PNM Mampu Jaga Rasio Kredit Bermasalah pada 2018

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM beberkan sejumlah prestasi yang telah dicapai hingga 2018.

oleh Athika Rahma diperbarui 26 Feb 2019, 16:45 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2019, 16:45 WIB
Para perempuan Mekaar dari Desa Pakemgede dan Pakemtegal
Para perempuan Mekaar dari Desa Pakemgede dan Pakemtegal. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM beberkan sejumlah prestasi yang telah dicapai hingga 2018. Tercatat, aset PNM naik 70 persen, yang tahun lalu sebesar Rp 11,1 triliun menjadi Rp 18,3 triliun.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dalam acara media sharing "Strategi UMKM Membangun Brand" di Jakarta. Arief menegaskan, 2018 merupakan tahun yang monumental bagi PNM.

"Aset kita naik, kemarin Rp 11,1 triliun jadi Rp 18,3 triliun 2018 itu. Nasabah kita juga naik, 2017 ada sekitar 2,7 juta kalau 2018 sekitar 4,1 juta. Naiknya tinggi sekali memang," ungkap Arief di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

(Foto: Liputan6.com/Athika R)
PNM gelar bincang pagi mengenai strategi UMKM membangun brand pada Selasa (26/2/2019) (Foto: Liputan6.com/Athika R)

Meningkatnya jumlah aset ini juga tidak terlepas dari peran usaha mikro yang selalu tepat waktu dan disiplin dalam membayarkan kreditnya. Tercatat Non Performing Loan (NPL) UMKM yang bermitra dengan PNM hanya berada di angka 0,19 saja.

 


Selanjutnya

Mau Kerja di BUMN? Coba Cek Lowongan Kerja di PNM
Mau Kerja di BUMN? Coba Cek Lowongan Kerja di PNM

Selain jumlah aset dan nasabah, Arief juga mengatakan saat ini jumlah karyawan PNM mencapai 30 ribu orang, dan itu belum termasuk karyawan yang bekerja di usaha nasabah. Arief mengaku bangga dengan hal ini karena secara tidak langsung PNM sudah berkontribusi untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

"Karyawan kita sudah 30 ribu orang, itu belum termasuk yang kerja di usaha para mitra kami. Secara nggak langsung selain membantu menyediakan pembiayaan, kita juga turut menyediakan tenaga kerja," ujar dia.

Sementara untuk tahun ini, target PNM tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yang terpenting, banyak orang yang dapat terbantu dalam mewujudkan usaha yang mereka ingin dirikan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya