Pengusaha Minta Capres-Cawapres Bisa Keluarkan Indonesia dari Middle Income Trap

Dunia usaha berharap setiap kandidat capres dan cawapres dapat menghadirkan strategi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat, inklusif, adaptif.

oleh Arthur Gideon diperbarui 23 Okt 2023, 13:07 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2023, 13:00 WIB
Koalisi Indonesia Maju Resmi Usung Gibran Rakabuming Raka
Para Ketua Umum Partai Politik yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, Anis Matta, Zulkifli Hasan, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono (kiri ke kanan) usai mengumumkan nama Bakal Calon Wakil Presiden di Rumah Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Tiga calon presiden (capres) yang akan bertanding dalam Pilpres 2024 telah mengumumkan pendamping yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres). Bahkan dua pasangan capres dan cawapres telah resmi mendaftar di KPU. Pasangan yang telah mendaftar adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Rencananya pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan menyusul mendaftar di KPU pada 25 Oktober 2023.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan dunia usaha berharap setiap kandidat capres dan cawapres dapat menghadirkan strategi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat, inklusif, adaptif.

“Dunia usaha berharap setiap kandidat capres dan cawapres dapat menghadirkan strategi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat, inklusif, adaptif, agar dapat meningkatkan kepercayaan Indonesia di mata internasional,” kata Shinta dikutip dari Antara, Senin (23/10/2023). 

Selain itu, Shinta berharap ketiga pasang calon bisa mendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan SDM dan inovasi guna mendorong Indonesia lebih kompetitif dan berdaya saing.

Ketiga pasang calon juga diharapkan mampu memimpin Indonesia secara strategis untuk keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (midlle income trap) untuk mempercepat target menjadi negara maju.

“(Dan) melanjutkan kebijakan ekonomi yang lebih baik, terutama reformasi struktural untuk menjaga iklim usaha dan investasi yang kondusif serta menerapkan good regulatory practices dalam seluruh proses pembuatan kebijakan ekonomi,” katanya.

Shinta juga berharap setiap paslon dapat melanjutkan reformasi birokrasi sebagai implementasi good governance terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan.

“Serta menjaga konsistensi keamanan dan stabilitas politik,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prabowo-Gibran Daftarkan Diri ke KPU 25 Oktober sebagai Capres-Cawapres

Koalisi Indonesia Maju Resmi Usung Gibran Rakabuming Raka
Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto (ketiga kiri) usai saat mengumumkan nama Bakal Calon Wakil Presiden yang akan diusung di Rumah Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyampaikan langsung, sosok yang akan mendampingi dirinya di pemilu presiden 2024 adalah Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Kita sudah sepakat mengusung saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Rumah Kertanegara Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Prabowo Subianto juga memastikan, dirinya dan Gibran akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi pada 25 Oktober 2023, yang mana menjadi hari terakhir masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilu 2024.

"Ya, pada Rabu 25 Oktober kita akan daftar ke KPU," ucap Prabowo.

Sebagai informasi, pengumuman nama Gibran Rakabuming Raka disampaikan usai seluruh ketua umum Koalisi Indonesia Maju berkumpul di Rumah Kertanegara Jakarta. Mereka tiba sekira pukul 19.30 WIB dan melangsungkan rapat internal selama hampir 30 menit.

 


Langsung Diumumkan

Gibran Rakabuming Raka Resmi Ditunjuk Jadi Cawapres Prabowo Subianto
Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping dirinya di Pilpres 2024 mendatang. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Usai rapat, Prabowo dan seluruh ketua umum partai dari Koalisi Indonesia Maju berkumpul dan mengumumkan nama Gibran sebagai cawapres.

Pantauan di lokasi, mereka yang hadir yakni, Anis Matta dari Partai Gelora, Yusril Ihza Mahendra dari Partai Bulan Bintang (PBB), Ahmad Ridha Sabana dari Partai Garuda.

Kemudian Airlangga dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Agus Harimurti Yudhoyono dari Partai Demokrat dan juga Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo.

Prabowo mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat bersama seluruh ketua umum Koalisi Indonesia Maju. Menurut Prabowo, tidak ada sengketa dari keputusan tersebut karena diputuskan secara aklamasi.

"Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju," tegas Prabowo.

Infografis Elektabilitas Kandidat Capres 2024 versi 6 Lembaga Survei. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Elektabilitas Kandidat Capres 2024 versi 6 Lembaga Survei. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya