Teknologi Berkembang Pesat Bikin Transportasi Jakarta Makin Padat

Perencanaan transportasi darat yang matang bukan hanya sebagai langkah efisiensi logistik tetapi kondisi lingkungan lebih baik.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 28 Agu 2015, 12:11 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2015, 12:11 WIB
20150717-Jalanan Jakarta Lengang-Jakarta
Suasana arus lalu lintas di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2015). Lengangnya arus lalu lintas di Jakarta disebabkan libur bersama perayaan Idul Fitri 1436 H. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberi perhatian khusus pada perkembangan transportasi darat, terutama untuk Jakarta. Lantaran perkembangan teknologi informasi serta e-commerce membuat jalanan akan semakin padat karena berkembangnya aktivitas perdagangan.

Deputi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Edy Putra Irawady mengatakan untuk pengembangan transportasi tersebut mesti menentukan karakter kota. Terlebih, dinamika perkembangan teknologi begitu pesat.

"Kecepatan dinamika apalagi sekarang dengan Information and Communication Technologies (ICT), e-commerce artinya kegiatan perniagaan di dalam kota semakin fraud. Kita harus punya pilihan karakter apakah misalnya tetapkan jam, lokasi apakah moda transportasi," kata dia di Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Dia menambahkan, perencanaan transportasi darat yang matang bukan hanya sebagai langkah efisiensi logistik. Melainkan, lanjut dia untuk menciptakan kondisi lingkungan lebih baik.

"Ini bukan hanya efisiensi logistik, tetapi juga lingkungan. Karena jauh ke depan, seperti saya katakan mungkin perencanaan Jakarta dulu benar tapi tidak kelihatan, bahwa dinamika aktivitas logistik begitu cepat. Artinya transportasi menjadi semrawut," tutur Edy.

Pihaknya pun menegaskan pengaturan angkutan darat merupakan hal sangat mendesak.  "Ini membuat suatu model bagaimana suatu sistem yang mendukung keputusan dalam melakukan tata ruang untuk membuat manajemen angkutan darat. Kita tahu Jakarta, ramainya ini dibuat modelnya, ada saran disampaikan. Bagaimana sebaiknya suatu logistik sistem manajemen transportasi Jakarta," ujar dia. (Amd/Ahm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya