KAI Jamin Tak Ada Calo Tiket Mudik Lebaran Kereta Api 2023

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api pada masa Angkutan Mudik Lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan.

oleh Tira Santia diperbarui 23 Mar 2023, 20:31 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 20:31 WIB
Mulai Hari Ini, Tiket Kereta Lebaran 2023 Sudah Bisa Dipesan
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api pada masa Angkutan Mudik Lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api pada masa Angkutan Mudik Lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan. 

Untuk menangkal praktik percaloan tiket, KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas. 

VP Public Relations KAI  Joni Martinus, menjelaskan pemesanan tiket mudik lebaran secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. 

Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

"KAI menjamin tidak ada celah buat calo , juga menegaskan tidak ada oknum internal yang terlibat dalam praktik percaloan tiket kereta api ataupun penjatahan tiket untuk pegawai," kata Joni, Kamis (23/3/2023).

Ancaman Hukuman

Dia menegaskan, jika ada oknum internal yang terindikasi melakukan percaloan, maka manajemen memastikan akan memprosesnya dan memberikan sanksi tegas bahkan berujung pada pemecatan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan sistem penjualan tiket KAI," ujarnya.

Jikapun masyarakat menemukan indikasi percaloan tiket kereta api, kami mohon untuk segera melaporkan ke Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121, guna  segera kami tindak lanjuti. 

"Kami juga menyediakan reward bagi masyarkat yang menangkap calo tiket kereta api,” pungkas Joni.


Kemenhub Tambah 46 Kereta Api Mudik Lebaran, Total 503 Angkutan per Hari

Mulai Hari Ini, Tiket Kereta Lebaran 2023 Sudah Bisa Dipesan
Calon penumpang melakukan pencetakan tiket kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/2/2023). PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menjual tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan H-10 pada periode Idul Fitri 2023. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan sejumlah moda transportasi tambahan guna menopang angkutan mudik Lebaran 2023. Salah satunya kereta api atau KA jarak jauh.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 56 kereta api tambahan untuk armada mudik.

"Ada (tambahan) dari 453 tambahannya 56. Jadi total 509 kereta api per hari yang kita siapkan," ujar Djarot di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Sebanyak 509 unit kereta api itu, kata Djarot, bukan hanya dioperasikan untuk Pulau Jawa saja, tapi seluruh wilayah yang sudah tersambung jaringan perkeretaapian.

Khusus untuk angkutan tambahan, ia menyebut penjualan tiketnya akan dibuka bila permintaan terus bertambah. "Memang ada beberapa yang lihat sikon juga," ungkapnya.

 


Berbagai Kereta Api

KAI
Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan H-10 pada momen lebaran1444 H per hari ini 26 Februari 2023 sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. (Dok. KAI)

Adapun jumlah 509 kereta api per hari yang disiapkan terdiri dari KA yang dimiliki PT KAI (Persero). Termasuk KA Ekonomi Merak, Prambanan Ekspres, lokal Daop 2, Lokal Daop 8 yang dikelola oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), dan KA Bandara YIA yang kelola oleh Railink.

Lebih lanjut, Djarot menyampaikan, antusiasme pengguna untuk menaiki KA jarak jauh untuk musim mudik Lebaran kali ini memang tinggi. Namun, ia menyebut alokasi tiket masih tersedia untuk waktu-waktu tertentu.

"Asal masih ada tempat kita, asal masih ada ya. Sekarang kan pesannya jauh-jauh hari sebelumnya. Biasanya untuk tanggal-tanggal tertentu masih ada," pungkas Djarot.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya