Orang RI Lebih Malas Labeli Halal Produknya Ketimbang Malaysia

Badan Standarisasi Nasional (BSN) menyatakan baru 20% produk yang beredar di Indonesia memiliki label sertifikasi halal.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 06 Mar 2014, 20:47 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2014, 20:47 WIB
pengusaha-ritel-140130b.jpg

Liputan6.com, Jakarta Badan Standarisasi Nasional (BSN) menyatakan baru 20% produk yang beredar di Indonesia memiliki label sertifikasi halal. Ini jauh di bawah Malaysia yang sudah mencapai 90%.

"Sertifikasi halal baru mencapai di bawah 20%. Ini beban tersendiri karena Malaysia di atas 90%. Padahal sebentar lagi perdagangan bebas," kata Kepala BSN Bambang Prasetya di kantor BSN, Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Kondisi ini kemudian dijelaskan Deputi Penerapan Standar dan Akreditasi BSN, Suprapto yang mengatakan minimnya produk Indonesia berlabel halal karena masyarakat kurang khawatir dengan hal tersebut.

"Jadi kalau sudut pandang saya mendapat sertifikat masih rendah pertama awareness konsumen itu sendiri," ungkap dia.

Saat ini konsumen dinilai hanya sibuk mencari potongan harga, tanpa mempedulikan barang yang dibelinya sudah berlabel halal atau belum.

"Kalau konsumen menyadari menuntut produk yang saya beli halal tidak, kalau konsumen mencari diskon dulu, bukan produk halal," tegas dia.

Selain itu penyebab produk Indonesia masih banyak yang belum berlabel halal, akibat belum ada ketetapan tentang kewajiban sertifikasi produk halal.

"Kedua sertifikasi halal belum diwajibkan sehingga tidak ada yang diwajibkan produsen. Masalah sertifikasi halal belum ada sampai saat ini," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya