Samsung Galaxy S23 FE Bakal Rilis dengan Kamera Selfie Kualitas Flagship

Samsung Galaxy S23 FE akan dirilis dengan kamera selfie berkualitas flagship, meski hanya menawarkan sensor 10MP alih-alih 32MP seperti pada Galaxy S20 FE atau Galaxy S21 FE.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 05 Agu 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2023, 08:00 WIB
Samsung Galaxy S23 Ultra
Tampilan Samsung Galaxy 23 Ultra yang baru saja diperkenalkan. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, Samsung mengonfirmasi kehadiran versi lebih terjangkau dari Galaxy S23 series, yakni Samsung Galaxy S23 FE. Perangkat ini dikabarkan akan hadir dalam waktu dekat.

Bagi mereka yang tidak tahu, FE pada Samsung Galaxy FE adalah Fan Edition, yang pada dasarnya dibuat untuk fans Samsung garis keras.

Jika kamu melihat lebih dekat, Samsung biasanya melakukan pekerjaan yang cukup baik pada perangkat FE ini. Pasalnya, Galaxy S FE series menghadirkan penawaran terbaik dalam hal spesifikasi, desain, dan fitur namun dengan rentang harga lebih terjangkau ketimbang versi flagshipnya.

Hal yang sama dengan Galaxy S23 FE mendatang, bahkan Galaxy S23 FE yang akan datang akan menawarkan nilai yang lebih baik. Kok bisa?

Mengutip Gizchina, Sabtu (5/8/2023), Samsung berencana untuk mengemas Galaxy S23 FE dengan kamera selfie kelas flagship. Selain itu, ponsel ini akan menampilkan konfigurasi kamera belakang yang juga tidak main-main.

Galaxy S23 FE Bisa Jadi Ponsel Kamera Ramah Kantong yang Sempurna

Sebelumnya, beberapa highlight utama dari Samsung Galaxy S23 FE sempat mengemuka. Salah satu upgrade paling menarik adalah dalam hal kamera utama.

Galaxy S23 FE akan mengusung sensor 50MP, serupa dengan yang dipakai pada Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usung Kamera 50MP

Samsung Galaxy S23 Series
Samsung Galaxy S23 Series (Foto: Samsung)

Tahun ini, Samsung telah meningkatkan Galaxy S23 Ultra dengan sensor 200MP. Namun, Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus masih memiliki sensor kamera yang sama dengan jajaran S22, yakni 50MP.

Berdasarkan pengalaman, sensor 50MP Samsung Galaxy S23 series berhasil melakukan pekerjaan yang baik untuk mengambil gambar yang siap langsung diunggah ke medsos.

Dengan begitu, pengguna mungkin tidak akan kecewa dengan performa kamera utama Galaxy S23 FE.

Kendati demikian, Galaxy S23 FE akan mengusung kamera telephoto 8MP yang sama dengan milik Galaxy S20 FE dan S21 FE. Oleh karena itu, performa zoom-nya kemungkinan akan serupa pada ponsel sebelumnya.

 


Kamera Selfie 10MP, Bukan 32MP

Foto selfie dengan Galaxy S23
Penyanyi Lyodra Ginting berfoto selfie dengan Samsung Galaxy S23 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Selain itu, Galaxy S23 Fe juga akan menghadirkan kamera selfie 10MP, bukan sensor 32MP yang dipakai pada Galaxy S21 Fe dan Galaxy S20 FE.

Meski yang lalu memiliki ukuran megapiksel lebih rendah, sensor tersebut justru lebih baik. Pasalnya, Galaxy S23 FE mampu menghasilkan foto selfie yang tajam.

Sekadar informasi, sensor 10MP yang akan dipakai di Galaxy S23 FE menggunakan fitur bernama Dual Pixel Autofocus. Fitur ini akan menawarkan ke pengguna pembacaan titik fokus yang cepat dan sangat akurat dalam berbagai kondisi cahaya.

Singkatnya, konfigurasi kamera Galaxy S23 FE bakal cukup baik untuk pengguna yang menyukai foto-foto dan selfie.


Pakai Chipset Snapdragon?

Samsung Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra dirilis dalam event Galaxy Unpacked 2023, Rabu (2/1/2023) dini hari. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Samsung Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra dirilis dalam event Galaxy Unpacked 2023 di Singapura, Rabu (2/1/2023) dini hari. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Bocoran terbaru mengenai Samsung Galaxy S23 FE kembali terungkap. Kali ini, bocoran diketahui dari situs benchmarking Geekbench.

Mengutip informasi dari Gadgets 360, Selasa (18/7/2023), berdasarkan laporan terbaru, Samsung diketahui tengah menyiapkan dua model Galaxy S23 FE. Satu model menggunakan chipset Exynos, sedangkan model lain menggunakan chipset Snapdragon.

Untuk varian Exynos, Samsung disebut akan mempersenjatai smartphone ini dengan Exynos 2200. Sementara untuk varian Snapdragon, Samsung akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 atau Snapdragon 8+ Gen 1.

Adapun perbedaan dari kedua varian itu akan terletak di wilayah pemasaran. Varian Exynos akan dirilis untuk pasar global, sedangkan varian Snapdragon ditujukan untuk pasar Amerika Utara, seperti Amerika Serikat atau Kanada.

Kendati demikian, laporan ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Sebab, laporan sebelumnya menyebut Samsung akan menggunakan Exynos 2200 untuk semua model Galaxy S23 FE.

Menurut sumber yang mengetahui hal ini, keputusan tersebut diambil untuk mengurangi stok Exynos 2200 yang disebut masih sangat banyak. Perlu diketahui, Exynos 2200 merupakan chipset yang dipakai Galaxy S22.

Sebelumnya, informasi soal HP Samsung ini juga sempat diketahui dari situs badan sertifikasi Tiongkok 3C. Dari informasi tersebut, Samsung Galaxy S23 FE dilaporkan memiliki kode nama SM-S7110.

Berdasarkan situs tersebut, smartphone ini akan mendukung fast charging 25W, mirip dengan laporan yang sudah diungkap sebelumnya. Rencananya, HP Samsung ini akan diperkenalkan pada kuartal keempat 2023.

Infografis gaya hidup
Infografis gaya hidup (Samsung)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya