Naik Perdana Kereta Wisata Gambir-Semarang, Ini Kritik Penumpang

Kualitas pelayanan Kereta Wisata Gambir-Semarang layak disetarakan dengan kelas bisnis di pesawat Garuda Indonesia.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 27 Agu 2018, 16:43 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2018, 16:43 WIB
Kereta Wisata
KAI memiliki 12 kereta wisata yang terdiri dari tujuh tipe yang bisa menjadi alternatif bagi pemudik yang kehabisan tiket kereta reguler.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api (KA) Pariwisata secara resmi telah melepas keberangkatan perdana kereta Argo Muria Priority dengan rute Gambir-Semarang. Beragam kesan muncul dari para penumpang yang di perjalanan ini secara total berjumlah 14 orang.

Seperti yang dilontarkan Tipuk (58), yang hendak pulang menuju Semarang. Dia memuji kualitas pelayanan kereta yang menurutnya layak disetarakan dengan kelas bisnis di Pesawat Garuda Indonesia.

"Beda dari kereta eksekutif biasa yang suka saya naiki. Servis bagus, mirip seperti kelas bisnis di Garuda. Ada layar sentuh sama headset di depan yang buat penumpang bisa nonton film, jadi enggak bosan selama perjalanan," kata dia saat diajak berbincang dengan Liputan6.com selama perjalanan dari Gambir menuju Semarang, Senin (27/8/2018).

Tipuk menambahkan, ia juga suka dengan kebersihan satu-satunya toilet yang ada di dalam gerbong prioritas ini. "Kamar kecilnya bersih. Biasa saya enggak mau masuk ke kamar kecil (di dalam kereta). Tapi tadi saya coba masuk, bersih," sebutnya.

Pujian lain turut dilontarkan Wahyu Winarso (23). Pria tersebut mengaku terkesan dengan berbagai bentuk pelayanan yang diberikan selama dalam perjalanan.

"Untuk pelayanan, makanan, minumannya sudah cukup baik. Kamar mandinya cukup bersih juga. Selama perjalanan pemandangan juga cukup bagus, menarik," tuturnya.

Menurutnya, biaya ongkos untuk membeli tiket gerbong prioritas sebesar Rp 480 ribu pun masih terbilang ramah kantong. "Secara tarif, masih cukup terjangkau untuk kelas priority," ucapnya. 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Kritik

Kereta Wisata
Kereta Wisata (liputan6)

Namun demikian, penumpang juga tak lupa memberikan masukan kepada para awak Argo Muria Priority agar dapat lebih berbenah ke depan.

Wahyu menganggap, medium televisi kecil dan headset yang tersedia di bangkunya masih belum maksimal. "Untuk multimedia seperti televisi dan headset-nya kurang support. Untuk berikutnya bisa diperbaiki lagi," jelas dia.

Lebih lanjut, dia meminta pihak pengelola kereta, agar menyediakan jasa cleaning service yang berkeliling membersihkan sampah yang ada di gerbong selama dalam perjalanan.

"Mudah-mudahan ke depan bisa ada yang rolling buat angkut sampah. Ini saya rasa belum begitu diperhatikan," ucap dia.

Sedangkan Tipuk mengomentari, ada beberapa fasilitas kecil yang harus diperbaiki agar pelayanan semakin mantap, yakni meja lipat di kursi yang biasa dipakai untuk waktu bersantap.

"Kalau dari pengalaman saya yang memang suka naik kereta, ini sudah bagus. Tapi perlu diperhatikan hal-hal kecil. Mejanya suka goyang-goyang, numpahin makanan/minuman yang ada di atasnya," tutur dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya