Besok, Jokowi Resmikan Venue dan Fasilitas Asian Games di GBK

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, sisa venue dan fasilitas yang sudah rampung direnovasi di kawasan GBK diresmikan pada 7 Agustus 2018.

oleh Septian Deny diperbarui 06 Agu 2018, 14:00 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2018, 14:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas peristiwa gempa Lombok (Foto: Facebook Jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sisa venue dan fasilitas yang sudah rampung direnovasi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) akan diresmikan pada Selasa 7 Agustus 2018.

Sisa venue dan fasilitas tersebut antara lain venue softball, baseball, squash, tempat parkir bertingkat (elevated parking) dan tungku api Asian Games 2018 (cauldron). Peresmian tersebut secara langsung akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira besok sore kalau jadi pak presiden akan meresmikan sisanya yang ada di GBK, semua venue softball, baseball, squash dan pendukung lainnya, cofftea house, parkir, cauldronnya, semua besok akan diresmikan semua," ujar dia di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Senin (6/8/2018).

Dia menuturkan, secara keseluruhan venue olahraga yang akan digunakan saat Asian Games baik di Jakarta maupun Palembang sudah siap.

Termasuk venue yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi di pantai Ancol yaitu Indonesia National Sailing Center dan Jetski Indonesia Academy.  ‎

"Yang ini semua sudah, Alhamdulilah sudah. saya kira ini rencana awalnya tidak jadi (diresmikan). Jadi semua sudah siap," kata dia.

Setelah semua venue siap, lanjut Basuki, ‎sekarang tinggal memberikan dukungan kepada para atlet agar bisa bertanding dengan maksimal dan meraih emas.

Hal tersebut yang dilakukan Jokowi saat meninjau Padepokan Pencak Silat TMII, pagi ini. "Makanya beliau (Presiden Jokowi) intinya kalau yang di sini mau ketemu atletnya. Makanya emas-emas terutama, silat tadi, yang di jetski, saya kira waktunya memberi semangat kepada atlet," kata Basuki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Presiden Jokowi Targetkan Pencak Silat Panen Emas di Asian Games 2018

Presiden Jokowi Bernyanyi Bersama di Harmoni Indonesia 2018
Presiden RI, Joko Widodo (tengah) bersama peserta Harmoni Indonesia 2018 menyanyikan lagu Indonesia Raya di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (5/8). Harmoni Indonesia adalah bernyanyi bersama lagu kebangsaan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus meninjau kesiapan infrastruktur Asian Games XVIII 2018. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut meninjau‎ padepokan Pencak Silat Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin 6 Agustus 2018 pagi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengungkapkan tim pencak silat sudah berlatih intensif untuk Asian Games 2018. Terlebih pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia.

"Saya melihat langsung pelatihan pencak silat di sini. Seperti saya sampaikan tadi bahwa latihan sudah sangat panjang, tiga tahun," ujar Presiden Jokowi.

"Memang di dalam target Menpora pada saya minimal pencak silat dapat dua emas. Namun saya yakin mereka bisa dapat lebih dari dua emas," katanya menambahkan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

"Tentu kita berharap cabang pencak silat mampu mendulang emas sebanyak-banyaknya. Saya meyakini latihan jangka panjang pasti menghasilkan hal bagus di Asian Games 2018 ini," ujar Presiden Jokowi mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya