Smart TV TCL A18 Siap Meluncur di Indonesia, Berapa Harganya?

TCL Indonesia mengumumkan produk terbarunya yakni A18 yang akan tersedia pada 11 Juni 2022.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 08 Jun 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2022, 07:30 WIB
TCL
Smart TV terbaru dari TCL yakni A18 yang menjalankan Google TV. (Dok: TCL)

Liputan6.com, Jakarta - TCL Electronics mengumumkan seri TV terbarunya yakni A18 yang memiliki kemampuan 4K dan menjalankan sistem operasi Google TV. Seri A18 tersedia dalam tiga pilihan ukuran, yakni 43, 50, dan 55 inci.

"TCL A18 adalah TV 4K HDR pilihan terbaik dengan pengalaman Dynamic Color Enhancement memberikan pengalaman yang benar-benar baru sehingga produk kami mampu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap perkembangan teknologi terkini," tutur GM TCL Indonesia, Peter Chen seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (8/6/2022).

Menurut Peter, TCL juga berkomitmen untuk memberikan menonton luar biasa dan dapat terhubung dengan perangkat pintar di rumah (smart home). Selain itu, TV ini juga mendukung metadata yang dinamis untuk mengoptimalkan kualitas gambar, kecerahan, dan kontras.

Hadir sebagai fitur unggulan adalah Dynamic Color Enhancement yang dikembangkan secara eksklusif oleh TCL untuk mengoptimalkan kecerahan warna pada layar TV secara otomatis. Jadi, palet warna menjadi semakin kaya dan memberikan pengalaman menonton lebih hidup sekaligus nyata.

TCL A18 turut didukung teknologi Micro Dimming untuk membagi tampilan layar menjadi 1.296 zona terpisah, menyesuaikan tingkat kecerahan dan kegelapan dengan cerdas. Kualitas gambar pun dioptimalkan untuk pengalaman menonton yang superior, terutama bagian gambar yang gelap.

Selain itu, Smart TV ini juga menggunakan AIPQ 2.0 yang merupakan prosesor quad-core terbaru untuk meningkatkan hiburan, mengoptimalkan kinerja hardware dan software secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga TCL A18

TCL
TCL A18 yang akan hadir untuk pasar Indonesia. (Dok: TCL Indonesia).

Algoritma TCL yang diaktifkan pada chipset juga dapat memproses konten secara real time, mendeteksi lingkungan, serta meningkatkan tampilan juga audio. Nantinya, gambar akan dioptimalkan sesuai dengan isinya.

Gambar lautan akan terlihat biru dan gambar hutan akan terlihat lebih hijau. Sementara kualitas audio akan dikompensasikan secara dinamis berdasarkan volume, menghilangkan distorsi sinyal dan speaker, termasuk memberikan pengalaman pendengaran yang lebih autentik pada tingkat suara apa pun.

A18 juga didukung Dolby Audio, sehingga suara yang terdengar sanga realistis. TV ini juga dibekali dengan HDMI 2.1 dan ALLM sehingga mendukung pengaturan gambar terbaik untuk bermain game secara otomatis.

Berbekal dukungan sistem operasi Google TV, A18 mampu menghadirkan deretan konten favorit pengguna dari seluruh aplikasi dan langganan. TV ini juga dibekali dengan Chromecast untuk fungsi screen mirroring langsung dari smartphone atau laptop.

TCL A18 turut mendukung Google Assistant sehingga pengguna dapat mengaksesnya melalui perintah suara. TCL bekerja sama dengan Vidio untuk menyediakan deretan konten, mulai dari 51 TV streaming, 29 radio streaming, dan ribuan konten dari berbagai negara.

Setiap pembelian A18, konsumen akan mendapatkan akses seluruh tayangan premium di Vidio tanpa batas selama 90 hari. TV ini akan secara eksklusif meluncur pada 11 Juni 2022 di JD.ID.

Sementara untuk pre-sale TV ini bisa dilakukan mulai 8 hingga 10 Juni 2022. TCL A18 ukuran 43 inci dibanderol Rp 3 jutaan, 50 inci dijual kisaran Rp 4 jutaan, serta 55 inci di kisaran Rp 5 jutaan.


Xiaomi Rilis 2 Produk Ekosistem Anyar, Ada Smart TV dan Robot Vacuum Cleaner

Xiaomi
Tampilan Xiaomi TV Q1E 55 yang baru saja diperkenalkan Xiaomi di Indonesia. (Dok: Xiaomi Indonesia)

Sebelumnya, Xiaomi mengumumkan kehadiran dua produk terbarunya di kategori ekosistem untuk pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu memperkenalkan Xiaomi TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (27/5/2022), Xiaomi TV Q1E 55 merupakan TV pertama dari Xiaomi yang mendukung DVB T-2. Selain itu, TV ini memiliki layar 4K QLED dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai 97 persen.

Tampil dengan desain ramping tanpa bingkai, smart TV ini memiliki dynamic range dengan dukungan Dolby Vision dan HDR10+. Selain itu, Xiaomi juga membenamkan teknologi MEMC hingga 60Hz untuk perpindahan dan pergerakan gambar lebih halus.

Xiaomi TV Q1E 55 menjalankan Android TV 10 dan sudah dibekali dengan Chromecast. Karenanya, TV ini dapat dengan mudah terhubung pada smartphone, tablet, atau laptop.

Xiaomi juga menyediakan tombol akses khusus Netflix dan Amazon Prime Video di remote TV yang memiliki kemampuan bluetooth, serta dukungan Google Assistant untuk perintah suara.

 


Rilis Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite

Selain TV, Xiaomi juga meluncurkan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite yang memiliki tiga mode, yakni sapu, pel, dan kombo sapu-pel. Dengan sistem navigasi sensor visual, perangkat ini mampu mengenali setiap garis pembatas untuk secara otomatis menyesuaikan arah dan proses pembersihan lebih optimal.

Tidak hanya itu, Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini memiliki kemampuan memanjat ketinggan 20mm, sehingga perbedaan elevasi lantai tidak menjadi persoalan. Perangkat ini juga memiliki desain tipis sehingga mampu menjangkau dan membersihkan berbagai area sempit dengan mudah.

Mi-Robot Vacuum-Mop 2 Lite dilengkapi penampungan debu berkapasitas 450ml dan tangki air 270ml. Perangkat ini memiliki daya hisap mencapai 2.200 Pa serta kompatibel dengan Mi Home/Xiaomi Home App Control, termasuk perintah suara lewat Google Assistant dan Alexa.

Kedua perangkat ini akan mulai dijual pada 1 Juni 2022 di Mi.com, Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Akulaku, JD.ID, Xiaomi Store, Xiaomi Shop, serta Erafone.

Xiaomi TV QE1 55 dijual Rp 8.499.000, sedangkan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dibanderol Rp 2.799.000.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya