Tak Mudik saat Lebaran? Ini Trik Nikmati Liburan di Jakarta

Meski tidak merayakan mudik, Anda bisa tiru tips jalan-jalan ini untuk Lebaran di Jakarta

oleh Bawono Yadika diperbarui 01 Jun 2019, 18:00 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2019, 18:00 WIB
Belajar Sejarah di Museum Kebangkitan Nasional
Seorang petugas berjalan di koridor masuk Museum Kebangkitan Nasional di Jakarta, Rabu (20/5). Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati hari ini merupakan refleksi mengenang masa memperjuangkan kemerdekaan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Meski Lebaran kerap dimaknai dengan kegiatan berkunjung ke rumah saudara di kampung halaman atau mudik, toh ada juga yang memutuskan untuk tetap tinggal di Jakarta pada saat momentum Lebaran tiba.

Asiknya, kota Jakarta dipastikan akan sepi dari lalu lalang dan Anda bersama keluarga bisa bebas keliling-keliling kota ini dengan maksimal tanpa harus terjebak macet di pusat-pusat titik tertentu yang biasa ditemui di hari kerja.

Bagi Anda yang ingin tetap eksis di media sosial, tentu Anda tak boleh ketinggalan untuk mengabadikan momen Lebaran bersama keluarga atau teman-teman yang masih berada di Jakarta. Anda pun bisa menghabiskan waktu di kota ini dengan cara yang berbeda dari biasanya dan juga unik.

Apa aja sih yang bisa Anda lakukan saat kota Jakarta sepi penduduk di momen Lebaran? Ide apa saja yang bisa Anda terapkan? Berikut saran seperti dikutip dari Cermati.com bagi Anda yang ingin traveling di Jakarta pada pekan Lebaran Anda bersama keluarga

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Wisata Keliling Jakarta dengan Transportasi Umum

MRT Kembali Beroperasi Penuh Pasca Aksi 22 Mei di Bawaslu
Penumpang berjalan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Transportasi massal MRT mulai beroperasi penuh kembali pascaaksi aksi 22 Mei menolak hasil Pemilu 2019 yang terjadi di Gedung Bawaslu beberapa hari terakhir. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Meski bekerja sehari-hari di pusat kota Jakarta, belum tentu anda telah maksimal menjajal seluruh moda transportasi umum di kota ini. Padahal, pemerintah telah banyak membuat kemajuan besar dengan membangun moda transportasi baru di DKI seperti MRT dan LRT.

Kapanlagi Anda bisa foto-foto di dalam MRT di saat sepi penumpang? Selain itu, Anda juga bisa mencoba Transjakarta hingga bajaj-bajaj tradisional di Pasar Baru Jakarta bagi Anda yang senang melancong dan mencicipi kuliner di ibu kota.

2. Staycation di Hotel

Selain menjajal transportasi umum, Anda juga bisa lho memilih tipe liburan klasik yang hemat tanpa harus meninggalkan kota atau negara Anda atau yang bisa dikenal dengan istilah staycation.

Dengan staycation, Anda bisa keluar sejenak dari hiruk-pikuk daerah Anda karena biasanya asisten rumah tangga juga ikut pulang kampung dan menyebabkan banyak pekerjaan rumah sedikit tertunda. Staycation, bisa jadi alternatif pilihan yang tepat bagi Anda yang berhak inspirasi baru dari kota Jakarta.


3. Menyeberang ke Pulau Seribu

Jadi Bali Baru, Destinasi Wisata Kepulauan Seribu Semakin Nyaman dan Rapi
Kepulauan Seribu.

Masih berlokasi di Jakarta, Anda hanya butuh waktu tempuh sekitar 3 jam untuk menyebrang ke Pulau Seribu untuk menikmati keindahan panorama laut disana. Pilih pulau yang masih terkenal bersih seperti Pulau Macan untuk mengoptimalkan Anda menghabiskan waktu pekan Lebaran Anda bersama keluarga juga teman-teman.

4. Berkunjung ke Taman Makam Pahlawan

Momentum Lebaran juga bisa Anda maksimalkan dengan berkunjung ke makam-makam pahlawan yang telah mengharumkan Bangsa Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik dan haus akan informasi sejarah bangsa, Anda misalnya bisa mengunjungi makam Fatmawati Soekarno, Chairil Anwar dan Pramoedya Ananta Toer yakni Sastrawan Indonesia yang terletak di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan.


5. Berkunjung ke Kota Tua

Kota Tua Masih Jadi Lokasi Favorit Warga Nikmati Libur Panjang
Warga naik sepeda hias di pelataran Museum Fatahillah, Jakarta, Selasa (19/6). Kemudahan transportasi dan biaya yang murah menjadikan kawasan ini sebagai lokasi favorit warga untuk menghabiskan waktu libur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terakhir ialah Anda dapat berkunjung ke Kota Tua untuk melihat tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Itu seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Indonesia, Toko Merah, Cafe Batavia, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa. Sambil jalan-jalan mencicipi kuliner disana, Anda bisa mengenang kembali sejarah bangsa sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya