Thomas Djiwandono Masih Duduki Posisi Wakil Menteri Keuangan, Ini Profilnya

Karir Thomas Djiwandono dimulai sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada 1993 dan pada 1994 di Indonesia Business Weekly.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 20 Okt 2024, 22:01 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 22:01 WIB
Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan, Thomas Djiwandono dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Senin (24/6/2024). (Arief/Liputan6.com)
Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan, Thomas Djiwandono dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Senin (24/6/2024). (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Thomas Djiwandono masih menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) dalam Kabinet Merah Putih yang disusun oleh Presiden Prabowo Subianto. Sama seperti sebelumnya,  Thomas Djiwandono akan membantu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. 

Seperti diketahui, pada periode sebelumnya, Thomas Djiwandono menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan II usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Juli lalu. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Melansir situs resmi Partai Gerindra, Thomas M. Djiwandono atau yang biasa dipanggil Tommy, lahir di Jakarta, 7 Mei 1972. Tommy adalah anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati.

Ayahnya adalah mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura. Sedangkan ibunya Bianti adalah kakak kandung Prabowo Subianto pendiri Partai Gerindra.Thomas juga merupakan cicit R.M Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46. Thomas sudah menikah dan dikaruniai tiga orang anak.

Pendidikan

Dalam pendidikan, Thomas termasuk keluarga berpendidikan dan berada. Thomas sekolah di SMP Kanisius, Menteng, Jakarta. Sementara kuliahnya di luar negeri.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan dengan kuliah di bidang studi sejarah di Haverford Colloge, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengambil master di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat.

Karirnya dimulai sebagai wartawan magang di Majalah Tempo pada 1993 dan pada 1994 di Indonesia Business Weekly. Selain itu, Tommy pun pernah bekerja sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong.

Pada 2006, karirnya terus meningkat saat pamannya Hashim memintanya untuk membantu di Arsari Group dan ia menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan agrobisnis.

 

Dunia Politik

Dalam dunia politik, Tommy terlibat dalam partai Gerindra, Tommy juga pernah menjadi Caleg di Provinsi Kalimantan Barat. Kini dia menjadi Bendahara Umum Partai Gerindra. Ia pengendali keuangan partai bentukan pamannya, Prabowo Subianto.

Dengan Kinerja Tommy, Partai Gerindra mendapatkan peringkat terbaik sebagai Partai Politik dengan laporan keuangan yang paling transparan. Partai Gerindra juga mendapatkan penghargaan dari Transparency International Indonesia dan Indonesia Corruption Watch.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya