Pendaftaran PPPK 2024 Dibuka September-Oktober, Siap-Siap!

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan pendaftaran Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan dibuka pada September-Oktober 2024 mendatang.

oleh Tira Santia diperbarui 28 Agu 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 08:30 WIB
Seleksi kompetensi PPPK Teknis. (Istimewa)
Seleksi kompetensi PPPK Teknis. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan pendaftaran Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan dibuka pada September-Oktober 2024 mendatang.

Azwar Anas menegaskan, bahwa pendaftaran PPPK 2024 akan dibuka setelah proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah selesai.

"Jadi kemarin kita sepakati, kita beresin dulu yang fresh graduate ini sambil pendataannya dituntaskan. Insya Allah nanti September-Oktober ini yang PPPK mulai diproses," kata Azwar Anas, saat ditemui di Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Pembukaan Pendaftaran PPPK

Rencana pembukaan pendaftaran PPPK tersebut sejalan dengan langkah Pemerintah yang masih melakukan pendataan tenaga honorer didatabase Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Sambil kita melengkapi seluruh pendataan disesuaikan dengan data yang masuk di BKN dan sekaligus kita melakukan 'verval' verifikasi dan validasi," ujarnya.

Ia mengakui bahwa hingga saat ini masih banyak ditemukan data para honorer yang tidak memenuhi syarat pendaftaran PPPk 2024. Oleh karena itu, proses verifikasi dan validasi masih berlangsung.

"Karena ada beberapa yang masuk data, tapi di verval ternyata masa kerjanya tidak memenuhi, termasuk juga yang lainnya tidak memenuhi, sehingga kita harus verifikasi dan validasi. Insya Allah September-Oktober selesai," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Contoh Surat Lamaran CPNS 2024

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pemerintah Indonesia resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2024 mulai 20 Agustus 2024-6 September 2024. Pada seleksi CPNS 2024 ini, pemerintah membuka 250.407 formasi CPNS 2024.

Adapun 250.407 formasi CPNS tersebut untuk 69 instansi dan 478 instansi daerah. Jadwal seleksi ini dapat diunduh melalui https://www.bkn.go.id/unggahan/2024/08/S-Instansi-Jadwal-Seleksi-CPNS-Tahun-2024-1.pdf . Hingga Jumat, 23 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB, ada 37.761 pelamar CPNS yang sudah submit.

Submit tersebut berarti telah mengakhir pendaftaran (resume). Selain itu, ada 5.797 pelamar CPNS 2024 telah memenuhi syarat dari instansi (verif MS). Sementara itu, 2.497 pelamar tidak memenuhi syarat dari instansi (verif TMS).

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto  mengingatkan, sebelum memulai pendaftaran, para pelamar CPNS 2024 untuk membaca detail persyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi yang disampaikan instansi di kanal informasinya.

Pelamar juga diharapkan membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar.

"Terakhir, setelah melakukan pendaftaran hingga submit seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan administrasi instansi, pelamar diimbau agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran," ujar dia pada 19 Agustus 2024, seperti dikutip Senin (26/8/2024).

Adapun sejumlah syarat untuk melamar CPNS 2024. Salah satunya adalah Surat Lamaran. Format surat lamaran CPNS 2024 ini hampir sama di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

Pembedanya hanya ditujukan ke siapa saja, seperti:

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Negara

c.q. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan ASN BKN T.A. 2024

atau 

YTH.

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA

DAN REFORMASI BIROKRASI

DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN KAVLING 69 JAKARTA SELATAN.

Ingat, di surat lamaran CPNS 2024 ini wajib menyertakan e-materai bernilai Rp 10.000 yang harus ditandatangani. Oleh karena itu perlu juga menyiapkan e-materai tersebut.

Dengan demikian, supaya tidak salah dalam menulis surat lamaran CPNS 2024, dikutip Liputan6.com, Senin (26/8/2024), berikut ini contoh terbaru surat lamaran di beberapa kementerian dan lembaga: 


Surat Lamaran CPNS 2024 di NKN

Pelamar seleksi CASN atau CPNS 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan administrasi akan melanjutkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS mulai 09 November 2023. Dok BKN
Pelamar seleksi CASN atau CPNS 2023 yang dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat (MS) pada tahapan administrasi akan melanjutkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS mulai 09 November 2023. Dok BKN

FORMAT SURAT LAMARAN

 

                                                                                                                                  (kota), (tanggal) (bulan) 2024

 

Yth. Kepala Badan Kepegawaian Negara

c.q. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan ASN BKN T.A. 2024

di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

NIK:

Tempat/Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat Domisili Saat ini :

Alamat sesuai KTP:

Nomor HP:

Email:

Pendidikan:

Perguruan Tinggi :

Jenis Kebutuhan: Umum  /  Cumlaude  /  Penyandang  Disabilitas  /  Putra  Putri  Papua  / Putra Putri Kalimantan *)

Jabatan yang Dilamar:

Penempatan:

 Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2024. Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan dokumen kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

1.    Pasfoto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah;

2.    Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku;

3.    Scan Ijazah asli;

4.    Scan Transkrip Nilai asli;

5.    Scan Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai;

6.    Bukti akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi;

7.    Scan Sertifikat TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediciton/Computer Based TOEFL/Internet Based TOEFL/TOEIC/IELTS dalam 2 (dua) tahun terakhir;

8.    Dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan persyaratan khusus jabatan yang dilamar;

9.    Bukti akreditasi A/unggul perguruan tinggi dan program studi; **)

10.  Surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasan; ***)

11.  Akta kelahiran/Surat Keterangan Lahir dan Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa Bapak dan/atau Ibu asli Papua. ****)

Seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia seleksi membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2024.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                                     Hormat Saya,

                                                                                                                                     tanda tangan

                                                                                                                                     (Nama Lengkap)

 


Surat Lamaran CPNS 2024 di Kementerian PANRB

Ribuan Pelamar Ikuti Tes CPNS Kemenkumham
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

SURAT LAMARAN CPNS

YTH.

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI

DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN KAVLING 69 JAKARTA SELATAN

 Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 Nama: 

Tempat, tanggal lahir: 

Nomor KTP: 

Pendidikan: 

Jabatan yang dilamar: 

Unit kerja yang dilamar: 

Alamat domisili saat ini: 

Alamat sesuai KTP: 

Nomor HP: 

Alamat email:  

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi CPNS di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2024.

Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan kepada Menteri PANRB di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 69 Jakarta Selatan dan dibubuhi e-materai Rp10.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.

2. Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

3. Ijazah asli, bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan ijazah yang telah disetarakan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan.

4. Transkrip nilai asli, bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib melampirkan konversi nilai IPK dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan.

5. Surat Akreditasi Perguruan Tinggi dan / atau Program Studi berupa Sertifikat atau Tangkapan Layar (Screenshot) pada PDDIKTI / BAN-PT dari Akreditasi perguruan tinggi dan / atau program studi pada saat kelulusan pelamar yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.

6. Pasfoto formal terbaru berlatar belakang berwarna merah.

7. Daftar Riwayat Hidup.

8. Surat Pernyataan 5 (lima) poin yang dibubuhi e-materai Rp10.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam.

9. Surat Pernyataan kesediaan ditempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan Kementerian PANRB termasuk penempatan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditandatangani dengan pena bertinta hitam dan dibubuhi e-materai Rp10.000.

10. Sertifikat TOEFL (ITP atau prediction) atau IELTS yang diperoleh dalam 2 (dua) tahun terakhir.

11. Bagi pelamar CPNS dari PPPK, mengunggah surat izin PPPK mengikuti CPNS, dimana yang bersangkutan wajib memenuhi masa perjanjian kerja minimal 1 (satu) tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari PPK atau PyB.*)

12. Bagi pelamar jabatan Terampil - Pranata Komputer dan jabatan Ahli Pertama - Pranata Komputer mengunggah sertifikat yang dipersyaratkan.*)

13. Bagi pelamar kebutuhan khusus disabilitas atau pelamar penyandang disabilitas yang melamar pada kebutuhan umum atau kebutuhan khusus selain kebutuhan khusus penyandang disabilitas wajib mengunggah*):

a. Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah / Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya;

b. Menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar (dibuat dalam link pada dokumen pdf); dan

c. Dokumen persyaratan huruf a dan huruf b dijadikan dalam 1 dokumen pdf.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan / kelulusan saya pada seleksi CPNS di lingkungan Kementerian PANRB Tahun Anggaran 2024. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                         (kota), (tanggal) (bulan) (tahun)

                                                                                                         Yang membuat pernyataan,

                                                                                                         e-Materai

                                                                                                         Rp. 10.000,-  

                                                                                                         (ttd)

                                                                                                        (Nama Lengkap)

 

 

Infografis Rincian Gaji PNS dan PPPK 2024 Usai Naik 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rincian Gaji PNS dan PPPK 2024 Usai Naik 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya