NASA Temukan Tanda Kehidupan Alien di Planet `Kerdil` Ceres

Misi ekspedisi penyelidikan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) ke planet Ceres akhirnya berbuah hasil.

oleh Jeko I. R. diperbarui 12 Jun 2015, 05:23 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2015, 05:23 WIB
NASA Temukan Tanda Kehidupan Alien di Planet `Kerdil` Ceres
Ilustrasi Alien (craveonline.com)

Liputan6.com, Jakarta - Misi ekspedisi penyelidikan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) ke planet Ceres akhirnya berbuah hasil. Kali ini, NASA meluncurkan pesawat luar angkasanya untuk melihat apakah memang ada tanda kehidupan di planet `kerdil` tersebut.

Hasilnya, pesawat luar angkasa dengan nama kode `The Dawn` tersebut mampu memperlihatkan bahwa terdapat tanda kehidupan makhluk hidup di planet Ceres.

Mengutip laman Mirror, Jumat (12/6/2015), The Dawn menunjukkan lewat sebuah cuplikan gambar yang memperlihatkan pancaran cahaya dari daratan planet tersebut.

Pesawat luar angkasa Dawn sendiri telah memulai orbitnya mengitari planet kecil ini setelah delapan tahun berjalan. Di kejauhan 590 mil, planet Ceres dipertimbangkan bukan menjadi sebuah `planet`. Pun begitu, Ceres bisa dibilang sebagai sebuah objek yang hidup di antara bebatuan yang berorbit di antara orbit planet Mars dan Jupiter.

The Dawn pada akhirnya mencapai orbit terdekatnya di planet Ceres pada beberapa hari terakhir dan mencoba mencari celah kehidupan. Gambar pertama yang diambil dari jarak kejauhan 3.200 mil telah diunggah oleh NASA lewat akun Twitter resminya.

Dari gambar tersebut, terlihat dua titik terang yang berpijat dari daratan yang seperti terbuat dari es. Pihak pesawat luar angkasa The Dawn menjelaskan bahwa mereka sedang mengusut asal usul cahaya tersebut.

Tanda kehidupan di Ceres (nasa.gov)

Untuk sementara, sambil menunggu misteri apakah benar planet Ceres memiliki kehidupan, NASA telah mengumpulkan deretan gambar planet Ceres dan menggabungkannya ke bentuk tiga dimensi dalam video agar Anda dapat melihat secara keseluruhan seperti apa bentuk planet kerdil tersebut.

Meskipun bukan model autentik, NASA menambahkan bahwa video itu merupakan bentuk vertikal yang telah disesuaikan dan bahkan ditambahkan beberapa objek bintang disekitarnya agar tampak terlihat begitu nyata.

(jek/isk)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya