dari yang sebelumnya hanya 20 perjalanan kereta api pada Lebaran 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KA Mutiara Timur Dioperasikan

Tambahan perjalanan itu, antara lain KA Mutiara Timur relasi Ketapang-Surabaya Pasar Turi PP dan Kereta apin Tambangan Ketapang-Jember PP. Hal itu untuk mengantisipasi meningkatnya penumpang lokal antara Jember dan Banyuwangi.

“Juga untuk memberi kemudahan angkutan lanjutan bagi penumpang Kereta api Pandalungan relasi Jakarta-Jember yang ingin melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi,” paparnya.

Apbila tiket KA pada tanggal Favorit sudah tidak tersedia, maka calon penumpang dapat memilih alternatif tanggal atau kereta api lainya atau menggunakan  fitur connecting train yang tersedia di aplikasi Access by KAI.

“Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik pada Lebaran 2024, kami mengimbau untuk merencanakan perjalanan jauh- jauh hari agar tidak kehabisan tiket kereta,” tambahnya.

Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonsia
Infografis Nama-Nama Kereta Api Legendaris Indonsia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya