Nexus 5 Bakal Jadi Smartphone Pertama Berkamera Super Canggih

Dengan teknologi MEMS (microelectromechanical system) Camera, konsumsi dan masa pakai baterai dapat dioptimalkan.

oleh Adhi Maulana diperbarui 04 Okt 2013, 11:31 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2013, 11:31 WIB
nexus-131004b.jpg

Google nampaknya tak tanggung-tanggung dalam mempersiapkan Nexus 5 untuk menjadi salah satu smartphone terbaik di pasaran. Setelah dirumorkan bakal melenggang di minggu terakhir bulan Oktober ini, sebuah informasi terbaru muncul dan menyebutkan bahwa ponsel pintar hasil kerjasama Google dan LG ini akan dibekali kamera berteknologi baru yang disebut MEMS Camera.

Menurut yang dilansir laman Phandroid, Jumat (4/10/2013), teknologi MEMS (microelectromechanical system) Camera dikembangkan oleh perusahaan digital imaging asal San Jose, California, bernama DigitalOptics. Sementara proses produksinya digarap oleh Lite-On, manufaktur perangkat yang berbasis di Taiwan.

MEMS Camera diklaim mengadopsi teknologi yang serupa dengan yang digunakan pada kamera super canggih Lytro. Kamera jenis ini begitu istimewa karena pengguna dimungkinkan untuk menentukan fokus setelah objek diabadikan.

Selain itu, dalam penggunaan normal MEMS Camera menawarkan kecepatan fokus yang super cepat, yakni hingga tujuh kali lebih cepat dibandingkan dengan rata-rata kamera smartphone yang beredar di pasaran saat ini.

Komponen penggerak autofocus pada MEMS Camera pun hanya membutuhkan asupan daya kurang dari 1mW. Artinya, konsumsi dan masa pakai baterai dapat dioptimalkan. Menurut sejumlah bocoran, di sektor resolusi, LG membekali handset Nexus 5 dengan kamera 8 MP bersensor 1/3.2 dan aperture f/2.4.

Sebelumnya, akun Twitter spesialis pembocor berbagai informasi terbaru di jagat teknologi, @evleaks, juga sempat membocorkan spesifikasi yang bakal diusung handset Nexus 5. Menurut @evleaks, Nexus 5 bakal dipersenjatai dengan Android 4.2.2 Jelly Bean dan chipset quad-core 2,26 GHz Qualcomm Snapdragon 800 dengan RAM 2 GB dan ROM 32 GB.

(dhi/dew)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya