Fitur Companion Mode WhatsApp Kini Tersedia untuk Seluruh Pengguna Beta, Bisa Pakai 1 Akun di 2 Smartphone

WhatsApp memberikan kemudahan mengakses akun di lebih dari satu smartphone dengan fitur Companion Mode yang telah tersedia untuk seluruh pengguna Beta.

oleh Dinda Charmelita Trias Maharani diperbarui 12 Apr 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 08:30 WIB
WhatsApp Chatroom Illustration
WhatsApp Chatroom Illustration (Image by syifa5610 on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Companion Mode kini tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp Beta. Sesuai namanya, fitur baru WhatsApp ini memberikan kemudahan bagi pengguna karena memungkinkan akses akun di lebih dari satu smartphone. 

Tahun lalu, WhatsApp mulai menguji Companion Mode dengan beberapa pengguna beta. Namun berdasarkan laporan WABetaInfo yang dikutip Android Police, Selasa (11/4/2023), fitur tersebut telah tersedia untuk semua penguji Beta di Android. 

Sebagai informasi, Companion Mode disebut merupakan peningkatan fitur Multi Device yang ada sekarang. Untuk diketahui, kemampuan Multi Device WhatsApp tersebut memang memungkinkan pengguna menghubungkan akun pengguna di perangkat lain, tetapi hanya berlaku untuk perangkat di luar smartphone, seperti versi PC atau Web.

Sementara dengan Companion Mode, pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp dengan dua perangkat mobile sekaligus. Namun untuk saat ini, dukungan fitur Companion Mode belum hadir untuk iOS, sehingga perangkat kedua untuk mengakses akun yang sama harus merupakan perangkat Android.

Kendati demikian, pengguna aplikasi WhatsApp versi beta yang memakai iOS sebagai perangkat utama tetap bisa mencoba companion mode ini.

Sebelumnya, dukungan pemasangan akun WhatsApp yang terbatas hanya pada satu perangkat menjadi kelemahan aplikasi perpesanan ini. Jadi, jika pengguna memakai satu perangkat untuk keperluan tertentu, pengguna tidak dapat memasukkan akun yang sama di perangkat lainnya. 


Cara Mencoba Fitur Companion Mode bagi Pengguna WhatsApp Beta

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Untuk menikmati fitur ini, pengguna perlu mengunduh WhatsApp Beta terbaru di Google Play Store. Setelah itu, pilih ‘Link a Device’ pada layar awal login. 

Kemudian, klik ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Perangkat tertaut di perangkat utama’, dan pindai kode QR di perangkat kedua untuk menghubungkan akun. Pengguna dapat menghubungkan empat perangkat berbeda ke akun WhatsApp. 

Setelah berhasil menautkan akun, seluruh riwayat percakapan akan dihubungkan dan dimuat pada perangkat baru. 

Selain kemudahan dari fitur tersebut, WhatsApp juga menawarkan enkripsi end-to-end, sehingga menjadikannya cara yang lebih aman untuk berkomunikasi dibandingkan beberapa aplikasi dan layanan perpesanan lainnya.


Pengguna WhatsApp di Android Bakal Bisa Edit Kontak Langsung di Aplikasi

WhatsApp
Ilustrasi chatting melalui WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Di sisi lain, seiring dengan perluasan fitur yang ditambahkan ke aplikasi, WhatsApp terus mengembangkan pembaruan yang akan semakin memudahkan aktivitas pengguna. Terbaru, WhatsApp disebutkan tengah menggarap update untuk memungkinkan pengguna pengguna perangkat Android membuat dan mengedit kontak secara langsung di aplikasi. 

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu meninggalkan atau keluar dari WhatsApp untuk membuat perubahan atau menyimpan nomor baru pada kontak ponsel. Untuk diketahui, kemampuan sebelumnya sudah lebih dulu tersedia di WhatsApp untuk iPhone.

Mengutip Android Police, Senin (10/4/2023), WABetaInfo menemukan bahwa beberapa pengguna WhatsApp Beta untuk Android mendapati adanya tampilan antarmuka (UI) kontak baru. Dengan UI teranyar ini, pengguna dapat mengatur semua kegiatan yang awalnya hanya dapat dilakukan pada aplikasi Kontak bawaan perangkat.

Beberapa pengguna WhatsApp Beta versi 2.23.8.2, 2.23.8.4, 2.23.8.5, dan 2.23.8.6 seharusnya sudah dapat mencoba fitur ini, dan disebut-sebut akan diperluas ke lebih banyak pengguna dengan berbagai versi.


WhatsApp Bakal Hadirkan Channel, Fitur Baru yang Mirip dengan Milik Telegram

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Di sisi lain, WhatsApp juga tengah berencana menghadirkan fitur baru yang disebut WhatsApp Channel. Fitur ini telah terlebih dahulu populer di aplikasi Telegram.

Menurut WABetaInfo, fitur ini mulanya disebut-sebut akan hadir dengan nama Private Newsletter. Namun, nama tersebut tampaknya diubah untuk membuatnya sesuai dengan tujuan fitur yang dimaksud.

Bicara tentang WhatsApp Channel, sebelumnya fitur baru WhatsApp ini dirancang menjadi fitur siaran yang dikirim dari satu pengguna ke banyak kontak. Dengan fitur siaran ini, pengguna bisa berlangganan ke akun yang diinginkan. Selanjutnya akun tersebut bakal mengirimkan berbagai newsletter.

Sejauh ini, fitur yang semula bernama Newsletter tersebut masih dalam tahap pengembangan, tetapi sebuah screenshot memperlihatkan bahwa WhatsApp menggantinya menjadi Channel.

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya