Profil Erdogan, Presiden Turki yang Kembali Terpilih untuk Periode Ketiga

Dewan Pemilihan Umum (Pemilu) Turki menyatakan Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden Turki 2023.Erdogan pun kembali menjadi presiden untuk tiga periode.

oleh Agustina Melani diperbarui 29 Mei 2023, 16:31 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023, 16:29 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan putaran kedua dan menjadi presiden untuk periode ketiga.(Dok: Instagram @rterdogan)

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pemilihan Umum (Pemilu) Turki mengonfirmasi Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden Turki 2023. Dengan kemenangan itu memperpanjang kekuasaan Recep Tayyip Erdogan hingga periode ketiga setelah hadapi persaingan ketat dalam kariernya.

Dikutip dari CNBC, Senin (29/5/2023), Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki dalam pemilihan putaran kedua dengan 52,14 persen suara. Demikian disampaikan Kepala Dewan Pemilihan Tinggi Ahmet Yener.

Yener menuturkan, dengan 99,43 persen kotak suara dibuka, saingan Erdogan yakni Kilicdaroglu menerima 47,86 persen suara. Dengan selisih lebih dari 2 juta suara antar kandidat, sisa suara yang tidak dihitung tidak akan mengubah hasil.

Pada Minggu pagi, penyiar publik Turki menyerukan pemilihan presiden untuk petahana Erdogan. Analis melihat kemenangan Erdogan yang berusia 69 tahun sama sekali tidak ada setelah pemungutan suara pertama pada 14 Mei 2023 yang membuatnya unggul lima poin persentase dari saingannya, dalam pukulan besar bagi oposisi.

Kilicdaroglu dan partainya CHP telah menjanjikan perubahan, perbaikan ekonomi, penyelamatan norma-norma demokrasi dan hubungan lebih dekat dengan barat, sesuatu yang diharapkan banyak orang untuk membawa mereka menuju kemenangan, terutama karena kebijakan ekonomi Erdogan selama bertahun-tahun membantu menciptakan krisis biaya hidup di Turi. Akan tetapi, pada akhirnya itu tidak cukup.

Popularitas pemimpin Partai AK tetap hidup dan sehat, meskipun publik marah atas lambatnya tanggapan pemerintah menyusul serangkaian gempa dahsyat pada Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Banyak orang di Turki, dan dunia Muslim secara lebih luas melihat Erdogan sebagai pelindung  umat Islam yang setia yang mengangkat Turki secara global dan melawan barat, meskipun telah lama menjadi sekutu barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keputusan Besar di Depan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dok: Kemkominfo TV

Erdogan tidak kekurangan pekerjaan di depannya dan keputusannya akan terus berdampak jauh melampaui batas Turki. Negara berpenduduk 85 juta orang itu membanggakan militer terbesar kedua NATO, menampung 4 juta pengungsi dan 50 hulu ledak nuklir Amerika Serikat. Serta mengambil peran kunci dalam mediasi Rusia-Ukraina.

Sekutu barat sekarang juga akan menunggu untuk melihat apakah Erdogan akhirnya setuju menerima Swedia bergabung dengan NATO.

Adapun Erdogan menjabat sebagai perdana menteri Turki dari 2003-2014. Ia menjadi presiden sejak 2014. Erdogan menjadi terkenal sebagai wali kota Istanbul pada 1990-an dan pada dekade pertama millennium baru telah mengubah ekonomi Turki menjadi kekuatan pasar yang sedang berkembang.

Pada tahun-tahun terakhir kepemimpinan Erdoga, jauh lebih tidak menyenangkan bagi pemimpin yang konservatif secara religious yang kebijakan ekonominya sendiri telah berkontribusi pada inflasi yang melampaui 80 persen pada 2022. Mata uang Turki Lira susut 77 persen terhadap dolar Amerika Serikat selama lima tahun terakhir.

Suara-suara internasional dan domestik juga membunyikan alarm kalau demokrasi Turki di bawah Erdogan terlihat kurang demokratis dari hari ke hari.

Penangkapan jurnalis yang sering terjadi, penutupan paksa banyak media independent dan tindakan keras terhadap gerakan protes di masa lalu, serta referendum konstitusi pada 2017 yang memperluas kekuasaan kepresidenan Erdogan secara luas menandakan apa yang dikatakan banyak orang sebagai kemunduran menuju otokrasi.

Presiden Turki menolak kritik tersebut. Namun, dengan mandat baru untuk memimpin dan reformasi sebelumnya yang konsolidasikan kekuasaan presiden, sangat sedikit yang halangi Erdogan yang lebih kuat dari pada sebelumnya.


Profil Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di G20 Bali. Ia membahas roket yang menghantam Polandia.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di G20 Bali. Ia membahas roket yang menghantam Polandia. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Menarik untuk diketahui profil Presiden Turki Tayyip Erdogan yang telah menarik perhatian dunia ini dikutip dari laman BBC:

Dari awal yang sederhana, Recep Tayyip Erdogan telah tumbuh menjadi sosok raksasa politik, memimpin Turki selama 20 tahun dan membentuk kembali negaranya lebih dari pemimpin mana pun sejak Mustafa Kemal Ataturk, bapak Republik Modern yang dihormati.

Meski diterpa serangkaian krisis, Erdogan masih unggul di putaran pertama pemilihan presiden 2023 dan akan mempertahankan kekuasaannya. Ia berada dalam posisi paling rentan selama bertahun-tahun lawannya yakin dapat mengalahkannya.

Pria kelahiran 26 Februari 1954 ini dibesarkan sebagai putra seorang penjaga pantai Laut Hitam Turki. Ketika dia berusia 13 tahun, sang ayah memutuskan untuk pindah ke Istanbul, berharap dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada lima anaknya.

Erdogan muda menjual roti limun dan wijen untuk mendapatkan uang tambahan. Ia bersekolah di sekolah dasar Kasimpasa Piyale pada 1965 dan menyelesaikan pendidikan sekolah menengah di Sekolah Menengah Imam Hatip Istanbul (Sekolah Menengah Kejuruan Keagamaan) pada 1973.

Setelah berhasil dalam ujian yang diperlukan untuk kursus tambahan, Erdogan terima diploma dari Eyup High School. Erdogan memperoleh gelar diploma manajemen dari Universitas Marmara Istanbul pada 1981. Selain itu, ia juga bermain sepak bola profesional.


Tertarik pada Sepak Bola dan Menjadi Wali Kota Istanbul

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (AP/Yasin Bulbul)

Dikutip dari laman tccb.gov.tr, sejak masa muda, Erdogan telah memilih menjalani kehidupan sosial yang terkait dengan politik. Dari 1969-1982, ia juga aktif tertarik pada sepak bola yang mengajari pentingnya kerja tim dan semangat pada masa mudanya. Tahun-tahun ini bertepatan dengan saat Erdogan sebagai pemuda idealis mulai tertarik pada masalah sosial dan nasional terjun ke politik.

Pada 1970-an dan 80-an, Erdogan aktif di kalangan Islamis, bergabung dengan Partai Kesejahteraan pro-Islam pimpinan Necmettin Erbakan. Ketika partai itu semakin populer pada 1990-an, Erdogan terpilih sebagai wali kota Istanbul pada 1994, dan memimpin kota itu selama empat tahun berikutnya.

Akan tetapi, masa jabatannya berakhir saat dihukum karena membacakan puisi nasionalis di depan umum dan hasut kebencian rasial. Setelah menjalani empat bulan di penjara, dia kembali ke dunia politik. Namun, partainya telah dilarang karena melanggar prinsip-prinsip sekuler yang ketat dari negara Turki modern.

Pada Agustus 2001, ia mendirikan partai baru yang berakar pada Islam dengan sekutu Abdullah Gul. Pada 2002, AKP memenangkan mayoritas dalam pemilihan parlemen. Pada 2003, Erdogan diangkat sebagai perdana menteri. Ia tetap menjadi ketua AKP atau Justice and Development Party hingga hari ini.


Erdogan Jadi Perdana Menteri

Angkat Bicara, Pejabat Dunia Kecam Kebijakan Trump Soal Yerusalem
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberi keterangan saat menggelar pertemuan di Ankara, Turki (5/12). Karena kebijakan Trump soal Yerusalem, Erdogan akan memutus semua hubungan diplomatik dengan Israel. (Yasin Bulbul / Pool via AP)

Saat menjadi Perdana Menteri Turki pada 15 Maret 2003, ia menerapkan sejumlah reformasi yang sangat penting dalam waktu singkat. Hal ini sesuai cita-citanya tentang Turki yang lebih cerah dan terus berkembang.

Turki membuat kemajuan besar dalam demokratisasi, transparansi dan pencegahan korupsi. Sejalan dengan itu, inflasi yang tidak kunjung teratasi dan telah merugikan ekonomi Turki dan psikologi masyarakat selama puluhan tahun dapat dikendalikan.

Enam angka nol dihapus dari utang Lira, dan mengembalikan mata uang Turki Lira dalam kreditnya. Tingkat bunga utang diturunkan dan peningkatan yang cukup besar dalam pendapatan nasional per kapita tercapai.

Bendungan, perumahan, sekolah, jalan, rumah sakit, dan pembangkit listrik yang dibangun dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Semua perkembangan ini digambarkan oleh banyak pengamat asing dan pemimpin barat sebagai Revolusi Sunyi.

Saat Dekade Pertama Berkuasa

Sejak 2003, ia habiskan tiga masa jabatan sebagai perdana menteri. Ia memimpin dengan periode pertumbuhan ekonomi yang stabil dan mendapatkan pujian internasional sebagai seorang reformis.

Kelas menengah berkembang dan jutaan orang keluar dari kemiskinan, karena Erdogan memprioritaskan proyek infrastruktur raksasa untuk memodernisasi Turki.


Kontroversi Erdogan

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Source: AP Photo/Burhan Ozbilici)

Akan tetapi, kritikus memperingatkan dia menjadi semakin otokratis. Pada 2013, pengunjuk rasa turun ke jalan, sebagian karena rencana pemerintahnya untuk mengubah taman yang sangat dicintai di pusat Istanbul, tetapi juga sebagai tantangan terhadap pemerintahan yang lebih otoriter. Perdana Menteri mengutuk pengunjuk rasa.

Protes Taman Gezi menandai titik balik dalam pemerintahannya. Bagi pengkritiknya, ia bertindak lebih seperti seorang sultan dari Kesultanan Utsmaniyah dari pada seorang democrat.

Erdogan juga berselisih dengan seorang cendekiawan Islam yang berbasis di Amerika Serikat bernama Fethullah Gulen, gerakan sosial dan budayanya telah membantunya meraih kemenangan dalam tiga pemilihan berturut-turut dan aktif menyingkirkan militer dari politik. Itu adalah perseteruan yang akan berdampak dramatis bagi masyarakat Turki.

Kebangkitan Islam

Setelah satu dekade pemerintahannya, partai Erdogan juga bergerak untuk cabut larangan wanita mengenakan jilbab di layanan publik yang diperkenalkan setelah kudeta militer pada 1980. Larangan itu akhirnya dicabut untuk wanita di kepolisian, militer dan peradilan.

Kritikus mengeluh dia telah merusak pilar-pilar republic sekuler Mustafa Kemal Ataturk. Meski religis, Erdogan selalu membantah ingin memaksakan nilai-nilai Islam. Ia bersikeras mendukuk hak-hak warga Turki untuk ekpresikan agama lebih terbuka.

Ayah dari empat anak ini, pada Juli 2020 mengawasi pengubahan Hagia Sophia yang bersejarah di Istanbul menjadi masjid. Dibangun tahun 1.500 sebagai katedral, dijadikan masjid oleh Turki Ottoman, tetapi Ataturk telah ubah menjadi museum, simbol negara sekuler baru.


Erdogan Maju sebagai Presiden

Keakraban Erdogan, Putin, Rouhani Saat Bahas Perdamaian Suriah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara dalam menggelar pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani terkait perdamaian Suriah di Ankara, Turki, Rabu (4/4). (AFP PHOTO/ADEM ALTAN)

Dilarang mencalonkan diri sebagai perdana menteri, pada 2014, Erdogan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan langsung belum terjadi sebelumnya.

Ia memiliki rencana besar untuk reformasi, membuat konstitusi baru yang akan menguntungkan warga Turki dan menempatkan Turki di antara 10 ekonomi teratas dunia.

Erdogan terpilih sebagai Presiden ke-12 pada 10 Agustus 2014. Ia juga menjadi presiden pertama Turki yang dipilih melalui pemilihan umum.

Namun, pada awal masa kepresidenanannya, dia hadapi dua goncangan pada kekuasaannya. Partainya kehilangan mayoritasnya di parlemen selama beberapa bulan dalam pemungutan suara pada 2015, dan kemudian beberapa bulan kemudian pada 2016, Turki saksikan percobaan kudeta kekerasan pertamanya selama beberapa dekade.

Tentara pemberontak nyaris menangkap presiden, tetapi dia diterbangkan ke tempat aman. Pada 16 Juli, ia muncul dengan kemenangan di Bandara Ataturk Istanbul. Hampir 300 warga sipil saat memblokir gerakan komplotan kudeta.

Setelah disetujuinya amandemen konstitusi dalam referendum pada 16 April yang memungkinkan presiden mempertahankan keanggotaan partainya, Presiden Erdogan terpilih pada Kongres Luar Biasa ke-3 pada 21 Mei 2017, sebagai Ketua Partai AK, dan yang merupakan pendirinya.

Periode Kedua

Recep Tayyip Erdogan memenangkan 52,59 persen suara, terpilih kembali sebagai presiden dalam pemilihan presiden yang diadakan pada 24 Juni 2018. Erdogan dilantik pada 9 Juli 2018 sebagai presiden pertama dari sistem pemerintahan presidensial yang dialihkan oleh Turki mengikuti amandemen konstisui yang diadopsi dalam referendum pada 16 April 2017.

Suara intinya yang terletak di kota-kota kecil Anatolia dan pedesaan, daerah konservatif. Pada 2019, partainya kalah di tiga kota terbesar Istanbul, Ankara, dan Izmir.

Separti pemimpin Turki sebelumnya, Presiden Erdogan telah menindak keras Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang.

Meskipun Turki telah menerima lebih dari 3,5 juta pengungsi yang melarikan diri dari perang sipil Suriah, Ankara juga melancarkan operasi melawan milisi Kurdi di seberang perbatasan, mengasingkan Kurdi di Turki.

Selain itu, Erdogan telah lama menjalin hubungan dekat dengan Vladimur Putin dari Rusia dan telah mencari peran penting sebagai mediator dalam konflik di Ukraina.

Meski menjadi pemimpin negara NATO, ia membeli sistem pertahanan antirudal Rusia dan memilih Rusia untuk membangun reactor nuklir pertama di Turki.


Biodata Erdogan

Presiden Recep Tayyip Erdogan Kunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa Turki di Kahramanmaras
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada pers selama kunjungannya ke kota Kahramanmaras di tenggara Turki, dua hari setelah gempa kuat melanda wilayah tersebut, pada 8 Februari 2023. Warga masih banyak yang mengungsi takut terjadi gempa susulan. (AFP/Ozan Kose)

Nama: Recep Tayyip Erdogan

Tanggal Lahir: 26 Februari 1954

Istri: Emiten Gulbaran

Anak: Ahmet Burak, Mecmettin Bilal, Esra, dan Sumeyye

Pendidikan:

Universitas Marmara

Karier:

  • Perdana Menteri Turki: 2003-2014
  • Anggota Parlemen Wilayah Istanbul: 2007
  • Anggota Parlemen Wilayah Slirt: 2003-2007
  • Pemimpin Partai Pembangunan dan Keadilan: 2001
  • Wali Kota Istanbul pada 1994-1998
Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya