Jenuh dan Bosan di Kantor? Ini Cara Mudah Mengusirnya

Berikut cara menghilangkan rasa bosan saat di kantor dan tetap melakukan rutinitas pekerjaan ini dengan baik.

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 14 Nov 2018, 06:01 WIB
Diterbitkan 14 Nov 2018, 06:01 WIB
Bosan kerja
Ilustrasi bosan kerja (foto: lifehack)

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan rutinitas pekerjaan setiap hari tentunya tak selalu berjalan mulus. Rasa jenuh dan bosan hingga mengendurkan semangat bisa menyerang kapan saja dan siapa pun saat melakukan rutinitas di kantor. Dampak buruknya, produktivitas lambat laun pasti menurun. Tentu saja, kinerja kita akan dipertanyakan.

Ada banyak hal membuat rasa bosan di kantor itu muncul. Tapi apa pun itu penyebabnya, sebaiknya hindari jauh-jauh agar produktivitas tetap terjaga dan membawa Anda pada kesuksesan. Lalu, bagaimana caranya?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara menghilangkan rasa bosan saat di kantor dan tetap melakukan rutinitas pekerjaan ini dengan baik.

1. Masuk Kantor On Time

Jangan salah, rasa bosan di kantor bisa saja timbul akibat kelelahan atau stres karena perjalanan menuju tempat kerja. Untuk itu, berangkatlah ke kantor lebih awal agar tidak terjebak macet, dan bisa sampai tepat waktu (on time).

Jangan menganggap jika masuk kerja tidak sesuai jadwal adalah hal yang remeh. Karena urusan tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam kenaikan jabatan, bahkan kenaikan gaji.

Pastikan jika Anda memberikan jejak rekam yang baik dan menjadi pribadi menyenangkan di kantor. Sehingga energi positif pun akan mengusir rasa bosan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mendahulukan Pekerjaan

Ilustrasi Bekerja
Ilustrasi bekerja (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Dahulukan pekerjaan Anda sebelum melakukan hal yang lainnya. Jangan menganggap jika pekerjaan bisa ditunda, karena menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik.

Oleh karena itu, lakukan pekerjaan kantor terlebih dahulu sebelum berbicara dengan teman sejawat. Ini penting karena ketika Anda sudah berbicara dengan orang lain, maka tak menutup kemungkinan Anda jadi lupa waktu.

Bekerjalah dengan semaksimal mungkin, jangan menunggu atasan memerintah, baru Anda melakukannya. Tapi tumbuhkan inisiatif yang baik dalam diri Anda agar nantinya atasan akan memberikan penilaian yang baik atas diri Anda. (Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari)

3. Luangkan Waktu Membaca Buku

Bacalah buku saat ada waktu luang. Jangan meremehkan waktu senggang dengan melakukan hal yang tidak penting. Pastikan jika membaca buku dapat memberikan Anda motivasi, pengetahuan, dan pengalaman tentunya.

Anda juga bisa bertukar buku dengan teman sejawat, karena hal ini tentu akan sangat menarik dan memberikan pengalaman yang baru. Tidak hanya itu, membaca buku di kantor juga bisa menjadi salah satu kegiatan menarik dan positif guna menjaga keefektivitas waktu di kantor.


4. Membuka HP Setiap 1-2 Jam Selama 5 Menit

[Bintang] Ilustrasi Kerja
Nggak perlu kopi, sederet hal ini bisa bikin kamu tetap fokus! (Sumber Foto: PureWow)

Cara efektif untuk membagi waktu di kantor adalah dengan membuka ponsel setiap 2 jam sekali selama 5 menit. Dalam waktu lima menit, Anda bisa mengecek ponsel untuk memeriksa pesan atau chat.

Cara ini cukup efektif dilakukan demi menjaga kestabilan mental agar tidak ketergantungantungan juga pada ponsel setiap saat. Tentu saja, hal ini bisa sekaligus mengusir rasa bosan.

5. Jangan Lewatkan Jam Istirahat Siang

Manfaatkan jam istirahat siang hari semaksimal mungkin. Gunakan waktu tersebut untuk makan siang atau beribadah maupun mengobrol dengan rekan kerja. Waktu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk ‘berponsel ria’, menelpon orang rumah dan sebagainya.


6. Ingat Selalu untuk Berkomitmen

Wanita Karir
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Bangunlah komitmen untuk diri sendiri agar tidak lupa dengan apa yang Anda inginkan. Pastikan jika Anda berkomitmen untuk bisa jauh lebih baik dari sebelumnya dan mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Pastikan jika Anda juga membuat visi misi yang baik untuk kemajuan di kantor. Jangan menganggap jika komitmen atau visi misi yang dibuat hanyalah sebuah rules sementara saja, tapi hal ini akan menjadi sebuah komitmen yang bisa membuat Anda lebih efektif dalam mengatur jadwal di kantor.

Bebas Rasa Bosan di Kantor dan Ukir Karier Cemerlang

Tentu saja, bila rasa bosan itu bisa dengan mudah diusir, maka melakukan berbagai macam aktivitas di kantor pun juga akan semakin mudah dan menyenangkan. Anda pun bisa mengukir prestasi dan sukses dalam karier.

Jadi, jangan biarkan bosan terus melanda dan membayangi pekerjaan Anda di kantor. Usir bosan itu dengan tips-tips di atas dan ukir karier cemerlang Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya