3 Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu

Berikut cara cek penerima BLT minyak goreng dari pemerintah. Pemberian BLT minyak goreng Rp 300 ribu dilakukan sekaligus dalam 3 bulan.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Apr 2022, 09:58 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2022, 09:58 WIB
BLT Minyak Goreng
Pedagang menata minyak goreng di sebuah pasar di Kota Tangerang, Banten. Pemerintah memutuskan memberikan bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng kepada total 23 juta penerima. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memutuskan memberikan bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng kepada total 23 juta penerima. Ini merespons kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng beberapa waktu terakhir.

"Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng. Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar bantuan pangan non-tunai (BPNT), dan program keluarga harapan (PKH)," kata Jokowi, Jumat (1/4/2022).

Adapun besaran bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp 100 ribu setiap bulan. Namun pemberian BLT minyak goreng Rp 300 ribu dilakukan sekaligus dalam 3 bulan.

Seperti pada periode April, Mei dan Juni yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300 ribu.

BLT minyak goreng ini termasuk untuk 20,5 juta keluarga yang berhak menerima BLT. Serta penjual gorengan yang berdagang di pinggir jalan. "Juga untuk 2,5 juta pedagang kami lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan," imbuh Jokowi.

Masyarakat bisa memeriksa apakah menjadi penerima BLT minyak goreng dengan beberapa cara.  Berikut 3 cara cek penerima BLT minyak goreng Rp 300 ribu.

1. Datang ke Kantor Dinas Sosial Setempat

Cara pertama yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengetahui sebagai penerima BLT minyak goreng adalah mendatangi kantor dinas sosial setempat.

Kepada petugas, Anda bisa menanyakan apakah terdaftar dalam DTKS dan termasuk penerima BPNT 2022 atau Bantuan Kartu Sembako.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Melalui laman Cekbansos.kemensos.go.id

Cara cek penerima BLT atau Bansos 2022 melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
Cara cek penerima BLT atau Bansos 2022 melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Adapun cara kedua mengetahui penerima BLT atau Bansos 2022 melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut caranya:

  • Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan alamat lengkap penerima manfaat, termasuk provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.
  • Masukkan nama penerima manfaat atau PM sesuai KTP
  • Masukkan 8 huruf kode yang dipisahkan dengan spasi. Klik ikon captcha. Pastikan kode yang diketik benar
  • Klik 'Cari Data' untuk memulai pencarian.

      Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah  termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya".

 


3. Lewat Aplikasi

Ditemani Erick Thohir, Jokowi Bagi-Bagi Bantuan ke Pedagang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, Senin (24/1/2022). Bantuan yang diberikan sebesar Rp1,2 juta per orang. (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Adapun cara Cek Cek BLT atau Bansos minyak goreng kedua adalah melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh di PlayStore atau AppleStore.

Berikut caranya:

  • Unduh dan daftar sebagai penerima melalui aplikasi di ponsel Anda Pilih menu "Cek Bansos"
  • Bila sudah terdaftar masukkan data diri seperti wilayah dan nama sesuai KTP
  • Klik Cari Data untuk memeriksa apakah termasuk salah satu penerima BPNT 2022.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya