Tips Jitu agar Terlihat Luar Biasa saat Rapat

Rapat merupakan salah satu sarana bagi Anda agar bisa lebih dikenal oleh para rekan kerja dan atasan.

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 29 Jul 2019, 08:30 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2019, 08:30 WIB
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Rapat merupakan salah satu sarana bagi Anda agar bisa lebih dikenal oleh para rekan kerja dan atasan. Selain itu, rapat juga bisa mengembangkan wawasan serta kemampuan komunikasi Anda.

Bahkan, sang atasan bisa menilai potensi karyawan dari sebuah rapat, lho!

Untuk itu, beberapa tips berikut ini bisa Anda jadikan referensi agar mampu terlihat outstanding atau luar biasa saat rapat. Simak ulasannya dari Swara Tunaiku!

Berpenampilan yang Baik

Ketika menghadiri rapat, Anda harus bisa berpenampilan baik. Selain membuat peserta meeting terkesan, penampilan yang baik akan menambah rasa percaya diri. Bagaimana mewujudkannya? Penampilan yang baik bisa diwujudkan sesuai sifat rapat, misalnya jika Anda menghadiri rapat formal, pakailah pakaian rapi dan menarik.

Persiapkan Materi

Jangan sekali-kali nekat membiarkan otak kosong ketika akan menghadiri rapat. Dalam arti lain, sebelumnya Anda harus mempersiapkan materi. Meskipun tidak melakukan presentasi, Anda akan memahami detail konten rapat dengan mempelajari materi terlebih dulu. Pada akhirnya, Anda bisa mengajukan, menjawab pertanyaan, atau menanggapi pernyataan dengan kritis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apresiasi Argumen Orang Lain

Bekerja di Kantor
Ilustrasi Foto Bekerja di Kantor (iStockphoto)

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam rapat. Justru perbedaan ini menjadi kesempatan Anda agar bisa menghargai pendapat orang lain dan memaksakan kehendak, sehingga mampu menjaga situasi tetap kondusif. Dengan begitu, secara otomatis Anda sudah menampakkan sisi positif Anda di hadapan atasan.

Gunakan Bahasa yang Baik

Bahasa yang baik sangat diperlukan ketika Anda mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, menanggapi pernyataan, atau mengungkapkan pendapat. Dengan bahasa yang baik, orang lain akan menghargai apa yang Anda sampaikan dan tentunya terhindar dari pandangan negatif. Sebagai gantinya, Anda akan membuat sang atasan menjadi terkesan.

Berperan Aktif

Demi mencapai mufakat dalam rapat, perlu dilakukan diskusi. Berkaitan dengan tips kedua, Anda pasti bisa tergabung dalam diskusi sebagai anggota rapat yang aktif. Hindari menjadi anggota yang pasif, sebab itu akan mematikan reputasi Anda, terutama di hadapan atasan.

 


Buat Inovasi

[Fimela] Women at Work
Ilustrasi perempuan dalam dunia pekerjaan | unsplash.com

Apabila anggota rapat memberikan argumen yang sama untuk mengatasi suatu masalah, Anda harus berani memberikan yang berbeda. Sesuatu yang berbeda akan membuat rekan kerja termasuk atasan Anda menjadi tertarik, sehingga ide Anda akan didiskusikan lebih lanjut. Ketika mencapai titik tersebut, sudah pasti Anda mendapatkan nilai plus dari sang atasan.

Berikan Solusi

Terkait dengan poin keenam, Anda tidak boleh sembarang memberikan ide sebagai solusi. Meskipun sudah memenuhi syarat yaitu inovatif, ide yang Anda kemukakan tidak boleh berupa ide yang abstrak. Anda harus memberikan ide yang bisa dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi. Dari sana pulalah kualitas dan kemampuan Anda akan terlihat.

Anggukan Kepala

Memberikan anggukan ketika seseorang selesai mengungkapkan opininya juga merupakan salah satu tips jitu agar Anda bisa terlihat outstanding. Hal ini akan menjadi tanda bahwa Anda memperhatikan lawan bicara ketika meeting. Akan tetapi, anggukkanlah kepala sesekali saja, tidak lantas setiap orang selesai bicara Anda menganggukkan kepala.

 


Jangan Malu Bertanya

pekerjaan infp
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

Mengajukan pertanyaan tidak selalu berarti tidak tahu atau tidak paham. Menanyakan sesuatu yang dirasa janggal akan membuat Anda terkesan teliti. Pengetahuan Anda juga akan meningkat dengan kritis bertanya ketika rapat. Hal ini akan mendorong peningkatan kinerja.

Bermain Catatan dan Pulpen

Cara klasik ini juga tak kalah jitunya untuk memberikan kesan outstanding dalam diri Anda. Saat memperhatikan presentasi seseorang, Anda bisa sesekali mencatatnya kemudian memainkan pulpen.

Dengan terlihat outstanding, maka bisa jadi Anda akan mendapatkan promosi dari atasan. Alasannya adalah Anda telah mendapatkan kepercayaan, baik dari atasan maupun rekan kerja. Sangat menggiurkan bukan? Oleh karenanya, Anda patut menerapkan beberapa tips di atas agar bisa mendapatkan kepercayaan dengan terlihat outstanding.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya