Launcher Nexus 5 Tak Bisa Dipakai di Smartphone Lain?

Tampilan antar muka KitKat yang lebih 'bersih dan cantik' kabarnya hanya dihadirkan untuk smartphone Nexus 5 saja.

oleh Ervina Anggraini diperbarui 07 Nov 2013, 15:30 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2013, 15:30 WIB
nexus-5-131107b.jpg

Google secara resmi telah merilis Nexus 5 dan sistem operasi terbarunya Android 4.4 KitKat. Para pecinta Android akhirnya bisa melihat penampakan Nexus 5 lengkap dengan Android KitKat yang hadir dengan sejumlah perubahan.

Salah satu perubahan yang diberikan Google adalah tampilan antar muka yang berbeda dari generasi sebelumnya. Namun kabarnya perubahan tampilan itu tidak diberikan untuk semua handset.

Google disinyalir tidak menghadirkan tampilan antar muka yang lebih 'bersih dan cantik' bagi pengguna smartphone selain seri Nexus 5. Ini berarti tampilan itu tidak dapat dinikmati oleh semua pengguna smartphone Android.

Dilansir laman Phandroid, Kamis (7/11/2013), smartphone dan tablet seri Nexus terdahulu seperti Nexus 4 dan Nexus 7 disebut-sebut juga tidak dapat menikmati antar muka Nexus 5.

Kemungkinan Google berencana memberikan antar muka itu secara eksklusif hanya untuk perangkat terbaru Nexus 5 saja. Meskipun banyak launcher yang mengatasnamakan UI Nexus 5, namun dapat dipastikan jika aplikasi tersebut bukan murni buatan Google namun milik pengembang pihak ketiga.

Google belum memberikan alasan secara gamblang mengapa UI Nexus 5 tidak akan 'mendarat' pada perangkat Nexus lawas. Mengingat sebelumnya telah disebut bahwa KitKat tidak membutuhkan spesifikasi tinggi. RAM 512 MB diklaim sudah mampu menjalankan Android 4.4 KitKat tersebut.

(vin/dew)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya