Nokia Didemo Ratusan Karyawannya

Ratusan karyawan menggelar demo. Mereka memprotes keputusan baru yang dibuat perusahaan pasca diakuisisi oleh Microsoft.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 22 Nov 2013, 16:15 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2013, 16:15 WIB
demo-131122b.jpg
Ratusan karyawan menggelar demo di depan pabrik Nokia di China. Mereka memprotes keputusan baru yang dibuat perusahaan pasca diakuisisi oleh Microsoft.

Para karyawan mengeluh karena dipaksa menandatangani kontrak baru yang kompensasinya dianggap tidak adil, padahal sebelum Nokia diakuisisi oleh Microsoft kompensasinya yang didapat lebih baik.

Para karyawan demo di depan pabrik Nokia di selatan kota Dongguan. Sekitar 30 polisi tampak berjaga-jaga memantau para pekerja yang demo mengenakan seragam putih Nokia sambil membentangkan spanduk bertuliskan: "Legally protect our rights" dan "Demand fair compensation".

"Kami akan terus berjuang sampai kami mendapatkan keadilan," kata seorang pekerja bermarga Zhang kepada Reuters yang dikutip dari The Register, Jumat (22/11/2013).

Polisi kabarnya sempat mengamankan empat karyawan karena rusuh. Melalui email, Nokia menyatakan akan mengajak dialog para pengunjuk rasa. Nokia juga mengatakan bahwa operasional manufaktur mereka di Dongguan terus berlanjut.

Sekelompok kecil karyawan bahkan ada yang menggunakan kesempatan ini untuk menuntut pesangon meskipun pabrik Nokia di sana masih terus beroperasi.

Pasca dibeli Microsoft, kompensasi yang diterima para pekerja berubah menjadi lebih buruk. Sekedar informasi, ada sekitar 5.000 karyawan yang bekerja di pabrik Nokia di Dongguan.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya