Genjot Ekosistem Digital di Asia Tenggara, Huawei Gelontorkan Rp 1,13 Triliun

Investasi tersebut akan berupa program Huawei Developer Enablement Plan.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 07 Jun 2018, 09:30 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2018, 09:30 WIB
Huawei
Huawei Asia Pasific Innovation Day 2018. Liputan6.com/Yulia Lisnawati

Liputan6.com, Bangkok - Dalam perhelatan Asia Pacific Innovation Day 2018, Huawei mengumumkan telah menggelontorkan dana senilai US$ 18 juta atau setara dengan Rp 1,13 triliun untuk mengembangkan ekosistem digital di kawasan Asia Tenggara.

Presiden Kawasan Asia Tenggara Huawei, James Wu, mengatakan investasi tersebut akan berupa program Huawei Developer Enablement Plan.

“Program ini bertujuan untuk mendorong pembangunan ekonomi dan ekosistem digital di kawasan,” kata James Wu dalam gelaran Asia Pacific Innovation Day 2018 di Bangkok, Thailand, pada Rabu (6/6/2018),

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan OpenLab yang akan menjadi tempat belajar para pengembang berbasis komputasi awan (cloud), sekaligus mendorong pembinaan sumber daya TIK di kawasan Asia Tenggara.

Rencananya, program itu akan direalisasikan dalam kurun tiga tahun ke depan. Negara-negara tersebut diantaranya Thailand, India, Vietnam, Myanmar, Cambodia, Laos, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Hong Kong, dan Makau.

“Huawei memiliki tujuan untuk memberdayakan para pengembang dan talenta muda di Asia Tenggara," ujar James Wu.

"Kami memiliki pengalaman dan kemampuan lebih dari 30 tahun di industri TIK. Lewat platform pengembangan dan API, kami terbuka untuk membagi kemampuan tersebut kepada mitra pengembang di kawasan,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


OpenLab Dibuka pada Agustus 2018

Huawei
Huawei Asia Pasific Innovation Day 2018. Liputan6.com/Yulia Lisnawati

Dalam waktu dekat, tepatnya pada Agustus 2018, Huawei akan membuka OpenLab di New Delhi, India.

Sebelumnya, OpenLab terlebih dahulu dibangun di Bangkok dan Singapura. Dengan adanya OpenLab tersebut, diharapkan akan menjadi platform inovasi terbuka bagi Huawei dan mitra setempat dalam mengembangkan solusi industri yang dibutuhkan masing-masing kawasan.

Sebagai informasi tambahan, Huawei juga akan mensponsori pengembang yang melakukan inovasi terhadap Huawei Cloud dan memberikan dukungan senilai US$ 150 ribu bagi pengembang yang memenuhi persyaratan.

“Hal ini menjadi kesempatan besar bagi developer di kawasan untuk menciptakan sebuah solusi terarah yang dapat mendukung digitalisasi industri serta mendorong pertumbuhan mereka. Dengan bekerja sama, kita dapat bermimpi lebih besar dan terbang lebih tinggi,” tandasnya.


Huawei Asia Pacific Innovation Day 2018

Huawei
Huawei Asia Pacific Innovation Day 2018. Liputan6.com/Yulia Lisnawati

Huawei dengan divisi penyedia solusi ICT globalnya, baru saja mengadakan Asia Pacific Innovation Day tahunannya yang keempat pada Rabu (6/6/2018), di Bangkok, Thailand.

Pada konferensi kali ini, Huawei membawa fokus bertemakan inovasi global dan kemitraan terbuka.

Sejumlah pejabat pemerintah, pelaku industri, dan juga akademisi berkumpul untuk mengikuti acara yang diselenggarakan bersama dengan Kementrian Sains dan Teknologi Thailand tersebut.

Pada acara itu, turut hadir Deputy Chairman dan Rotating Chairman Huawei, Guo Ping. Ping berbicara tentang bagaimana perencanaan ekonomi digital yang berlangsung di Asia Pasifik dan apa yang dapat difokuskan negara agar bisa berkembang.

“Huawei telah menjadi bagian dari perencanaan ekonomi digital Asia Pasifik dan kami menyaksikan banyak pertumbuhan ekonomi yang tak seimbang karena gap antara negara maju dan berkembang semakin melebar," kata Guo Ping, saat memberikan pemaparannya di Asia Pacific Innovation Day 2018 di Hotel Kempinski Bangkok.

"Hal tersebut menjadi peluang untuk kerja sama yang berkelanjutan,” tambahnya.

(Ul/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya