Ekspedisi Penanaman Sejuta Terumbu Karang

Penanaman terumbu karang ini merupakan program dari Marinir AL yang disebut Save Our Littoral Life.

oleh Liputan6 diperbarui 06 Jun 2015, 18:48 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2015, 18:48 WIB
Terumbu Karang
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Sabang - Semakin sore, Pantai Iboih di Pulau Weh, Sabang, Aceh, semakin ramai pengunjung. Pantai ini memang sangat terkenal sebagai destinasi wisata. Bukan hanya karena sebagai titik 0 kilometer Indonesia, tapi juga karena pantai dan keindahan alam bawah lautnya.

Tidak hanya turis domestik, turis mancanegara pun banyak sengaja datang untuk melakukan penyelaman di sini. Di bawah laut Pantai Iboih banyak sekali jenis ikan. Beragam ikan berenang bersamaan sehingga membentuk goresan warna-warni yang indah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (6/6/2015), di Sabang ini ada sekitar 11 titik untuk melakukan penyelaman. Para penyelam dapat melakukan penyelaman hingga 30-40 meter di bawah laut.

Tidak hanya melihat beragam jenis ikan, Tim Liputan 6 bersama dengan Marinir Angkatan Laut (AL) juga melakukan penanaman terumbu karang untuk menjaga kelestarian alam bawah laut di pantai ini.

Penanaman terumbu karang ini merupakan program dari Marinir AL yang disebut Save Our Littoral Life atau dikenal juga dengan penanaman sejuta terumbu karang.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Sabang, pada acara puncak nanti sekitar Agustus, Tim Liputan 6 bersama Marinir AL akan melakukan penanaman di 3 titik yakni di Sabang, Sorong dan Manado, bersamaan dengan puluhan wilayah lainnya di Indonesia.

Selain menyelam, ada pula kegiatan populer lainnya berupa snorkeling atau selam dangkal, yang dapat dilakukan bersama keluarga.

Untuk melakukan snorkeling, wisatawan cukup dipermudah dengan banyaknya tempat penyewaan peralatan snorkeling di sepanjang pantai. Mulai dari pelampung, kacamata renang sampai dengan alat pernapasan snorkeling.

Dan yang tak kalah menarik, pulau Sabang tidak ketinggalan dengan keunikan kulinernya yakni adanya sate gurita. (Nda/Ali)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya