Gawat, Ada Bug Berbahaya di Lock-Screen iOS 9

Sebagai sistem operasi yang diklaim memiliki tingkat keamanan tinggi, iOS 9 ternyata masih menyimpan bug.

oleh M Hidayat diperbarui 26 Sep 2015, 23:03 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2015, 23:03 WIB
celah keamanan di lock-screen iphone
celah keamanan di lock-screen iphone. foto: youtube/videosdebarraquito

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi teranyar iOS, yaitu iOS 9 (dan 9.0.1) diklaim sebagai sistem operasi dengan tingkat keamanan paling tinggi. Karena itu, tidak mengherankan jika ada pihak yang menjanjikan hadiah satu juta dolar bagi yang berhasil melakukan jailbreak di sistem operasi ini.

Menyusul kabar tersebut, menurut yang dilaporkan Life Hacker, seorang pengguna iPhone menemukan cara baru di iOS 9 (dan 9.0.1) yang memungkinkannya untuk memotong passcode perangkat iPhone dan masuk ke dalam aplikasi Contacts dan Photo.

Kecuali jika Anda memiliki banyak koleksi foto selfie yang tidak ingin orang lain lihat, atau Anda menggunakan passcode jenis alfanumerik --bukan passcode jenis empat digit-- mungkin Anda tidak usah terlalu khawatir. Anda juga dapat melumpuhkan cara ini dengan menonaktifkan Siri pada lock-screen. 

Bagaimana bug pada lock-screen ini bisa memberikan akses ke aplikasi Contacts dan Photo?

Pertama, Anda harus memasukkan PIN yang salah sebanyak empat kali. Pada percobaan kelima, ketik tiga angka, kemudian tahan Home untuk memunculkan Siri saat Anda mengetik angka keempat. Perlu diingat bahwa perangkat iOS khas akan mengunci Anda sebentar jika Anda salah memasukkan PIN lima kali berturut-turut.

Ketika Siri muncul, tanyakan waktu kepada Siri. Tekan waktu tersebut, dan kemudian beralihlah tab World Clock dari layar yang dihasilkan. Tambahkan jam baru, ketik beberapa huruf. Lalu, pilih semua huruf itu, klik pilihan untuk membagikan apa yang Anda salin. Selanjutnya, pilih untuk membagikannya ke sebuah pesan teks.

Sekarang Anda mengakses di aplikasi Contacts, yang akan memberikan Anda akses ke aplikasi Photo seolah-olah Anda adalah pengguna perangkat yang sebenarnya dan terautentikasi. Jika Anda mau mengubah salah satu foto dari kontak Anda, cobalah.

Memang cara ini terkesan agak rumit, tapi setidaknya, pengguna situs berbagi video YouTube dengan nama videosdebarraquito menunjukkan bahwa ternyata, Siri bisa menjadi celah untuk orang-orang iseng mengakses iPhone Anda. Berikut ini video lengkap tentang celah keamanan di iOS 9 tersebut.



(why/dew)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya