Karamah: Beragam Khasiat Madu untuk Kesehatan

Cairan kental berwarna kuning keemasan ini memiliki beragam khasiat. Madu dapat mengobati batu, migrain, bahkan insomnia.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Jun 2015, 13:44 WIB
Diterbitkan 23 Jun 2015, 13:44 WIB
(Lip6 Siang) Madu
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Manisnya madu tak perlu diragukan lagi. Begitu juga manfaatnya sebagai obat. Cairan kental berwarna kuning keemasan ini dipercaya memiliki beragam khasiat.

Masyarakat Indonesia banyak yang mengandalkan madu, baik untuk pengobatan maupun penambah energi. Berbagai jenis madu pun banyak yang dijual. Mulai dari madu produk lokal hingga madu impor dari berbagai negara, terutama dari Timur Tengah.

Ada pula madu campuran seperti madu jinten, madu gandum hitam, dan sebagainya. Harganya pun bervariasi. Khasiat madu sebagai obat diisyaratkan dalam Alquran dalam surat An Nahl yang berarti lebah pada ayat 68 hingga 69.

Beberapa tips mengonsumsi madu yang bisa dicoba, yaitu campuran madu dan perasan jeruk lemon berkhasiat mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Lalu jika migrain, 2 sendok makan madu dan air hangat bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala. 2 Sendok makan madu juga dapat bermanfaat mengatasi insomnia atau penyakit susah tidur.

Untuk masalah pencernaan, bisa meminum madu yang dicampur air hangat dan cuka apel. Dan masih banyak lagi manfaat madu bagi kesehatan.

Kalangan ahli gizi pun mengakui di dalam madu terdapat ratusan zat yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama karbohidrat, mineral, vitamin, serta zat antioksidan.

"Mempunyai secara scientific sudah lama dibuktikan bahwa madu memang menyuplai zat gizi maupun zat-zat komponen fungsional yang dikatakan lebih dari sekadar zat gizi untuk bisa hidup sehat," ucap Guru Besar Ilmu Gizi IPB Hadinsyah.

"Sehat dalam arti bisa untuk stamina, dapat meningkatkan imunitas, bisa untuk mencegah infeksi, bahkan juga bisa untuk mempercepat sembuhnya luka, untuk menghaluskan kulit, banyak sekali manfaatnya," tandas Hadinsyah.

Jadi tak ada salahnya untuk selalu menyiapkan madu di rumah, dan setiap saat bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Simak ulasan khasiat madu selengkapnya dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (22/6/2015) (Vra/Sss)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya