Ingat! Karyawan Jangan Berteman Dekat dengan Bos dan Ini Alasannya

Ini mungkin tampak kasar, tapi ini hanya bisnis, jelasnya. Pemimpin di tempat kerja bertanggung jawab atas hasil, termasuk kinerja Anda dan karyawan lain. Persahabatan top-down dapat membuat hasil ini tampak bias.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 12 Mei 2023, 07:02 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi karyawan baru
Ilustrasi karyawan baru

Liputan6.com, Jakarta Menciptakan hubungan yang baik antara karyawan dengan bos adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan atasan. Mengapa demikian?

Tidak peduli seberapa hebat hubungan Anda dengan bos, umumnya bukan ide terbaik untuk berteman dengan mereka.

Hal itu karena hubungan pribadi dapat membuat segalanya menjadi rumit ketika mereka mungkin perlu membuat keputusan sulit. Ini diungkapkan pelatih kepemimpinan dan tempat kerja Phoebe Gavin.

“Pada akhirnya, jika bos dari bos Anda berkata, ‘Hei, kami tidak mampu mempekerjakan teman Anda lagi. Anda harus memberhentikan mereka’, Anda tahu apa yang akan dilakukan bos Anda? Mereka akan memberhentikanmu,” kata Gavin seperti dilansir CNBC Make It, Jumat (12/5/2023).

“Mereka mungkin menangis bersama denganmu, tetapi mereka pasti akan memberimu slip merah muda (pemecatan) itu,” imbuh dia.

Ini mungkin tampak kasar, tapi ini tetap bisnis. Pemimpin di tempat kerja bertanggung jawab atas hasil, termasuk kinerja Anda dan karyawan lain. Persahabatan top-down dapat membuat hasil ini tampak bias.

Menurut survei Spherion 2015 yang diterbitkan di Franchise.com, di AS sendiri, 3 dari 5 karyawan percaya bahwa sampai batas tertentu, pekerja yang berteman dengan bos menerima perlakuan khusus dibandingkan dengan yang menjaga hal-hal yang sebagian besar profesional.

Dari karyawan tersebut, 56 persen mengatakan bahwa pekerja mendapatkan lebih banyak perhatian. Sedangkan 52 persen lagi mengatakan bahwa mereka mendapatkan jadwal yang lebih fleksibel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Munculkan Masalah

Ilustrasi Bos di kantor.
Ilustrasi Bos di kantor.

Selain berpotensi memicu tuduhan pilih kasih, persahabatan bos-karyawan cenderung menimbulkan masalah, tambah Gavin.

“Akhirnya akan ada saatnya ketika kedua motif itu berkonflik,” katanya. “Di mana keinginan mereka untuk melakukan yang benar oleh Anda akan bertentangan dengan tanggung jawab mereka terhadap pekerjaan mereka.”

Untuk menghindari “kecanggungan” yang mungkin timbul dari hal ini, pilihlah untuk “mengembangkan hubungan yang hangat dan ramah dengan bos Anda”, daripada menjadi sahabat, katanya. Ini dimulai dengan menganalisis budaya perusahaan dan menetapkan batasan yang sesuai dengan diri Anda dan atasan.

“Tanyakan pada dirimu sendiri ‘Apa budaya perusahaan ini? Dan apa budaya industrinya?’ Dan kemudian Anda periksa diri sendiri,” kata Gavin. “Hanya karena semua orang santai dan berbicara tentang cara mereka terbuang percuma di akhir pekan, bukan berarti kamu harus melakukan itu.”

Sementara itu, hubungan Anda dengan penyelia pun harus didasarkan hanya sebatas pekerjaan, “bukan seberapa baik kepribadian Anda menyatu,” tambahnya.

Hubungan interpersonal memang penting di tempat kerja, tetapi hal itu tidak bisa menjadi dasar hubungan profesional Anda dengan atasan atau kolega, kata Gavin. “Fondasinya haruslah kinerja,” pungkasnya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya