Pekerja Lepas di RI Raup Rp 2 Juta dari Satu Proyek

Mencari pekerjaan sampingan (freelance) ternyata dapat memberikan Anda kucuran penghasilan yang cukup menggiurkan.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 03 Mei 2014, 07:29 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2014, 07:29 WIB
Bekerja
Magforwomen

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan lepas (freelance) ternyata dapat memberikan Anda kucuran penghasilan yang cukup menggiurkan. Hasil survei situs tenaga kerja online terbesar di dunia bagi bisnis kecil dan menengah, Freelancer.com mengungkapkan, para pekerja lepas di Indonesia mampu mencetak uang hingga Rp 2 juta untuk satu proyek yang dikerjakannya secara online.

"Lebih dari 300 ribu pengguna kami berasal dari Indonesia dan mampu menghasilkan uang dari sejumlah proyek yang rata-rata berjumlah Rp. 2 juta," ungkap Indonesia Country Manager Freelancer.com, Helma Kusuma dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/5/2014).

Sejauh ini, bagi penduduk Indonesia, pekerjaan sampingan secara online dianggap mampu mengasah kemamuan kerja agar lebih profesional. Terlebih lagi, melakukan pekerjaan sampingan selain tugas-tugas di kantor memiliki prospek yang menguntungkan di Indonesia.

Salah seorang pekerja sampingan asal Cikarang, Daniel G Pratidya bahkan telah berhasil meraup uang hingga US$ 40 ribu atau Rp 461 juta sejak dirinya bergabung di situs tersebut pada 2011. Dia juga menjadi salah satu pekerja sampingan Indonesia yang mencetak pendapatan terbesar dari sejumlah peluang kerja online.

“Pada awalnya, saya tidak berpikir dapat menghasilkan uang dengan mengerjakan pekerjaan freelance secara online. Tapi itu berubah setelah saya mulai mendapatkan proyek-proyek online yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga saya,” papar Daniel.

Dia menjelaskan, sejumlah pekerjaan sampingan dapat membuat Anda mencari tambahan penghasilan dari rumah selain dari tugas utama di kantor. Pekerjaan sampingan melalui media internet ini juga dianggap memberikan keuntungan dalam hal fleksibilitas tempat dan waktu.

Tak hanya itu, bekerja secara online juga dapat membantu masyarakat membangun jaringan yang lebih luas serta dapat menjadi media untuk mengasah keahlian pribadi.

Sejauh ini, Jakarta mencatatkan jumlah pengguna tertinggi di Asia Tenggara dalam situs pekerja sampingan online tersebut. Jakarta mencatatkan pertumbuhan pengguna sebesar 69,5% hanya dalam kurun waktu setahun.

Sekadar informasi, Freelancer.com adalah marketplace pekerjaan online nomor satu di dunia bagi bisnis kecil dan menengah. Situsnya menghubungkan lebih dari 10 juta profesional di seluruh dunia di 234 negara. (Sis/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya