Pertumbuhan Industri Capai 10% pada 2020

Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri mencapai dua digit pada 2020.

oleh Septian Deny diperbarui 13 Mar 2014, 16:58 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2014, 16:58 WIB
100202aindustri-elektronik.jpg

Liputan6.com, Kuta - Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri dapat meningkat dua digit dalam enam tahun ke depan. Pertumbuhan industri itu dapat tercapai bila pemanfaatan sumber daya alam dan pembangunan industri dapat optimal.

Pada 2013, pertumbuhan industri mencapai 6,1%. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi yang sebesar 5,8%.

"Jadi kami sedang menyusun dan membuat proyeksi pertumbuhan industri ke depan, angkanya masih dikalkulasi. Kami berharap industri tumbuh dua digit pada 2020, mungkin bisa 10% lebih," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Ansari Buchari pada Workshop Pendalaman Kebijakan Industri untuk Wartawan di Bali, Kamis (13/3/2014).

Dia mengatakan, dalam 3 tahun belakangan Indonesia mampu menjaga pertumbuhan industri lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi, meskipun pada tahun lalu, pertumbuhan industri tidak mencapai target yang ditetapkan sebesar 6,5%.

"Untuk target, kami mengharapkan harusnya sudah bisa tumbuh sebesar 8%, tapi melihat kondisi dalam negeri kalau misalnya bisa mencapai 7% saja sudah cukup bagus. Tapi kami akan dorong terus pertumbuhan ini," lanjutnya.

Menurut Anshari, ada beberapa faktor yang harus dioptimalkan agar target pertumbuhan industri ini bisa mencapai dua digit, antara lain pemanfaatan sumber daya alam (SDA), dan pembangunan industri di dalam negeri.

"Kalau upaya kami untuk mendorong hilirisasi bisa dilaksanakan, SDA bisa diolah di dalam negeri, adanya pembanguan pusat industri bisa terwujud dan adanya lembaga pembiayaan khusus untuk industri, maka target dua  digit itu bisa terlaksana pada 2020," tandasnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya