Rugi 9 Tahun, Ini Jurus Kertas Leces Biar Untung di 2020

PT Kertas Leces (Persero) terus menelan kerugian selama sembilan tahun karena fokus di bisnis pembuatan kertas konvensional.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 24 Des 2014, 14:28 WIB
Diterbitkan 24 Des 2014, 14:28 WIB
Kertas Leces
Pabrik Kertas Leces

Liputan6.com, Jakarta - PT Kertas Leces (Persero) terus menelan kerugian selama sembilan tahun yaitu sejak 2005-2013 karena fokus di bisnis pembuatan kertas konvensional seperti kertas budaya dan kertas industri

Untuk itu, Presiden Direktur Kertas Leces Budi Kusmarwoto menyatakan perseroan bakal melakukan transformasi bisnis dengan memproduksi kertas bernilai tinggi.

"Kertas nilai tinggi itu seperti kita akan produksi kertas untuk mata uang," kata Budi saat berbincang dengan wartawan di Kementerian BUMN, Rabu (24/12/2014).

Kertas budaya dan kertas industri, menurut Budi, merupakan kertas yang permintaannya fluktuatif. Dua jenis kertas tersebutlah yang menjadi penyebab perseroan sulit untuk berkembang.

Sayangnya, transformasi bisnis tersebut tidak akan mudah mengingat saat ini perusahaan masih menyelesaikan proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sekitar Rp 2 triliun.

‎Meski begitu Budi mengaku telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan kelas dunia untuk mampu memproduksi kertas-kertas yang bernilai tinggi tersebut.

"Nanti kita bikin anak perusahaan, Kertas Leces dengan perusahaan pemain dunia serta penyedia mesin untuk produksi itu, karena mesin pemproduksi kertas uang itu sangat rumit," papar Budi.

Proses transformasi bisnis tersebut diperkirakan akan memakan waktu paling tidak lima tahun ke depan. Ditargetkan untuk tahun 2020 perusahaan bisa memperoleh pendapatan Rp 1,7 triliun dengan laba mencapai Rp 500 miliar. (Yas/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya