Yuk Cek Hasil Tes SKD CPNS 2023, Jangan Sampai Lupa!

Hasil seleksi kompetensi dasar sudah diumumkan dan bisa dicek oleh peserta yang mengikuti seleksi CPNS 2023.

oleh Amira Fatimatuz Zahra diperbarui 22 Nov 2023, 20:15 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2023, 20:15 WIB
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023 di Kantor Pusat BKN, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (9/11/2023). (Maulandy/Liputan6.com)
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2023 di Kantor Pusat BKN, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (9/11/2023). (Maulandy/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil seleksi kompetensi dasar sudah diumumkan dan bisa dicek oleh peserta yang mengikuti seleksi CPNS 2023. Berdasarkan surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi CASN Tahun Anggaran 2023, pengumumannya sudah diberikan sejak Senin, 20 November hingga Rabu, 22 November 2023.

Sebelumnya, tes SKD CPNS sudah dilakukan pada 9 - 18 November 2023 lalu. Jika lolos dari tes SKD CPNS 2023, peserta akan melanjutkan ke seleksi selanjutnya yaitu seleksi SKB, sedangkan yang belum lolos masih bisa melakukan masa sanggah. Peserta yang mengikuti tes SKD, bisa cek pengumumannya melalui berikut link berikut ini:

Cek Pengumuman dari Web Resmi SSCASN

  • Buka laman resmi sscasn.bkn.go.id
  • Log in, masukkan NIK dan Password yang kamu punya
  • Halaman akan menunjukkan tampilan resume pendaftaran. peserta yang lulus akan melihat pemberitahuan kelulusan
  • Peserta yang tidak lolos bisa mengajukan sanggah. Adapun, masa sanggah akan dilakukan pada 23 - 25 November 2023

Cek Pengumuman dari Web Lembaga

Peserta yang mengikuti seleksi CPNS 2023 juga bisa melihat hasil tes SKD melalui website-website resmi lembaga yang sudah dilamar. Berikut ini laman dari sejumlah lembaga tersebut.

https://rekrutmen.kpk.go.id/cpns Komisi Pemberantasan Korupsi

https://casn.kemenkumham.go.id Kemenkumham

https://casn.kemkes.go.id Kementerian Kesehatan

https://rekrutmen.mahkamahagung.go.id Mahkamah Agung

https://www.dpr.go.id/cpns Sekretariat DPR

https://www.bin.go.id/karir Badan Intelijen Negara

https://www.ppatk.go.id/pengumuman Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

https://cpns.kemdikbud.go.id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

https://biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns Kejaksaan RI

https://casn.pertanian.go.id Kementerian Pertanian

https://cpns.dephub.go.id Kementerian Perhubungan

https://casn.esdm.go.id Kementerian ESDM

https://casn.brin.go.id Badan Riset dan Inovasi Nasional

https://casn.menhlk.go.id Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

https://casn.kemenag.go.id Kementerian Agama

https://rekrutmen.kemenperin.go.id Kementerian Perindustrian

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menpan RB Janjikan Rekrutmen CPNS 2024 Banyak untuk Fresh Graduate

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (22/11). Salah satunya membahas mengenai rencana rekrutmen CPNS 2024.

"Oh ya, jadi kita menyampaikan rencana rekrutmen (CASN) di 2024 yang masih akan dipetakan," ujar Menpan RB kepada awak media di Kementerian Keuangan.

 Menteri Anas belum bersedia menyebutkan secara pasti jumlah formasi yang tersedia pada rekrutmen CASN tahun depan. Namun, dia menjanjikan formasi untuk fresh graduate atau lulusan sarjana baru akan lebih banyak tersedia pada rekrutmen CPNS 2024 dibandingkan tahun ini.

"(CPNS 2024) terutama untuk menampung fresh graduate sedang di kaji untuk jumlah yang lebih besar dibandingkan 2023 dan keuangannya akan dihitung," pungkas Menteri Anas meninggalkan awak media.


Menpan RB Minta Maaf

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas meminta maaf kepada fresh graduate atau lulusan sarjana baru karena tahun ini belum bisa membuka formasi atau lowongan lebih banyak. 

"InsyaAllah tahun 2024 saya sudah minta kepada BKN (Badan Kepegawaian Negara), kepada tim SDMA di KemenPAN-RB, kita akan buat kebijakan lebih besar lagi untuk rekrutmen fresh graduate di tahun 2024" kata Anas dalam acara Pembukaan SKD CPNS2023, di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (9/11).

Anas menjelaskan, hal itu dikarenakan tahun ini lowongan diprioritaskan untuk 80 persen untuk honorer yang telah mengabdi. Ada yang mulai 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada yang telah 20 tahun mengabdi.

Anas pun mengakui, bahwa pihaknya banyak menerima kritik dan usulan karena belum membuka formasi fresh graduate di pemerintah daerah.

Anas meyakinkan, untuk talenta-talenta digital dan formasi yang lain akan kembali dibuka tahun 2024.

"Sekarang sedang kita data dan perencanaan sedang akan kita validasi dan kita perbaiki," tambah Anas.

Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019
Infografis Lowongan Besar-besaran CPNS dan PPPK 2019. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya