Asian Games: Uji Coba Menembak Dapat Antusiasme Tinggi

Tercatat sebanyak 149 atlet dari beberapa provinsi yang mendaftar mengikuti uji coba tau test even cabang olahraga menembak untuk Asian Game

oleh Bogi Triyadi diperbarui 08 Nov 2017, 16:15 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2017, 16:15 WIB
Cabang Menembak
Ilustrasi Menembak. (kualalumpur2017.com.my)

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen uji coba atau test even cabang olahraga menembak untuk Asian Games 2018 mendapat antusiasme tinggi peserta. Tercatat sebanyak 149 atlet dari beberapa provinsi yang mendaftar mengikuti uji coba ini.

"Oleh karena itu, PB Perbakin menentukan kuota sebanyak dua orang atlet untuk nomor individu dan dua tim untuk nomor mixed team dari masing-masing provinsi," kata Komisi Pembinaan dan Prestasi Bidang Tembak Sasaran Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Sarozawato Zai di Jakarta seperti dinukil dari Antara, Rabu (8/11/2017).

Tingginya animo peserta karena dalam uji coba tersebut dipertandingkan 17 nomor, tak jauh berbeda dengan 18 nomor yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018.

Nomor yang akan dipertandingkan antara lain individu putra terdiri dari 10m air pistol, 10m air rifle, 10m running target, 10m running target mixed, 25m rapid fire pistol, trap men, skeet men, dan 300m standard rifle 3 position.

Sedangkan untuk individu putri, dipertandingkan nomor 10 m air pistol, 10m air rifle, 25m pistol, 50m rifle 3 position, trap women dan skeet women. Kemudian kategori mixed team, terdiri dari 10m air pistol mixed team, 10m air rifle mixed team dan trap mixed team.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Satu Nomor

Satu-satunya nomor yang tidak dipertandingkan dalam uji coba adalah 10m running target mixed putra. "Nomor itu tidak dipertandingkan di test event ini karena pesertanya tidak terlalu banyak," ujar Sarozawato.

"Selain itu, alasan lainnya, kami juga tengah mempersiapkan atlet pelatnas di nomor ini untuk try out ke Hungaria pada pertengahan November ini. Dan nomor ini menjadi salah satu andalan kami."

Sementara itu, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menyambut positif atas usaha Perbakin di test event ini yang menggelar hampir semua nomor di Asian Games 2018.

"Cabang menembak termasuk cabang yang menyediakan banyak medali sehingga peluang itu harus benar-benar dimanfaatkan Indonesia untuk mendulang medali emas. Selain di nomor pistol, kans atlet kita di nomor shoot gun juga besar sehingga kami mendukung usaha PB agar memiliki nomor-nomor unggulan," ucap Sekjen INASGOC Eris Herryanto.


Final

Babak Final Sementara final di nomor 10m air pistol individu putri pada Selasa (7/11), medali emas diraih wakil Sumsel Talitha Judith Almira dengan total skor 228,6. Sedangkan Medali perak diraih Barya Agustini Said asal Riau dengan total skor 225,5, dan medali perunggu menjadi milik Eva Yulianti Pratiwi dari Jatim dengan total skor 207,6.

Sedangkan nomor 10m air pistol individu putra, medali emas dimenangkan I Kadek Rico Vergian Dinatha (Bali) dengan total skor 230,4. Medali perak diraih oleh Rahmat Santoso (Sulteng) dengan total skor 228,6 dan medali perunggu dimenangkan oleh wakil Jatim Supriyoni dengan total skor 208,9.

Di nomor 300m standard rifle putra yang diselenggarakan di Cilodong, Irawan Saputra (Jabar) dengan total skor 553 meraih medali emas. Farid Prayuda (Papua) 535 meraih perak dan Dasep Imam Suherman (NTB) 530 meraih perunggu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya