Profil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Presiden Prabowo Subianto akhirnya mengumumkan nama-nama menteri dalam Kabinet Perah Putih. Salah satunya, Agus Gumiwang Kartasasmita

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 20 Okt 2024, 21:44 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 21:44 WIB
Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (dok: Arief)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto akhirnya mengumumkan nama-nama menteri dalam Kabinet Perah Putih. Salah satunya, Agus Gumiwang Kartasasmita, kembali menjabat Menteri Perindustrian.

Agus yang lahir di Jakarta pada 3 Januari 1969, adalah seorang politisi berpengalaman yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Ia dilantik pada 23 Oktober 2019 untuk mengisi posisi ini.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang juga pernah memegang posisi penting sebagai Menteri Sosial dari 24 Agustus 2018 hingga 20 Oktober 2019.

Selama masa jabatannya di Kementerian Sosial, Agus mendapat penghargaan sebagai Tokoh Revitalisasi Kesetiakawanan Sosial dalam acara "Anugerah Indonesia Maju 2018-2019" yang diadakan oleh Harian Rakyat Merdeka dan Warta Ekonomi.

Riwayat Pendidikan Agus Gumiwang

Agus memiliki latar belakang pendidikan yang solid, baik di dalam maupun luar negeri. Ia menyelesaikan gelar Bachelor of Science in Commercial and Industrial Economics dari Pacific Western University di California, Amerika Serikat, pada tahun 1994.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Pasundan (UNPAS), Bandung, dengan meraih Magister Administrasi Publik pada tahun 2009. Pada tahun 2014, Agus memperoleh gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung.

Riwayat Pekerjaan

Selain berkarier di dunia politik, Menteri Perindustrian juga memiliki pengalaman di sektor bisnis. Ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Agumar Eka dari tahun 1994 hingga 1999. Saat ini, ia juga menjabat sebagai Komisaris PT. Asiana Lintas Development sejak 2012.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya