Pabrikan Tolak Produksi Mobil Tanpa Supir Milik Google

Sebagian besar pabrikan dan pemasok komponen mobil menolak kerjasama yang ditawarkan Google untuk memproduksi mobil tanpa supir.

oleh Adhi Maulana diperbarui 11 Okt 2013, 08:17 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2013, 08:17 WIB
google-131010b.jpg
Pada bulan Juni 2012 lalu Google telah berhasil menguji coba teknologi mobil tanpa supir. Bahkan, Google sempat dikabarkan telah melakukan pembicaraan serius dengan sejumlah pabrikan mobil, di antaranya Tesla dan Magna International and Continental AG untuk segera melakukan proses produksi massal.

Namun sayang, tampaknya hal tersebut belum akan terwujud dalam waktu dekat. Menurut yang dilansir laman The Verge, Jumat (11/10/2013), sebagian besar pabrikan dan pemasok komponen mobil telah menolak kerjasama yang ditawarkan Google untuk memproduksi mobil tanpa supir tersebut.

Produsen mobil listrik Tesla dan pemasok onderdil Magna International and Continental AG termasuk yang pada akhirnya menolak. Mayoritas dari mereka yang menolak mengkhawatirkan masalah pemasaran yang dirasa bakal cukup sulit. Sebab, hingga kini belum ada satu pun negara yang memiliki regulasi yang jelas terkait ijin pemasaran produk otomotif tanpa supir. Hal ini diyakini bakal menjadi masalah serius dan menghambat proses pemasaran.

Penolakan ini sendiri kabarnya telah diprediksi oleh Google. Alhasil, mereka pun disinyalir telah menyiapkan rencana untuk memproduksi mobil tanpa supir ini sendiri. Mereka diprediksi bakal menyasar sektor bisnis transportasi yang bakal diberi julukan Robo-taxi.

Konsep Robo-taxi dideskripsikan sebagai layanan taksi otomatis yang hanya menerima pelanggan berdasarkan permintaan khusus, baik melalui telepon maupun lewat pemesanan online via internet. Rute yang ditempuhnya terbatas pada wilayah yang telah terprogram di dalamnya.

Meski terlihat memiliki konsep yang cukup matang, namun hingga kini belum ada kejelasan kapan tepatnya proses produksi Robo-taxi akan dimulai.

(dhi/dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya