Sejumlah Pembalap Tim Mancanegara Mulai Berdatangan, Jajal Trek Banyuwangi Tour de Ijen

Salah satunya pembalap asing yang sudah tiba untuk menjajal track ITdBI adalah pembalap Ccachex PAR Team dari Australia.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 18 Jul 2024, 07:04 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 07:04 WIB
Pembalap asal Australia  Tim BRCC sudah tiba di Banyuwangi dan melakukan pemanasan untuk mengikuti Internasional tour de Banyuwangi Ijen 2024 (Istimewa).
Pembalap asal Australia Tim BRCC sudah tiba di Banyuwangi dan melakukan pemanasan untuk mengikuti Internasional tour de Banyuwangi Ijen 2024 (Istimewa).

Liputan6.com, Banyuwangi - Sejumlah pembalap sepeda dari berbagai tim mancanegara yang akan berlaga dalam International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) sudah tiba di Banyuwangi, Rabu (17/7/2024). Mereka datang lebih awal untuk mencoba rute dan track ajang balap sepeda yang menjadi agenda UCI tersebut.

Salah satunya pembalap asing yang sudah tiba untuk menjajal track ITdBI adalah pembalap Ccachex PAR Team dari Australia.

Selain itu, juga ada pembalap asal New Zealand, Drage Jack Tane Bailey yang bermain untuk tim Banyuwangi, BRCC.

Pembalap berusia 22 tahun tersebut juga telah intens berlatih di track Ijen yang terkenal menantang dan sulit ditaklukkan.

"Sudah ada beberapa pembalap dari luar negeri yang sudah datang lebih awal untuk mencoba track. Besok beberapa pembalap juga akan tiba untuk melakukan hal yang sama," kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi M Alfin Kurniawan, Rabu (17/7/2024).

Dijadwalkan pembalap-pembalap dari 7Eleven Philippines Continental Cycling Team dari Filipina dan Pontianak Wijaya Racing Team asal Indonesia, akan tiba Kamis, (18/7/2024).

Menyusul kemudian pembalap dari Trengganu Cycling Team asal Malaysia akan tiba pada Jumat (19/7/2024).

"Tim-tim lain akan tiba pada tanggal 20 Juli. Nantinya pada 21 Juli, seluruh perwakilan tim akan mengikuti technical meeting," sambungnya.

Alfin menjelaskan, panitia ITdBI akan memfasilitasi kedatangan para pembalap team yang tiba melalui Bandara Banyuwangi. Pihaknya juga telah menyediakan tempat menginap bagi para pembalap yang berlaga dalam ajang yang masuk dalam agenda balap sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) itu.

Menurutnya, persiapan ITdBI sudah mencapai lebih dari 90 persen. Beberapa kekurangan berupa peralatan untuk lomba dan persiapan pengamanan yang biasanya akan digelar mendekati hari-H.

"Kalau untuk jalur, bisa dibilang sudah clear. Tinggal beberapa ruas yang sedang dalam tahap pembersihan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diikuti 20 Tim

Tour de Ijen.
Tour de Ijen 2024. (Foto: Istimewa)

 

ITdBI tahun ini akan diikuti 20 tim dari dalam dan luar negeri. Balapan akan digelar dalam empat etape yang berlangsung pada 22-25 Juli mendatang.

Para pembalap akan beradu cepat melintasi jalur sepanjang total 632 kilometer (km) dengan rute yang berbeda dengan ITdBI sebelum-sebelumnya.

Rute kali ini, yakni etape satu rute Tegalsari - Kantor Pemkab Banyuwangi, etape dua Alas Purwo - Kantor Pemkab Banyuwangi, etape tiga Dusun Kakao - Kantor Pemkab Banyuwangi, dan etape terakhir Pantai Boom - Paltuding, Ijen.

"Malam sebelum bertanding mereka akan mengikuti jamuan perkenalan tim yang dihadiri Bupati Ipuk Fiestiandani," kata Alfin.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya