Pertamina Hulu Rokan Angkat 203 Kg Sampah dari Ciliwung

sampah dari Sungai Ciliwung yang terangkut dimasukan ke dalam 28 karung. Nantinya Pertamina Hulu Rokan akan memilah dan didaur ulang.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 22 Jan 2023, 07:30 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 07:30 WIB
Pertamina Hulu Rokan bersama Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian melakukan susur sungai dan aksi bersih di Sungai Ciliwung, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)
Pertamina Hulu Rokan bersama Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian melakukan susur sungai dan aksi bersih di Sungai Ciliwung, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Depok - Kepedulian terhadap kebersihan Sungai Ciliwung ditunjukan PT Pertamina Hulu Rokan bersama Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sampah sebanyak 203,6 kilogram berhasil diangkut dari Sungai Ciliwung, Kota Depok.

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin mengatakan, kegiatan susur sungai dan aksi bersih bekerjasama dengan KLHK khususnya Ditjen PPKL. Aksi bersih dilakukan disungai Ciliwung yang bersinergi dengan komunitas di Kota Depok.

“Kita membersihkan sungai dan berhasil mengangkut sampah seberat 203,6 kilogram sampah,” ujar Jaffee Arizon Suardin kepada Liputan6.com, ditulis Minggu (22/1/2023).

Jaffee Arizon Suardin menjelaskan, sampah yang terangkut dimasukan ke dalam 28 karung. Nantinya sampah tersebut akan dipilah dan didaur ulang kembali.

“Jadi kami turut konsen akan kelestarian lingkungan salah satunya sungai,” jelas Jaffee Arizon Suardin.

Jaffee Arizon Suardin mengakui, karakteristik sungai di Sumatera berbeda dengan Sungai Ciliwung di Kota Depok. Namun pihaknya akan membantu program yang sudah berjalan sehingga menjadi lebih baik untuk kelestarian lingkungan.

“Tentunya kami mensupport program yang sudah berjalan sehingga bisa menjadi lebih baik,” ucap Jaffee Arizon Suardin.

Pertamina Hulu Rokan selain berusaha meningkatkan produksi, turut memperhatikan lingkungan. Pertamina Hulu Rokan sebelumnya telah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sebanyak 37.000 tenaga pekerja.

“Selain itu, Kami sudah memasang PLTS dan pelestarian lingkungan, serta pengelolaan air,” ucap Jaffee Arizon Suardin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peduli Satwa Sumatera

Sungai Ciliwung, Kota Depok
PT Pertamina Hulu Rokan bersama Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian melakukan susur sungai dan aksi bersih di Sungai Ciliwung, Kota Depok. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Jaffee Arizon Suardin menuturkan, selain peduli dengan sungai, Pertamina Hulu Rokan peduli akan satwa yang ada di Sumatera. Jaffee Arizon Suardin mencontohkan, Pertamina Hulu rokan ikut membantu menjaga kelestarian gajah untuk dapat berkembang biak.

“Gajah tetap dapat berjalan kelestariannya walaupun ada jalan tol, bahkan sempat dilihat Pak Presiden saat beliau berkunjung ke Riau kemarin,” tutur Jaffee Arizon Suardin.

Sementara, Ditjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Reliantoro mengatakan, kegiatan susur sungai dan aksi bersih untuk memperkenalkan kepada subsektor Pertamina. Dari kegiatan tersebut Pertamina dapat merealisasikan di daerah yang memiliki karakteristik sungai.

“Dengan begitu ada binaan dan kita berharap jika gerakannya berasal dari masyarakat sehingga sungai akan lebih bersih lagi, karena masyarakat sendiri yang menjaga,” ujar Sigit.

 


Pantau 14.000 Sungai

PHR
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (DitJen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Aksi Susur Sungai dan Gerakan Bersih Sungai Ciliwung, Sabtu, 21 Januari 2023.

Sigit menuturkan, sungai kerap dijadikan masyarakat yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah. Namun apabila sungai dijadikan wisata untuk dinikmati keindahannya, akan mengurangi sampah di sungai.

“Kalau sungai dijadikan tempat wisata kita bisa dapat menikmati keindahannya, orang akan malu untuk membuang sampah ke sungai,” tutur Sigit.

KHLH telah memiliki sekitar 14.000 pemantauan sungai di Indonesia. Adanya pemantauan tersebut KLHK akan mengetahui dan memantau kualitas sungai dan berusaha mengatasi permasalahan sungai.

“Kami turut mendorong komunitas untuk menjaga sungai, biasanya kalau berangkat dari komunitas hasilnya jauh lebih baik,” pungkas Sigit.

Infografis Journal_ Fakta Tingginya Sampah Sisa Makanan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Journal_ Fakta Tingginya Sampah Sisa Makanan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya