Wamendag Jerry: ASEAN dan Republik Korea Memainkan Peran Penting di Kawasan

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut bahwa ASEAN dan Republik Korea memainkan peran penting dalam perkembangan kawasan.

oleh Fachri pada 24 Agu 2023, 19:36 WIB
Diperbarui 24 Agu 2023, 19:35 WIB
Jerry Sambuaga.
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga selaku AEM Chair memimpin Pertemuan Konsultasi AEM dengan Ministry of Economy, Trade, and Industry (METI) Jepang ke-28 di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Semarang Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut bahwa ASEAN dan Republik Korea memainkan peran penting dalam perkembangan kawasan. Menurutnya, kerja sama kedua pihak harus ditingkatkan guna mencapai tujuan, termasuk melalui pelbagai pejanjian yang telah disepakati bersama.

"ASEAN dan Republik Korea memainkan peran penting di kawasan. Oleh karena itu, kerja sama tersebut harus terus ditingkatkan untuk bersama-sama mencapai pertumbuhan ekonomi yang adil, inklusif, dan berkelanjutan di kawasan," sebutnya saat memimpin Pertemuan Konsultasi ASEAN Economic Minister (AEM) dengan Republik Korea, Selasa (22/8/2023).

"Pertemuan konsultasi ini menjadi momentum penting dalam mempererat hubungan perdagangan antara ASEAN dan Republik Korea yang telah terjalin dengan baik, serta untuk mendapatkan dukungan penuh bagi Indonesia sebagai ketua ASEAN tahun ini," jelas Wamendag Jerry.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa kedua pihak membahas optimalisasi perjanjian ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA). Wamendag Jerry menyebut, di antaranya dengan merencanakan pembaharuan AKFTA di masa mendatang, termasuk melalui penyelesaian Studi Tinjauan Bersama AKFTA dan Laporan Hasil Kajian Perdagangan Digital.

"Selain itu, dalam meningkatkan kerja sama, Korea menawarkan kerja sama di beberapa sektor, yaitu digitalisasi, ekonomi hijau, dan rantai pasok," ungkapnya.


Peningkatan Dialog untuk UMKM

Jerry Sambuaga.
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam Pertemuan (ASEAN Economic Ministers Meeting) AEM-37th ASEAN Free Trade Agreement (AFTA) Council, Sabtu (19/8/2023). (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memimpin pertemuan Konsultasi ke-26 AEM Plus Three (ASEAN Economic Ministers/AEM Meeting Plus Three) pada Selasa (22/8/2023).

Dalam pertemuan itu, Wamendag Jerry membahas peningkatan dialog dan berbagai kegiatan kerja sama dalam mempromosikan perdagangan dan investasi antar negara APT, tantangan regional dan global, dengan berfokus pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), akses digital, dan upaya pemulihan pasca pandemi Covid-19.

"Pertemuan AEM-Plus Three menyoroti perkembangan implementasi Kerja Sama Ekonomi ASEAN Plus Three (APT) 2023--2024 dan laporan akhir Proyek Riset APT untuk menjembatani kesenjangan digital pada UMKM. Pertemuan ini sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian Pertemuan AEM ke-55 dan Pertemuan Terkait Lainnya," jelas Wamendag Jerry usai memimpin pertemuan.

Wamendag Jerry berharap, implementasi program kerja tersebut akan meningkatkan hubungan perdagangan antara ASEAN, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan, khususnya dalam menghadapi tantangan yang muncul dalam perkembangan regional dan global.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya