CEO Twitter Jack Dorsey Mulai Menambang Bitcoin

Jack Dorsey telah memiliki bitcoin senilai lebih dari USD 170 juta atau kurang lebih Rp 2,45 triliun.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Agu 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2021, 21:00 WIB
Jack Dorsey, CEO Twitter (AP/Richard Drew)
Jack Dorsey, CEO Twitter (AP/Richard Drew)

Liputan6.com, Jakarta Bukan menjadi rahasia lagi kalau Jack Dorsey sangat membanggakan Bitcoin yang merupakan cryptocurrency dengan nilai pasar terbesar. Saat ini, ia sudah berinvestasi di Bitcoin dengan nilai lebih dari USD 170 juta atau Rp 2,45 triliun dengan estimasi kurs 14.459 per dolar AS.

Namun ternyata, Jack Dorsey tak hanya sampai pada investasi saja. Saat ini ia tengah mencoba untuk menambah Bitcoin.

“Saya sedang mencoba menambang dengan akun @compass_mining,” tulis Dorsey dalam cuitannya di Twitter, Kamis (18/08/2021).

Compass Mining merupakan layanan yang menampung, memasok, dan mengoperasikan penambangan cryptocurrency untuk penambang individu. Dengan program ini penambang tidak perlu mengkhawatirkan tentang pembelian dan pemeliharaan peralatan untuk menambang itu sendiri.

Sistem pengoperasian dari Bitcoin menggunakan model proof of work (PoW) yang mana penambang harus bersaing untuk memecahkan teka-teki komplek untuk melakukan validasi transaksi.

Proses yang tidak mudah karena membutuhkan banyak energi dan daya komputer serta biaya yang harus dikeluarkan pun besar. Dengan mengandalkan komputer dengan peralatan yang lainnya untuk penambahan bisa menghasilkan biaya yang lebih mahal lagi. 

Tak heran apabila beberapa orang mengkritik kegiatan penambangan ini karena proses yang dilakukan berbahaya bagi lingkungan. Mengingat, ada beberapa wilayah atau negara yang tidak menyetujui praktek tersebut hingga menolak keras.

Biaya untuk membeli perangkat keras dari penambangan Compass Mining dimulai dari Rp 118,2 juta. Jika ingin kilas balik, penambangan yang dilakukan layanan tersebut sudah memperoleh laba sekitar Rp 475.952 per hari. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mata Uang Digital Bawa Perdamaian Dunia

Bitcoin
Bitcoin

Dengan penambangan ini, para investor Bitcoin dapat memahami lebih mudah prosesnya secara langsung lebih dari sekedar membeli koin digital saja. Kemungkinan lainnya adalah mendapatkan lebih banyak uang karena belakangan ini bitcoin mencapai harga yang lebih tinggi dibandingkan cryptocurrency lainnya.

Keputusan yang dikeluarkan Dorsey adalah hal yang mengejutkan karena telah berulang kali mendukung Bitcoin secara pribadi dan profesional. Salah satu konferensi yang dihadiri oleh tokoh penting, ‘The B-Word’. Dorsey menegaskan bahwa dirinya muncul sebuah hasrat untuk membawa perdamaian dunia. 

Harapannya dengan mendukung peradaban mata uang digital, hal tersebut dapat berdampak bagi perdamaian dunia.

“Saya ingin melihat bitcoin sebagai cara untuk melindungi devaluasi mata uang dan mempercepat transfer dana tanpa batas,” ujar Dorsey di Konferensi Bitcoin 2021, Juni lalu.

Reporter: Caroline Saskia 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya