ASDP Siap Angkut Ribuan Penonton Asian Road Racing Championship 2024 di Mandalika

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar pastikan persiapan Pelabuhan Lembar dan Padangbai dalam kondisi operasional yang baik menjelang perhelatan Asian Road Racing Championship yang diselenggarakan di Mandalika pada Jumat (26/7) hingga Minggu (28/7).

oleh Septian Deny diperbarui 25 Jul 2024, 19:14 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 19:14 WIB
MotoGP Mandalika, Sirkuit Mandalika
Tiga orang marshal bekerja di salah satu pos Sirkuit Mandalika pada gelaran MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/2022). (Hendry Wibowo/Bola.com)

 

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar pastikan persiapan Pelabuhan Lembar dan Padangbai dalam kondisi operasional yang baik menjelang perhelatan Asian Road Racing Championship yang diselenggarakan di Mandalika pada Jumat (26/7) hingga Minggu (28/7).

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan pihaknya berkomitmen dalam menjamin kelancaran transportasi dan kenyamanan pengguna jasa sebagai wujud komitmen ASDP untuk memastikan kepentingan umum terlayani dengan baik.

“Menjelang ARRC 2024 di Mandalika, ASDP telah mempersiapkan aspek operasional dan pelayanan di pelabuhan. ASDP berkoordinasi aktif baik dengan BPTD selaku regulator dalam penentuan jadwal kapal, dan juga dengan pihak Kepolisian terkait dengan pengaturan lalu lintas jalur dari dan ke pelabuhan, demi menjaga kelancaran, keamanan dan ketertiban selama perhelatan ARRC 2024 berlangsung," ujar Shelvy.

Di lintasan Lembar-Padangbai terdapat 23 unit kapal yang siap beroperasi sesuai dengan penjadwalan oleh BPTD. Adapun armada milik ASDP yang beroperasi di lintas ini adalah KMP Rodhita dan KMP Portlink II.

Ia mengungkapkan, dengan persiapan yang telah dilakukan menjelang perhelatan ARRC ini, ASDP memperkirakan peningkatan trafik sebesar 10 persen bila dibandingkan kondisi normal.

Hal ini dipicu antusiasme masyarakat untuk menyaksikan event ARRC 2024, sehingga mendorong pergerakan masyarakat dari dan ke Mandalika, termasuk mobilisasi pengangkutan logistik alat dan material untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Untuk kondisi normal, lintasan Lembar-Padangbai dilayani oleh 13 kapal per 24 jam dengan 13 trip pp per hari. Berkoordinasi aktif dengan BPTD dan stakeholder lainnya dalam mendukung kelancaran layanan juga telah disiapkan skenario apabila terjadi lonjakan penumpang, maka sesuai dengan kewenangan BPTD, jumlah kapal yang beroperasi akan ditingkatkan menjadi 18 unit per jam, dengan total 18 trip. Dan jika kondisi sangat padat, maka akan menggunakan skenario pengoperasian seluruh kapal yang standby operasi sebanyak 23 unit kapal sesuai pengaturan BPTD, dengan total 23 trip pp yang akan mengangkut seluruh penumpang dan kendaraan ,” tutur General Manager ASDP Cabang Lembar, Agus Djoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tiket Penyeberangan

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung kembali perhelatan MXGP
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung kembali perhelatan MXGP Seri ke-2 pada 6-7 Juli 2024 mendatang yang siap mengoperasikan 23 unit kapal dari Pelabuhan Padangbai-Bali ke Pelabuhan Lembar-Lombok. (Dok. ASDP)

Shelvy menambahkan bahwa seluruh pengguna jasa diharapkan untuk memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan dan memastikan bahwa data diri yang dimasukkan ke dalam aplikasi telah sesuai dengan data identitas diri yang berlaku.

Diketahui, akselerasi digitalisasi pembelian tiket feri di Pelabuhan Lembar telah dilaksanakan sejak Agustus 2023 lalu dengan menggunakan domain berbasis website trip.ferizy.com.

Selain memastikan operasional pelabuhan, ASDP juga menghadirkan layanan customer service (CS) di Pelabuhan Lembar dalam rangka meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa. Layanan ini bertujuan untuk merespons keluhan pelanggan terkait layanan di area pelabuhan dan kapal secara langsung.

“Dengan menyediakan layanan customer service ini, kami berharap keluhan atau masukan penumpang yang berkaitan dengan layanan pelabuhan maupun penyeberangan dapat disampaikan secara langsung, sehingga mampu diselesaikan lebih cepat,” kata Agus Djoko lagi.

Sebagai langkah awal, CS Pelabuhan Lembar akan melayani penumpang hingga pukul 22.00 WITA. Ke depan, layanan CS akan dibuka selama 24 jam penuh dengan petugas jaga secara bergantian.

ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang dan mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Road Racing Championship 2024 di Mandalika, Lombok-Nusa Tenggara Barat.

 


Kinerja 2023 Moncer, ASDP Setor Dividen ke Negara Rp 31 Miliar

ASDP Indonesia Ferry mencatat penyebrangan dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk mulai ramai jelang puncak mudik lebaran 2022
ASDP Indonesia Ferry mencatat penyebrangan dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk mulai ramai jelang puncak mudik lebaran 2022

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan nasional dengan menyumbang dividen sebesar Rp 31 miliar untuk tahun buku 2023.

Pencapaian ini menjadikan ASDP sebagai salah satu BUMN sektor logistik yang berkontribusi dalam total dividen BUMN senilai Rp 85,52 triliun.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengapresiasi kerja keras seluruh insan BUMN atas kontribusi positifnya bagi negara. “Dividen ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas,” ujarnya.

Kinerja gemilang ASDP Indonesia Ferry ini diraih melalui berbagai strategi efisiensi dan peningkatan operasional, termasuk:

  • Optimalisasi Layanan: ASDP telah melayani sekitar 290 rute penyeberangan di Tanah Air, dengan 70% di antaranya merupakan rute angkutan perintis yang menghubungkan daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP). Hal ini menunjukkan komitmen ASDP untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat di seluruh pelosok negeri.
  • Inovasi Digital: Transformasi digital, termasuk sistem pemesanan tiket online dan manajemen operasional berbasis teknologi, telah membantu dalam peningkatan efisiensi dan optimalisasi layanan.
  • Peningkatan Pendapatan: ASDP berhasil membukukan pendapatan Rp 5,032 triliun dan laba bersih Rp 637 miliar pada tahun 2023. Nilai laba ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah ASDP dan menunjukkan pertumbuhan 9% dibandingkan tahun 2022.

“Pencapaian ini adalah bukti bahwa strategi kami dalam meningkatkan layanan dan operasional telah berjalan,” kata Shelvy Arifin, Corporate Secretary ASDP, Selasa (23/7/2024).

"Kami akan terus berupaya menjaga dan meningkatkan kinerja keuangan kami, serta memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa penyeberangan,” tambahnya.

 

 


Apa Layanan ASDP?

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pergerakan kendaraan dan penumpang yang dilayani sebanyak 26.122 orang dan 125.950 unit kendaraan di dua lintasan penyeberangan utama Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk pada momen libur dan cuti bersama Hari Kenaikan Yesus Kristus. (Dok. ASDP)

Kontribusi ASDP ini tak hanya dalam bentuk dividen, tetapi juga melalui berbagai program dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti:

  • Membuka Peluang Ekonomi: ASDP membuka peluang ekonomi bagi daerah-daerah terpencil dengan meningkatkan konektivitas melalui penyeberangan.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat: ASDP menyediakan layanan penyeberangan yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.
  • Mendukung Ketahanan Pangan: ASDP memfasilitasi distribusi bahan pangan pokok ke berbagai daerah, sehingga membantu menjaga ketahanan pangan nasional.
  • Dengan berbagai pencapaian dan kontribusinya, ASDP telah menunjukkan komitmennya untuk menjadi BUMN yang unggul dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kinerja moncer ASDP ini menjadi bukti nyata bahwa BUMN mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya