Daftar 10 Kota Terkaya di Dunia, Tampung Hingga Ratusan Ribu Miliarder

Intip sederet kota terkaya di dunia, yang menampung populasi miliarder terbanyak.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 16 Sep 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 21:00 WIB
FOTO: Pesta Kembang Api Meriahkan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Kembang api meledak di atas cakrawala Kota New York saat pertunjukan kembang api pada Hari Kemerdekaan terlihat dari Weehawken, N.J., Amerika Serikat, 4 Juli 2022. Pusat keuangan AS tersebut juga diakui sebagai kota terkaya di dunia dengan beberapa ukuran.(AP Photo/Charles Sykes)

Liputan6.com, Jakarta - Kota New York di Amerika Serikat menjadi rumah bagi warga dengan kekayaan bersih paling tinggi di dunia. Hal itu diungkapkan dalam laporan terbaru dari konsultan migrasi investasi Henley & Partners.

Dilansir dari CNBC International, Kamis (15/9/2022) laporan Henley & Partners menyebutkan bahwa ada sekitar 345.600 jutawan dengan kekayaan USD 100 juta atau lebih dan 59 miliarder yang tinggal di New York.

Pusat keuangan AS tersebut juga diakui sebagai kota terkaya di dunia dengan beberapa ukuran.

Laporan tersebut juga menemukan bahwa sekitar 4 persen dari 8,38 juta warga New York memiliki aset yang dapat diinvestasikan – properti, uang tunai, atau saham – senilai lebih dari USD 1 juta.

Jumlahnya turun secara signifikan menjadi 15.470 ketika menilai mereka yang memiliki aset lebih dari USD 10 juta.

Total kekayaan pribadi yang dimiliki oleh penduduk New York ditemukan melebihi USD 3 triliun.

Hebatnya, angka itu melebihi dari total kekayaan pribadi yang dimiliki di sebagian besar negara G-20.

Berpindah ke ibu kota Jepang, Tokyo, yang menjadi peringkat kedua kota terkaya dunia dengan 304.900 warga dengan kekayaan bersih tinggi.

Dibandingkan dengan New York, proporsi yang jauh lebih kecil dari mereka yang tinggal di Tokyo memiliki aset senilai lebih dari USD 10 juta.

Henley & Partners dalam laporannya mengungkapkan bahwa 7.350 orang di Tokyo adalah multi-jutawan, 263 orang memiliki harta bernilai di atas USD 100 juta dan 12 lainnya adalah miliarder.

Berikut adalah sederet kota terkaya di dunia, menurut laporan terbaru Henley & Partners :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10 Kota Terkaya di Dunia

FOTO: Dukung Petugas Medis, Balai Kota Los Angeles Menyala Biru
Balai Kota Los Angeles menyala biru saat Broadway terlihat sepi, Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat (10/4/2020). Balai Kota dan beberapa landmark Los Angeles menyala biru untuk menunjukkan dukungan kepada petugas medis mengahadapi virus corona COVID-19. (AP Photo/Mark J. Terrill)

1. New York, Amerika Serikat (345.600 jutawan/miliarder)

2. Tokyo, Jepang (304.900 miliarder)

3. Wilayah Teluk San Francisco, AS (276.400 miliarder)

4. London, Inggris (272.400 miliarder)

5. Singapura (249.800 miliarder)

6. Los Angeles, Amerika Serikat (192.400 miliarder)

7. Chicago, Amerika Serikat (160.100 miliarder)

8. Houston, Amerika Serikat (132.600 miliarder)

9. Beijing, China (131.500 miliarder)

10. Shanghai, China (130,100 miliarder)


Kota dengan Pertumbuhan Populasi Milarder Tercepat

Pemandangan kota Dubai dari lantai 124 Burj Khalifa (Foto: Nurmayanti/Liputan6.com)
Pemandangan kota Dubai dari lantai 124 Burj Khalifa (Foto: Nurmayanti/Liputan6.com)

Houston juga memiliki salah satu populasi miliarder dengan pertumbuhan tercepat – dengan kekayaan bersih tinggi yang telah meningkat sebesar 6 persen sepanjang tahun ini, menurut laporan Henley & Partners.

Austin, Miami, West Palm Beach, dan Greenwich adalah kota-kota di AS lainnya yang telah mengalami peningkatan besar-besaran dari tahun ke tahun pada individu-individu dengan kekayaan bersih tinggi.

Laporan tersebut menghubungkan ini dengan perusahaan-perusahaan besar Amerika yang memindahkan kantor pusat mereka ke kota-kota ini.

Sejak awal pandemi Covid-19 dan peralihan kerja yang menjadi fleksibel, perusahaan membutuhkan lebih sedikit ruang kantor dan banyak karyawan pindah ke kota-kota kecil untuk meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan biaya hidup.

Tren ini sangat umum di sektor teknologi, dengan Oracle dan Tesla pindah dari California ke Austin, dan Hewlett-Packard Enterprise pindah ke Houston awal tahun ini.

Selain itu, kota-kota ini juga menjadi tujuan pensiun utama, ungkap Andrew Amoils, kepala penelitian di firma intelijen kekayaan New World Wealth, yang berkolaborasi dalam laporan dengan Henley & Partners.

"Florida adalah tujuan yang semakin populer bagi pensiunan individu berpenghasilan tinggi, terutama mereka yang berasal dari kota-kota di Timur AS," katanya.

Namun, lima kota teratas dengan pertumbuhan populasi miliarder tercepat tidak berlokasi di AS.

Kota Riyadh di Arab Saudi, Sharjah dan Dubai di Uni Emirat Arab, Lusaka di Zambia, dan Luanda di Angola berada di urutan teratas. Pada paruh pertama tahun 2022,  kota-kota melihat peningkatan hingga 20 persen dalam hal populasi miliarder.

Laporan tersebut mengaitkan hal ini dengan industri minyak dan gas yang berkembang pesat, yang telah berkembang seiring dengan melonjaknya harga energi dan mendorong pasar saham di sektor tersebut.

Infografis miliarder dunia
Jumlah miliarder dunia di setiap benua (liputan6,com/Deisy)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya