Ragam Harga Motor Listrik di Indonesia, dari Gesits Hingga Volta

Berikut adalah beberapa merek motor listrik di Indonesia serta rincian harganya.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 05 Sep 2022, 13:41 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 13:41 WIB
Sepeda motor listrik Gesits yang dibeli pemerintah provinsi Aceh. (Dok. Gesits)
Sepeda motor listrik Gesits. Ketahui Ragam Harga Motor Listrik di Indonesia.(Dok. Gesits)

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik menarik perhatian masyarakat, sebagai salah satu pilihan kendaraan alternatif setelah kenaikan harga BBM untuk kendaraan berbensin. 

Seperti diketahui, mulai 3 September 2022 Pemerintah resmi menaikkan harga BBM. Kenaikan harga ini tidak hanya terjadi untuk jenis BBM bersubsidi yaitu Pertalite dan solar, tetapi juga harga BBM nonsubsidi yaitu Pertamax.

Kini harga BBM Pertalite naik dari Rp 7.600 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kemudian harga Solar subsidi naik dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter. Harga BBM Pertamax nonsubsidi naik dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Penggunaan kendaraan listrik dengan daya baterai memiliki sejumlah manfaat, salah satunya menghemat pengeluaran untuk BBM dan bisa menjaga udara bersih.

Lantas berapa harga motor listrik di Indonesia? dan apa saja teknologi yang ditawarkan dari motor listrik?

Berikut adalah beberapa merek motor listrik di Indonesia serta rincian harganya, yang dirangkum yang dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022) : 

Gesits

Dikutip dari laman gesitsmotors.com, motor LIstrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Sekali pengisian daya, motor listrik Gesits bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Motor listrik Gesit memiliki baterai jenis lithium-ion 72 Volt/20 Ah dan mampu menempuh jarak hingga 50 Km/ 1 Baterai. Adapun waktu pengisian baterai motor listrik ini selama 3-4 jam. 

Merek motor listrik ini pun merupakan karya anak bangsa. Yakni kerja sama yang di prakarsai oleh kementerian riset dan teknlogi bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Sepeda motor ini diproduksi di pabrik perakitan yang berada di Cilengsi, Bogor, Jawa Barat.

Harga motor listrik Gesits ditawarkan di kisaran Rp 24-28 juta. 

 

 

 


Motor Listrik Volta 401

Motor listrik Volta menjadi solusi yang tepat bagi SiCepat dalam penghematan biaya operasional.
Motor listrik.

Dilansir dari laman voltaindonesia.com, Volta 401 merupakan salah satu merek motor listrik yang dilengkapi dengan fitur modern. Salah satu fitur ini adalah LED Digital Spedometer yang digunakan untuk memaksimalkan tampilan saat bekendara, dikutip dari laman remsi voltaindonesia.com.

Adapun fitur teknologi lainnya yaitu tombol percepatan yang digunakan untuk mengatur kecepatan saat bekendara dan tombol parkir yang digunakan untuk mengunci gas saat parkir.

Volta 401 memiliki kecepatan maksimal 60 km/jam, dengan jenis baterai 60V 23Ah.

Harga motor listrik ini ditawarkan mulai dari Rp 15.750.000.

 


Motor Listrik Alva One

Alva One
Motor listrik Alva One debut di GIIAS 2022. (Septian/Liputan6.com)

 Ilectra Motor Group (IMG) memanfaatkan panggung GIIAS 2022 untuk memperkenalkan merek motor listrik ALVA dengan produk pertamanya ALVA ONE.

Purbaja Pantja, Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group (IMG) menjelaskan, “Melihat potensi yang besar mengenai perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dan sejalan dengan fokus GIIAS 2022 dalam mengedepankan teknologi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), IMG turut mengambil peran dengan menjadikan momentum ini untuk memperkenalkan merek ALVA dan produk pertama kami ALVA ONE untuk kita semua.”

ALVA ONE dirancang untuk membawa tren baru dalam berkendara. Dibekali dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport motor ini menawarkan sensasi bermotor yang menyenangkan.

Setiap modenya memberikan performa yang efektif sesuai dengan tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Dibekali dengan torsi 46,5 Nm dan kecepatan yang tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak tempuh sejauh 70 km dengan pengisian sekitar 4 jam.

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat perkotaan, ALVA ONE memiliki lampu LED di bagian depan dan belakang motor untuk memaksimalkan pencahayaan. Usia pemakaiannya pun diklaim lebih lama. Menariknya, ada air intake di bagian pinggir motor yang membuat motor terlihat lebih futuristik.

“Kenyamanan menjadi perhatian khusus bagi kami, dimulai dari riding position berkendara yang ergonomis, serta ukuran roda motor yang optimal membuat pengguna lebih mudah bermanuver melewati jalanan di Indonesia,” tutur Purbaja.

ALVA juga menyiapkan call center dan road emergency assistance selama 24 jam untuk menjamin kenyamanan pengguna selama beraktivitas.

Brand ini tidak hanya menghadirkan motor tapi juga konektivitas dengan aplikasi yang bisa digunakan penggunanya untuk menyalakan dan mematikan motor dari smartphone.

Selain itu, juga ada fitur bike sharing access, GPS locator & tracker, ALVA Roadside Assistance, ALVA Experience Center Locator, hingga bisa melihat Monthly Saving Estimator.

ALVA ONE menghadirkan lima opsi warna yang mencerminkan modernitas dan futuristik; putih (halo white), hitam (supernova black), biru turquoise (edgy turquoise), biru (casual blue), dan merah (indie red).

Saat ini ALVA ONE dibanderol Rp 34.990.000 on the road Jakarta. 


Motor Listrik Viar Q1

Viar Q1
Motor listrik Viar Q1. (Weente/oto.com)

Skutik listrik ini berdaya 800 watt dengan baterai Lithium-ion 60v 23Ah. Viar mengklaim Q1 bisa mencapai kecepatan maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 60 km. Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.

Viar New Q1 bisa dipinang di berbagai situs e-commerce dengan harga Rp 21.520.000.

Motor Listrik Rakata X5

Rakata X5 dibekali Bosch 1750w dengan baterai Lithium-ion berukuran 60v 20Ah. Kombinasi tersebut mampu mendorong X5 hingga 50 km/jam dengan jarak tempuh maksimal di kisaran 60-70 km.

Sama seperti Viar Q1, Rakata dijual di berbagai situs e-commerce dengan harga Rp 22.100.000.

 

Infografis Perbandingan Harga BBM di SPBU Wilayah Jakarta per 3 September 2022 Pukul 14.30 WIB. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perbandingan Harga BBM di SPBU Wilayah Jakarta per 3 September 2022 Pukul 14.30 WIB. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya