Asian Games 2018, Wapres JK dan INASGOC Gelar Rapat Keamanan Siber

Dengan adanya penangkal tersebut Erick yakin sistem Asian Games 2018 siap menghadapi para hacker.

oleh Mevi Linawati diperbarui 03 Mei 2018, 13:08 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2018, 13:08 WIB
Bahas Kemajuan Persiapan Asian Games 2018, Pihak Terkait Duduk Bersama
Ketua Inasgoc, Erick Thohir menyimak pernyataan saat diskusi persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (2/5). Diskusi membahas kemajuan kesiapan sarana maupun infrastruktur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat koordinasi Asian Games 2018. Rapat dihadiri Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen (Purn) TNI Djoko Setiadi, dan Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018 Wakapolri Komjen Syafruddin.

Erick Thohir mengatakan, rapat membahas bagaimana mengantisipasi serangan hacker yang bisa menghambat jalannya Asian Games 2018. Hal ini berkaca dari pengalaman acara olahraga internasional lainnya.

"Kita harus antisipasi daripada cyber attack, di mana kalau kita lihat apa yang terjadi, di olimpiade musim dingin di Korea itu kan sempat pembukaan delay sampai satu jam," kata Erick usai rapat bersama Wapres Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jl Merdeka Selatan, Kamis (3/5/2018).

Dia mengatakan, pihaknya sudah memiliki penangkal serangan siber. Salah satunya yaitu memiliki Main Operation Center (MOC) dan bekerja sama dengan sejumlah badan atau lembaga.

"Kita sendiri dari Asian Games sudah punya MOC yang mungkin temen-teman pernah lihat waktu itu. Dan kita sendiri sudah kerjasama dengan Inafis, Bais, kemarin juga badan antiteror juga datang. Alhamdulillah sekarang badan cyber juga support karena ini hal yang lain lagi," kata Erick.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Yakin Lancar

Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir
Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir (Merdeka.com/ Intan Umbari)

Dengan adanya penangkal tersebut Erick yakin sistem Asian Games siap hadapi para hacker. Namun dia tetap menjaga agar tidak terhambat ketika acara digelar.

"Dari review yang sudah dilakukan bersama-sama, sistem yang ada di Asian Games siap. Tapi tentu siap bukan berarti kita jumawa, wah tidak apa-apa. Tidak ada salahnya kalau ada double gardan. Istilahnya di mana dari badan siber akan juga jadi second line untuk support," ungkap Erick.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya