Pameran Waralaba Terbesar di Indonesia Digelar Lagi, jadi Magnet Investor Dunia

Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) Business Show 2024 resmi dibuka hari ini di Jakarta Convention Center (JCC) dan akan berlangsung hingga 27 Oktober 2024.

oleh Septian Deny diperbarui 26 Okt 2024, 20:20 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 20:20 WIB
Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) Business Show 2024
Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) Business Show 2024 resmi dibuka hari ini di Jakarta Convention Center (JCC) dan akan berlangsung hingga 27 Oktober 2024

Liputan6.com, Jakarta Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) Business Show 2024 resmi dibuka hari ini di Jakarta Convention Center (JCC) dan akan berlangsung hingga 27  Oktober 2024. Acara ini, diselenggarakan oleh Panorama Media, menghadirkan lebih dari 150 brand lokal dan internasional serta program unggulan, seperti Business Conference, business  coaching sessions, dan Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2024. FLEI menjadi platform  strategis bagi pengusaha dan investor untuk berkolaborasi, memperluas jaringan, dan  menciptakan inovasi bisnis di berbagai sektor. 

Presiden Direktur Panorama Media Royanto Handaya menyatakan bahwa acara ini lebih  dari sekadar pameran. “FLEI Business Show 2024 adalah titik temu antara inovasi dan peluang  bisnis. Di sini, para pengusaha dapat menemukan mitra strategis dan membangun masa  depan bisnis yang lebih berkelanjutan,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/10/2024).

Ternyata ini sejalan dengan adanya kebijakan pemerintah yang mengambil langkah dengan memperbarui aturan main sektor waralaba. PP nomor 35/2024 memperkenalkan kebijakan kebijakan yang dirancang untuk  menciptakan keseimbangan antara kemitraan dan keberlanjutan bisnis.

"Kita tinggal tunggu  bagaimana pelaksanaannya, tentu sesudah susunan jajaran Menteri Kabinet Merah Putih terbentuk & mulai efektif bekerja. Harapan kita tentunya mendorong kearah yang lebih baik," tutur dia.

Jadi Magnet bagi Investor Internasional 

FLEI 2024 tidak hanya memfasilitasi bisnis lokal, tetapi juga menarik minat investor global. CEO Asiawide Franchise Consultants Albert Kong, menyoroti potensi pasar Indonesia  sebagai pusat bisnis berkualitas di tingkat internasional.

“Permintaan investor asing terhadap  peluang di Indonesia meningkat pesat. FLEI menjadi platform ideal bagi mereka untuk  mengeksplorasi investasi di bisnis lokal sekaligus membawa brand Indonesia ke pasar global,”  ujar Albert. 

 

Dorong Pertumbuhan UMKM dan Ekonomi Kreatif 

Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Membaik, FLEI Hadir Dua Kali Tahun Ini
Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Membaik, FLEI Hadir Dua Kali Tahun Ini. foto: istimewa

Sektor waralaba memainkan peran penting dalam mempercepat pertumbuhan UMKM dan  ekonomi kreatif. Levita Ginting Supit, Ketua Umum WALI, mengungkapkan bahwa model  waralaba adalah solusi ideal bagi UMKM untuk berkembang dengan cepat. “Lewat FLEI, kami  memberikan akses pelatihan dan peluang bisnis agar UMKM dapat mempercepat  pertumbuhan mereka secara efektif,” tuturnya. 

Dari sisi pemerintah, Juan Permata Adoe, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia, menegaskan  komitmen KADIN dalam mendukung ekosistem bisnis yang produktif dan kolaboratif. “Inisiatif  seperti FLEI memperkuat kerja sama sektor bisnis dan pemerintah, menciptakan sinergi untuk  mempercepat perdagangan dan menarik investasi,” jelasnya. 

Selain itu, Kementerian UMKM menekankan bahwa waralaba dan lisensi adalah solusi ideal  bagi UMKM untuk berkembang pesat. “Pemerintah berharap FLEI bisa menjadi platform bagi  UMKM untuk mendapatkan akses ke pengetahuan, pelatihan, dan jaringan bisnis yang lebih  luas,” ujar perwakilan kementerian tersebut. Di sisi lain, Kementerian Pariwisata dan juga

Kementerian Ekonomi Kreatif menyoroti pentingnya kolaborasi antara sektor waralaba dan  pariwisata dalam mendukung promosi destinasi wisata dan pertumbuhan ekonomi kreatif. 

“Waralaba di sektor kuliner dan hospitality berperan penting dalam memperkuat pariwisata  Indonesia. Acara seperti FLEI membuka peluang besar bagi inovasi di sektor ini,” jelas  perwakilan Kementerian Pariwisata. 

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Moga Simatupang menekankan bahwa pemerintah akan  terus mendorong regulasi yang kondusif bagi perkembangan bisnis dan waralaba. “Kami  berkomitmen untuk menciptakan lingkungan bisnis yang mendukung ekspansi pasar dan  menarik investasi,” katanya. 

 

Cara Registrasi dan Informasi Tiket FLEI Business Show 2024 

Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Membaik, FLEI Hadir Dua Kali Tahun Ini
Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Membaik, FLEI Hadir Dua Kali Tahun Ini.  foto: istimewa

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan insight bisnis di  FLEI Business Show 2024, yang berlangsung 25-27 Oktober 2024, JCC Senayan, pukul 10:00 – 20:00 WIB. Tiket tersedia dengan harga Rp 60.000 per orang dan dapat dibeli secara online  di www.franchise-expo.co.id/ticket. 

Setelah membeli tiket, pengunjung bisa memanfaatkan BizMatch untuk menjadwalkan  pertemuan dengan exhibitor dan melihat berbagai promo. Dapatkan update terbaru dengan  mengikuti akun Instagram kami di @fleiexpoid dan @fleibisnis.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya