Spesifikasi dan Harga Samsung J3 Prime, Smartphone Entry Level

Samsung Galaxy J3 Prime merupakan smartphone penerus dari Samsung Galaxy J3 2016.

oleh Septika Shidqiyyah diperbarui 24 Nov 2018, 16:31 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2018, 16:31 WIB
Spesifikasi dan Harga Samsung J3 Prime
(sumber: samsung)

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang nggak tahu Samsung? Seluruh dunia telah mengakui keunggulan produk keluaran vendor asal Korea Selatan tersebut. Samsung bahkan menjadi salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia dan telah beroperasi di 58 negara. Samsung didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Dari pertama kali munculnya smartphone, Samsung terus menggebrak dunia dengan meluncurkan berbagai tipe ponsel untuk menggaet para konsumen dari berbagai lini.

Menariknya, meski dikenal gencar mengeluarkan produk untuk kelas atas, Samsung juga tak lantas melupakan konsumen kelas menengah. Hal itu dibuktikannya dengan merilis smartphone untuk kelas entry level. Samsung Galaxy J3 Prime salah satunya.

Samsung Galaxy J3 Prime merupakan smartphone penerus dari Samsung Galaxy J3 2016. Smartphone Samsung Galaxy J3 Prime ini resmi diperkenalkan dan dirilis pada April 2017 lalu. Smartphone ini menambah jagoan baru Samsung di segmen entry-level. Smartphone ini menawarkan desain cantik dengan harga Samsung J3 Prime yang cukup terjangkau. Meski harga Samsung J3 Prime ini dikenal murah, desainnya tak murahan.

Samsung Galaxy J3 Prime membawa banyak perubahan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya karena sudah menggunakan Frame metal dan Cover bermotive. Namun, spesifikasinya tergolong standar mengingat harga Samsung J3 Prime ini ramah di kantong. Kendati demikian, sampai kini ponsel ini masih menjadi buruan.

Nah buat kamu yang sedang melirik ponsel ini berikut ini Liputan6.com ulas spesifikasi unggulan dan harga Samsung J3 di pasaran ponsel Indonesia saat ini, Sabtu (24/11/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Desain dan tampilan

Spesifikasi dan Harga Samsung J3 Prime
(sumber: samsung)

Harga Samsung J3 Prime memang murah, namun desainnya tak murahan. Pada sektor desain, smartphone ini dibalut bodi plastik yang dipercantik garis vertical beda warna, sehingga menambah kesan elegan pada casing belakang Samsung Galaxy J3 Prime. Sedangkan untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 139.7 mm, lebar 69.85 mm, dan ketebalan 8.89 mm. Sedangkan bobotnya seberat 148 gram. Dimensi ini membuat Samsung Galaxy J3 Prime nyaman digenggam. Di bagian bawah layarnya terlihat tombol fisik dan dua tombol kapasitif untuk keperluan navigasi layarnya.

Pada bagian layar telah terpasang layar TFT berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Layar tersebut memiliki kerapatan 294 ppi, sehingga mampu menampilkan berbagai macam konten dengan kualitas gambar sangat jernih dan tajam. Sayangnya, layar tersebut dilengkapi dengan pelindung anti gores. Kondisi ini pantas mengingat harga Samsung J3 Prime ini cukup murah.


Dapur pacu

Dari sektor dapur pacu, smartphone ini mengandalkan chipset Samsung Exynos 7 Quad 7570. Yang menarik dari chipset tersebut adalah terintegrasi pada processor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A53 yang dibuat dengan proses pembuatan 14nm Finfet, sehingga membuatnya lebih hemat daya baterai dibandingkan processor low-end sekelasnya. Selain itu, tersedia pula GPU Mali-T720 yang membuat smartphone ini mampu menjalankan beberapa game terbaru dengan lancar. Di sisi lain, tersedia pula Ram berkapasitas 1.5GB dan memori internal 16GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD mencapai 256GB.

Sistem operasi Android 7.0 Nougat telah dihadirkan dalam Samsung Galaxy J3 Prime. Berbekal OS Android tersebut, performa smartphone ini semakin cepat dan lebih hemat daya baterai. Spesifikasi ini menunjukkan performanya cukup gahar meski harga Samsung J3 Prime tak menguras kantong.


Kamera

Spesifikasi dan Harga Samsung J3 Prime
(sumber: samsung)

Pada sektor fotografi, Samsung J3 Prime memiliki kamera belakang 5 Megapixel yang dibarengi fitur Autofocus dan LED Flash. Kamera tersebut bisa digunakan untuk merekam video beresolusi HD 720p@30fps. Smartphone ini mengandalkan kamera depan beresolusi 2 Megapixel.


Baterai dan fitur pendukung lainnya

Samsung J3 Prime dibekali dengan baterai berkapasitas 2.600 mAh. Meski cukup kecil, namun baterai Samsung Galaxy J3 Prime diklaim cukup awet. Baterainya mampu bertahan selama 20 Jam waktu bicara dan memiliki waktu siaga mencapai 480 Jam. Sesuai dengan harga Samsung J3 Prime yang murah, fitur fast charging belum disematkan pada smartphone ini.

Samsung Galaxy J3 Prime juga dilengkapi teknologi 4G LTE Cat4 yang bisa digunakan mengakses internet pada kecepatan maksimal 150 mbps dan upload 50 mbps. Selain itu, tersedia pula fitur Wi-Fi yang mendukung Wi-Fi Hotspot dan Wi-Fi Dual Band. Lalu ada pula konektivitas Bluetooth dan navigasi GPS. Sayangnya harga Samsung Galaxy J3 yang murah membuatnya belum dilengkapi fitur NFC dan masih memakai port MicroUSB 2.0.

Berbeda dengan smartphone sekelasnya yang rata-rata sudah dilengkapi Fingeprint sensor, Samsung Galaxy J3 Prime masih mengandalkan sistem keamanan menggunakan akses kode ataupun pattern. Kondisi ini tentu pantas mengingat harga Samsung J3 Prime menyasar kalangan menengah.


Harga Samsung J3 Prime

Dari daftar spesifikasinya, sudah menunjukan bahwa Samsung Galaxy J3 Prime recomended untuk dimiliki bagi penyuka smartphone kelas enty level. Apalagi dengan hadirnya smartphone Samsung seri terbaru, harga Samsung J3 Prime mengalami penurunan. Ini tentu kabar gembira buat Anda yang sudah lama mengincar ponsel ini. Harga Samsung J3 Prime bekas saat ini berkisar di angka Rp 800 ribu sampai Rp 1 jutaan. Harga Samsung J3 Prime bekas tersebut bisa berbeda tiap daerah dan toko. Sementara informasi harga Samsung J3 Prime baru saat ini sudah tidak tersedia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya