Ini Dia 10 Orang Terkaya di Jepang, Harta Gabungan Tembus Rp 2.878 Triliun

Peningkatan kekayaan gabungan miliarder atau orang terkaya Jepang pun terjadi berkat kembalinya wisatawan setelah pembukaan kembali perbatasannya pasca-pandemi.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 19 Jun 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 21:00 WIB
Orang terkaya Jepang
Kebangkitan pasar saham mendorong kekayaan gabungan miliarder atau orang terkaya Jepang meningkat. (AFP Photo/Jack Guez)

Liputan6.com, Jakarta Kebangkitan pasar saham mendorong kekayaan gabungan miliarder Jepang meningkat. Menurut data terbaru Forbes, secara kolektif harta orang terkaya di Negeri Matahari Terbit itu menembus angka USD 192 miliar atau sekitar Rp 2.878 triliun.

Kenaikan kekayaan gabungan miliarder Jepang pun terjadi berkat kembalinya wisatawan setelah pembukaan kembali perbatasannya pasca-pandemi dan rebound konsumsi membantu menghidupkan kembali ekonomi Jepang pada kuartal pertama 2023.

Pasar saham yang berkontribusi pada peningkatan kenaikan dua digit kekayaan gabungan dari 50 miliarder Jepang menjadi USD 192 miliar.

Melansir Forbes, Senin (19/6/2023), lebih dari setengah orang taji yang ada dalam daftar lebih baik dari tahun lalu dengan urutan kekuasaan dari lima besar tetap tidak berubah.

Taipan ritel Tadashi Yanai tetap menjadi peraih dolar terbesar tahun ini, menambah USD 11,8 miliar untuk mengkonsolidasikan posisinya sebagai orang terkaya di Jepang.

Penjualan yang melonjak di Fast Retailing, induk dari rantai pakaian Uniqlo, mendorong kekayaan bersihnya sebesar 50 persen menjadi USD 35,4 miliar.

Selanjutnya Takemitsu Takizaki yang menjadi pendiri pembuat sensor Keyence, bertahan di posisi ke-2 untuk tahun kedua dengan peningkatan USD 1 miliar sehingga kekayaan bersihnya menjadi USD 22,6 miliar.

Sementara Masayoshi Son tetap di tempat ketiga meskipun kekayaannya sedikit turun menjadi USD 20,9 miliar di tengah penurunan investasi di SoftBank Group, yang melaporkan kerugian USD 7,3 miliar untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2023.

Di antara pemenang lainnya ada Takahisa Takahara yang kekayaan bersihnya naik USD 1,1 miliar menjadi USD 7,5 miliar berkat saham perusahaan barang perawatan pribadinya Unicharm melonjak 22 persen karena penjualan yang lebih tinggi.

Adalagi Yoshiaki Yoshida, pendiri perusahaan kosmetik dan makanan kesehatan DHC, kekayaannya meningkat lebih dari 50 persen menjadi USD 1,55 miliar.

Di samping itu, miliarder Jepang pun bertambah terlihat dari tiga pendatang yang baru masuk dalam daftar Forbes 2023. Mereka di antaranya Kenzo Tsujimoto (USD 1,2 miliar), Fumio Kaneko (USD 1,1 miliar), dan kakak beradik Ito (USD 4,7 miliar).

Namun, beberapa nama pun ada yang belum beruntung di tahun ini. Selusin dalam daftar mengalami penurunan kekayaan, salah satunya Hiroshi Mikitani yang kekayaan bersihnya turun 18 persen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Orang Terkaya Jepang 2023

Ilustrasi miliarder (iStock)
Ilustrasi miliarder (iStock)

Untuk mengetahui lebih lanjut, ini dia daftar orang terkaya Jepang terbaru menurut data Forbes 2023.

10. Masahiro Miki

Kekayaan: USD 3,85 miliar

Sumber: Fesyen dan Ritel

9. Masahiro Noda

Kekayaan: USD 3,9 miliar

Sumber: Teknologi

8. Akio Nitori

Kekayaan: USD 4 miliar

Sumber: Mode dan Ritel

7. Hideyuki Busujima & Keluarga

Kekayaan: USD 4,1 miliar

Sumber: Perjudian dan Kasino

6. Ito Bersaudara

Kekayaan: USD 4,7 miliar

Sumber kekayaan: Mode dan Ritel

5. Takahisa Takahara

Kekayaan: USD 7,5 miliar

Sumber kekayaan: Mode dan Ritel

4. Nobutada Saji & Keluarga

Kekayaan: USD 10,3 miliar

Sumber kekayaan: Makanan dan Minuman

3. Masayoshi Son

Kekayaan: USD 20,9 miliar

Sumber kekayaan: Keuangan dan Investasi

2. Takemitsu Takizaki

Kekayaan: USD 22,6 miliar

Sumber kekayaan: Manufaktur

1. Tadashi Yanai & Keluarga

Kekayaan: USD 35,4 miliar

Sumber kekayaan: Mode dan Ritel

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya