Hari Pertama Puasa, Harga Kebutuhan Pangan di Jakarta Stabil

"Cabai keriting mahal Rp 35 ribu per kg, bawang merah sudah Rp 30 ribu per," jelas pedagang sayur di Pasar kebayoran Lama, Srie.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 18 Jun 2015, 12:14 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2015, 12:14 WIB
Jelang Puasa dan Lebaran, Keran Impor Cabai Dibuka
Pedagang merapihkan cabai di Pasar Induk Senen, Jakarta, Kamis (11/6/2015). Mendag, Rachmat Gobel memastikan akan membuka keran impor untuk cabe merah dan bawang merah. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jelang ramadan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Harga kebutuhan pangan terpantau stabil di pasar tradisional pada hari pertama puasa, Kamis (18/6/2015). Para pedagang mengungkapkan, belum ada kenaikan harga yang cukup signifikan karena pasokan masih cukup banyak.

Salah seorang pedagang kebutuhan pangan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Imam (31) menjelaskan, harga-harga sayur masih belum menunjukkan kenaikan meskipun ada sedikit kenaikan permintaan dari pembeli. "Harga sekarang masih biasa, tidak ada yang naik," jelasnya.

Imam melanjutkan, di tahun-tahun sebelumnya saat awal puasa memang biasanya harga belum naik. Namun kemudian setiap minggu akan ada beberapa bahan pangan yang akan mengalami kenaikan karena terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat.

"Jadi kalau besok saya juga belum tahu. Harga wortel, timun, daun bawang, kol pasti naik terus," ujarnya.

harga cabai yang sebelumnya sempat mengalami kenaikan, pada hari pertama puasa ini terpantau stabil. Cabai keriting merah dijual dengan harga Rp 35 ribu per kilogram (kg), cabai merah rawit Rp 28 ribu per kg, bawang merah Rp 30 ribu per kg, bawang putih Rp 24 ribu per kg.

Pedagang sayuran lain di pasar Kebayoran Lama, Srie (32) membenarkan hal tersebut. Dia bilang memang belum ada pergerakan harga memasuki puasa kali ini. Namun, menurutnya beberapa komoditas telah terpantau mahal atau telah mengalami kenaikan sebelumnya. 

"Cabai keriting mahal Rp 35 ribu per kg, bawang merah sudah Rp 30 ribu per," tandas dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com:

Timun Rp 8.000 per kg
Cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg
Cabai merah rawit Rp 28 ribu per kg
Kentang Rp 10 ribu per kg
Wortel Rp 10 ribu per kg
Daun bawang Rp 12 ribu per kg
Bawang merah Rp 30 ribu per kg
Bawang putih Rp  24 ribu per kg
Jeruk peres Rp 10 ribu per kg
Sawi Rp 7.000 per kg
Kol Rp 7. 000 per kg
Tomat Rp 6.000 per kg
Pare Rp 8.000 per kg
Terong Rp 8.000 Per kg.

(Amd/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya