6 Pemain Tua-tua Keladi

Di usia tuanya, enam pemain ini masih memperlihatkan penampilan gemilang layaknya bintang dunia yang masih muda.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 01 Des 2014, 18:40 WIB
Diterbitkan 01 Des 2014, 18:40 WIB
6 Pemain Tua-tua Keladi
6 Pemain Tua-tua Keladi

Liputan6.com - Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan para pesepakbola senior yang masih aktif di arena pertandingan. Meski tak lagi muda, mereka tetap konsisten memperlihatkan penampilan terbaiknya.

Dari sekian banyak nama, setidaknya ada enam pemain yang kariernya masih berada di titik terang. Berikut, enam pemain bintang Eropa yang tak rapuh dimakan usia:


Frank Lampard

6 Pemain Tua-tua Keladi
Frank Lampard (telegraph.co.uk)

1. Frank Lampard (Manchester City/New York City FC)
Pemain kebangsaan Inggris ini masih konsisten memperlihatkan bakat terbaiknya. Meski sudah 36 tahun, Lampard tak kalah bersaing dengan para pemain muda.

Ia seolah ingin membuktikan kepada Chelsea yang telah mendepaknya musim panas 2014 lalu. Saat ini, Lampard tampil gemilang di Manchester City. Ia sudah membukukan lima gol dari delapan penampilannya di semua ajang resmi.

Januari 2015 Lampard kemungkinan besar akan pindah ke New York City FC. Namun para pendukung The Citizens berharap agar Lampard mau bertahan di tim kesayangan mereka hingga akhir musim 2014/2015.


Steven Gerrard

Steven Gerrard
Steven Gerrard

2. Steven Gerrard (Liverpool)
Sosok Steven Gerrard belum tergantikan di skuat inti Liverpool. Di usianya yang sudah menginjak 34 tahun, Gerrard tetap dijadikan sebagai pengatur irama permainan skuat The Anfield Gank.

Beragam prestasi pernah didapatnya. Yang paling bergengsi yakni saat ia membawa Liverpool juara Liga Champions musim 2004/2005.

Musim ini Gerrard kembali dipercaya sebagai otak permainan Liverpool. Namun masalah kontrak yang belum diperpanjang pihak manajemen klub sedikit mempengaruhi penampilannya di musim ini.


Xavi Hernandez

6 Pemain Tua-tua Keladi
Xavi Hernandez (fcbarcelona.com)

3. Xavi Hernandez (Barcelona)
Pemain berusia 34 tahun ini nyaris pensiun di musim panas 2014 lalu. Alasannya, Barcelona tidak menawarkan perpanjangan kontrak dan Xavi gagal berlabuh di pangkuan klub baru.

Namun Xavi akhirnya sepakat memperpanjang kontraknya dengan kubu El Barca. Ia ingin membuktikan kalau dirinya belum habis tergerus usia.

Ambisi sang pemain perlahan terwujud. Perannya tetap penting di lini tengah Barcelona. Xavi masih dijadikan sebagai pengalir bola dari lini belakang ke lini depan. Striker papan atas dunia seperti Lionel Messi dan Neymar da Silva begitu dimanjakan dengan umpan dari pemain didikan akademi junior Barcelona ini.


Francesco Totti

Francesco Totti
Francesco Totti (AFP/Marco Bertolerro)

4. Francesco Totti (AS Roma)
Bakat pemain kebangsaan Italia ini sungguh luar biasa. Meski sudah 38 tahun, Totti masih konsisten bermain baik layaknya pemain-pemain bintang yang masih berusia muda.

Tak hanya itu, loyalitas Totti untuk AS Roma juga patut diacungi jempol. Sejak 1989 sampai saat ini, ia masih menghuni skuat Serigala Ibu Kota. Berkat kesetiannya itu, Totti sampai dijuluki dengan sebutan 'Pangeran Ibu Kota Italia'.


Gianluigi Buffon

6 Pemain Tua-tua Keladi
Gianluigi Buffon (AFP/Marco Bertolerro)

5. Gianluigi Buffon (Juventus)
Tim nasional Italia masih percaya pada sosok Gianluigi Buffon. Kiper berusia 36 tahun itu belum tergantikan dari skuat utama Gli Azzurri.

Pengalaman jadi modal berharga Buffon dalam mengarungi berbagai kompetisi. Bersama Juventus, ia selalu menjadi tembok kokoh yang sulit ditembus pemain lawan.

Dalam tiga tahun terakhir, Buffon berhasil mengantarkan Juve meraih gelar Scudetto. Namun sayang, ia tak mendapatkan prestasi apapun saat memperkuat Timnas Italia di Piala Dunia 2014 lalu.


Miroslav Klose

6 Pemain Tua-tua Keladi
Miroslav Klose (AFP/Tiziana Fabi)

6. Miroslav Klose (Lazio)
Miroslav Klose menjadi pemain asal Jerman yang paling subur mencetak gol. Hingga saat ini, ia sudah membukukan 71 gol untuk negaranya.

Klose juga menjadi satu dari sedikit pemain yang tampil di empat edisi Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2014 lalu, ia mencapai puncak kariernya yakni saat membawa Jerman juara di ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Musim ini Klose masih tercatat sebagai pemain Lazio. Namun pada musim panas 2015, ia memilih untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola profesional.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya