Ini Dia Film Terlaris 2023, Ada Favoritmu?

Daftar film terlaris tahun 2023 secara global.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 18 Jul 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi menonton film. ©Pixabay
Ilustrasi menonton film. ©Pixabay

Liputan6.com, Jakarta “The Super Mario Bros. Movie” menjadi satu-satunya film yang dirilis pada 2023 yang sejauh ini melampaui angka USD 1 miliar di box office global. Sepertinya tidak akan ada lagi, bahkan dengan beberapa judul besar.

“Jika Anda memberikan jadwal rilis kepada 10 orang pada awal tahun dan berkata, ‘Kami hanya akan memiliki film bernilai satu miliar dolar dari semua ini dan dapatkah Anda memilih yang mana?’ Saya tidak berpikir ada orang yang akan menganggap ‘The Super Mario Bros. Movie’ sebagai satu-satunya,” kata CEO di perusahaan pemasaran bioskop PaperAirplane Media Mike Polydoros seperti melansir CNBC, Senin (17/7/2023).

Kurangnya pendapatan kotor miliaran dolar menandai perubahan dramatis dalam industri ini. Pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, dan bahkan tahun lalu, ada beberapa megahit yang melampaui pendapatan kotor global sebesar USD 1 miliar.

Kurangnya blockbuster semacam ini di tahun 2023 terlihat jelas di Disney, yang memiliki waralaba Marvel, Star Wars, Pixar, dan dongeng warisan. Sementara studio berada di jalur yang tepat untuk menjadi penguasa box office tahun ini, ia mengalami serangkaian kesalahan dalam beberapa bulan terakhir yang menimbulkan kekhawatiran bahwa preferensi penonton berubah terlalu cepat untuk diadaptasi oleh Hollywood.

“Ant-Man and the Wasp: Quantumania” gagal memikat penonton di luar penggemar setia Marvel pada bulan Februari, hanya menghasilkan USD 214,5 juta di dalam negeri dan di bawah USD 500 juta di seluruh dunia. “Elemental”, yang baru dirilis bulan lalu, saat ini memegang rekor domestik terendah kedua dari film Pixar mana pun dalam sejarah studio, hampir melampaui “Onward” tahun 2020, yang melihat box office-nya terhenti karena pandemi.

Di Disney’s Lucasfilm, “Indiana Jones and the Dial of Destiny”, yang tayang di bioskop pada 30 Juni, diperkirakan akan kesulitan untuk menutup anggaran produksinya yang hampir mencapai USD 300 juta. Sejauh ini, film tersebut telah menghasilkan USD 122,1 juta di box office domestik dan USD 221,4 juta secara global.

“Secara keseluruhan, saya melihat Disney dalam posisi yang diharapkan keluar dari pandemi dan telah mengalami perubahan kepemimpinan lainnya,” kata kepala analis di BoxOffice.com Shawn Robbins.

“Dua faktor yang sangat berpengaruh itu telah membentuk kembali posisi studio dalam beberapa cara, terutama di box office ketika mengingat dekade terakhir melihat waralaba teratas dan merek mereka terbakar di semua silinder. Momentum semacam itu tidak akan pernah berkelanjutan tanpa pasang surut sesekali," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Disney Kurangi Konten Marvel dan Star Wars

Mario Kart dalam The Super Mario Bros. Movie.
Mario Kart dalam The Super Mario Bros. Movie. (Foto: Nintendo/Illumination/Universal Studios)

Sementara itu, CEO Disney Bob Iger mengatakan bahwa perusahaan akan mengurangi konten Marvel dan Star Wars karena berupaya memangkas biaya dan meremajakan mereknya.

Titik terang bagi Disney telah datang dalam bentuk busur terakhir James Gunn di Marvel Studios. “Gurdian of the Galaxy Vol. 3” adalah rilis domestik terlaris ketiga sepanjang tahun ini, dengan USD 357,5 juta. Itu mengikuti tepat di belakang “Spider-Man: Across the Spider-Verse” Sony. Gunn sekarang membantu memimpin Studio DC Warner Bros. Discovery.

Film Guardians ketiga telah berhasil mengamankan USD 834,2 juta secara global sejak rilis Mei, tetapi kemungkinan tidak akan mencapai ambang batas miliaran dolar yang didambakan.

Khususnya, “Avatar: The Way of Water” Disney telah menghasilkan lebih dari USD 1 miliar dalam penjualan tiket global pada 2023, tetapi karena dirilis pada 2022, film tersebut tidak dihitung sebagai film bernilai miliaran dolar untuk tahun ini.

“Klub miliaran dolar tampaknya menjadi lebih eksklusif pada 2023,” kata Paul Dergarabedian, analis media senior di Comscore. “Meskipun banyak judul terkenal yang menyombongkan beberapa merek dan waralaba film terbesar dalam dunia perfilman, sejauh ini, panen tahun ini tidak memiliki jejak global atau dominasi pasar untuk melewati ambang batas USD 1 miliar dalam waktu yang sangat pasar film global yang kompetitif.”

Film terlaris tahun 2023 secara global

  1.  “The Super Mario Bros Movie” (Universal) — USD 1,34 miliar
  2. “Guardian of the Galaxy Vol. 3” (Disney) — USD 834,2 juta
  3. “Fast X” (Universal) — USD 702,8 juta
  4. “Full River Red” (Film EDKO) — USD 647,8 juta
  5. “Spider-Man: Across the Spider-Verse” (Sony) — USD 643,5 juta
  6. “The Wandering Earth 2” (China Film Group Corporation) — USD 585,5 juta
  7. “The Little Mermaid” (Disney) - USD 542,9 juta
  8. “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” (Disney) — USD 471,3 juta
  9. “Lost In The Stars” (Alibaba Pictures) — USD 428,5 juta
  10. “John Wick: Chapter 4” (Lionsgate) — USD 432,5 juta

*Daftar ini tidak termasuk film yang dirilis pada 2022 yang menghasilkan penjualan tiket pada 2023.

 

 


Pasar Cina Jadi Kekuatan

Ilustrasi menonton film, bioskop
Ilustrasi menonton film, bioskop. (Photo created by master1305 on www.freepik.com)

Pasar Cina, khususnya, adalah kekuatan pendorong utama dalam hit box office bernilai miliaran dolar sebelumnya, tetapi kawasan ini lebih selektif tentang film-film Hollywood yang diizinkan untuk ditayangkan di negara tersebut. Selain itu, Cina juga telah mengembangkan pasar filmnya sendiri yang menguntungkan. Misalnya, sebagian besar film Marvel yang dirilis sebelum pandemi menghasilkan 15 hingga 22 persen dari total penjualan tiket dari Tiongkok. Setelah pandemi, hanya segelintir dari film buku komik ini yang diputar di layar di negara tersebut dan film-film yang pernah diputar, mendapat penerimaan yang jauh lebih sedikit.

Dua film Ant-Man pertama, yang dirilis pada 2015 dan 2018, menghasilkan sekitar 20 persen penjualan tiket dari Tiongkok. Sementara itu, “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” hanya 8 persen tiket terjual di China.

“Secara global, evolusi China menjadi pasar yang tidak lagi dapat diandalkan untuk memberikan pertunjukan blockbuster besar-besaran oleh beberapa film dan waralaba yang dulu melakukannya meninggalkan lubang yang mungkin terlalu besar untuk diisi dalam jangka pendek,” kata Robbins.

Lebih sedikit penjualan tiket China ditambah dengan pengembalian yang lebih lambat dari yang diharapkan dari penonton bioskop domestik telah menghambat film laris besar pada 2023, yang menyebabkan lebih sedikit film bernilai miliaran dolar.

Dalam dekade terakhir, jumlah pendapatan global miliaran dolar telah meningkat secara signifikan, dengan Disney bertanggung jawab atas sebagian besar judul yang menduduki puncak tangga. Faktanya, studio tersebut telah merilis setidaknya satu miliar dolar setiap tahun sejak 2014 hingga 2019, ketika memiliki film bernilai tujuh miliar dolar.

Itu tidak menghasilkan film bernilai miliaran dolar pada 2020 atau 2021 karena pembatasan pandemi, tetapi “Avatar: The Way of Water” 2022 mencapai USD 2 miliar.

“Karena 2019 adalah anomali di sisi atas, saya pikir 2023 dapat dilihat sebagai anomali sebaliknya,” kata Polydoros dari PaperAirplane. “Seperti yang mereka katakan dengan pengujian, buang yang tertinggi dan terendah dan lanjutkan dari sana. Dan saya pikir teori yang sama berlaku untuk box office secara keseluruhan.

Sentimen Polydoros dibagikan oleh banyak analis box office. Mereka mencatat bahwa sementara banyak rilis Disney jatuh di bawah ekspektasi, studio tersebut tetap menjadi pesaing kuat di box office domestik dan global.

“Sepertinya Disney tidak akan memiliki pemain global senilai USD 1 miliar tahun ini,” kata Dergarabedian. “Tapi, agar adil, ’Guardians of the Galaxy Vol. 3,′ ‘The Little Mermaid’, ‘Ant-Man and the Wasp: Quantumania’ dan ‘Elemental’ secara kolektif telah menghasilkan lebih dari USD 2 miliar secara global.”

 


Penjualan Disney Tetap Unggul

Ilustrasi menonton film
Ilustrasi menonton film. (Photo by afra32 on Pixabay)

Terlepas dari hasil yang biasa-biasa saja dari Disney yang biasanya kuat, studio tersebut telah menghasilkan lebih banyak penjualan tiket domestik daripada studio lain sepanjang tahun ini.

Hingga Juni, rilis Disney mewakili 30 persen dari seluruh penjualan tiket domestik atau USD 1,3 miliar, menurut data dari Comscore.

Studio ini juga memiliki empat dari 10 film domestik terlaris sepanjang tahun ini.

Film domestik terlaris sejauh ini pada 2023

  1. “The Super Mario Bros. Movie” (Universal) — USD 573,7 juta
  2. “Spider-Man: Across the Spider-Verse” (Sony) — USD 357,6 juta
  3. “Penjaga Galaxy Vol. 3” (Disney) — USD 357,5 juta
  4. “The Little Mermaid” (Disney) - USD 289,2 juta
  5. “Avatar: The Way of Water” (Disney) - USD 283 juta
  6. “Ant-Man and the Wasp: Quantumania” (Disney) — USD 214,5 juta
  7. “John Wick: Chapter 4” (Lionsgate) — USD 187,1 juta
  8. “Creed III” (MGM) — USD 156,2 juta
  9. “Transformers: Rise of the Beasts” (Paramount) — USD 146,8 juta
  10. “Fast X” (Universal) — USD 145,9 juta

“Seperti biasa, ini tergantung pada isinya,” kata Polydoros.

Belum terlihat apakah rilis Disney yang akan datang, seperti “Haunted Mansion”, “The Marvels” atau “Wish”, akan dapat menghasilkan tolok ukur jumlah miliaran dolar, tetapi daftar yang beragam menjadi pertanda baik bagi perusahaan.

“2024 memang terlihat lebih menjanjikan di beberapa sisi, dan film animasi asli mereka, ‘Wish,’ bisa menjadi hit besar akhir tahun ini jika memenuhi potensinya dengan penonton yang membantu membuat serial ‘Frozen’ begitu sukses,” kata Robbins.

 

 

infografis journal
infografis journal Fakta Film Horor Digemari Masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya